6 Ciri-Ciri Anak Masuk Angin yang Perlu Segera Ditangani

Kalau sudah merasa tidak enak badan, biasanya anak jadi rewel nih Ma

9 September 2020

6 Ciri-Ciri Anak Masuk Angin Perlu Segera Ditangani
Freepik

Istilah masuk angin memang sudah akrab di telinga orang Indonesia. Biasanya banyak hal dilakukan orangtua ketika menemui anaknya sedang rewel.

Misal saja seperti berhenti memberikan minuman dingin, membaluri anak dengan minyak yang hangat atau bahkan tidak memandikan anak jika dianggap sedang demam.

Nah, jangan sampai salah diagnosis ya Ma. Lebih baik periksakan ke dokter agar penanganan si Kecil lebih tepat.

Jika Mama merasa yakin, anak sakit tidak terlalu parah mungkin anak mengalami masuk angin. Apa saja ciri-cici anak masuk angin, berikut Popmama.com telah membuat ulasannya.

1. Kembung

1. Kembung
Google/m.mplusdeti.ru

Hal ini umum terjadi pada anak 1-3 tahun. Jika ditepuk-tepuk perutnya bunyi seperti "bung bung bung bung" maka bisa jadi anak sedang kembung.

Jika diusap, kadang perut anak juga agak dingin. Suhu tubuh di bagian lainnya tidak sedingin di perut. Ketika ditekan pun kulit perut agak keras.

2. Muntah dan mual

2. Muntah mual
doctorzara.com

Muntah dan mual ditandai dengan rasa tidak nyaman di perut anak bagian atas. Jika ditekan secara perlahan, mual akan semakin menjadi. 

Biasanya anak yang sedang alami mual akan susah diajak makan. Mereka menolak, tapi justru ini bisa memperparah kondisi kesehatan anak.

Editors' Picks

3. Batuk dan pilek

3. Batuk pilek
Flickr/ Anjanettew
Duh, anak mama batuk!

Sebagian anak yang sedang masuk angin juga mengalami batuk dan pilek. Gejala masuk angin pada anak biasanya disertai batuk berdahak, meler, hidung tersumbat, dan demam.

Bahkan sebagian anak batuk disertai muntah hingga keluar air mata.

4. Demam

4. Demam
romper.com

Sebagian anak yang mengalami masuk angin juga mengami demam.

Demam pada anak terjadi ketika suhu tubuh sudah di atas normal yaitu lebih tinggi dari 37,50 C. 

Ciri-ciri anak masuk angin yang mengalami demam adalah kehilangan semangat untuk beraktivitas. Tubuhnya lemas dan tidak tertarik diajak bermain.

5. Diare

5. Diare
Freepik

Hal lain yang bisa menjadi ciri-ciri anak masuk angin adalah diare. Anak buang air lebih dari 3 kali dalam sehari dan kotoran yang keluar cair.

Sebagian anak mengalami buang air dengan kotoran yang bercampur busa dan perut melilit.

6. Anak rewel

6. Anak rewel
Freepik/prostooleh
Ilustrasi

Pada anak yang sedang masuk angin biasanya jadi rewel tapi jika ditanya bagian mana yang sakit, maka mereka akan bingung menunjukkan mana bagian yang terasa tidak nyaman.

Akhirnya anak menjadi rewel dan sulit diajak istirahat.

Itulah ciri-ciri anak masuk angin yang umum terjadi, sabar ya Ma jika sedang mengalami hal serupa. Anak-anak masih belum paham dengan sakit yang mereka rasakan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.