TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Manfaat Ikan Teri untuk Balita, Ikan Mungil Bergizi Tinggi

Meski harganya murah dan ukurannya kecil, ikan teri kaya manfaat

3 Februari 2022

5 Manfaat Ikan Teri Balita, Ikan Mungil Bergizi Tinggi
Freepik/sommail

Berbagai jenis ikan yang tersedia di sekitar kita merupakan sumber nutrisi baik untuk tumbuh-kembang balita. Karenanya, konsumsi ikan-ikanan sangat direkomendasikan untuk bayi dan balita.

Salah satu jenis ikan bergizi yang dapat mama coba berikan pada balita adalah ikan teri. Jangan salah, walaupun kecil ukurannya, ikan teri mengandung serangkaian nutrisi yang baik untuk perkembangan anak. 

Berikut ini Popmama.com merangkum manfaat ikan teri untuk balita, dilansir dari Parenting Healthy Babies:

1. Meningkatkan kinerja jantung

1. Meningkatkan kinerja jantung
Pixabay/asjjuni0

Hidangan ikan teri yang dimasak mengandung sejumlah besar asam lemak omega-3. Jenis konsumsi asam lemak sehat ini membawa manfaat untuk meningkatkan kinerja jantung. 

Dengan konsumsi ikan teri secara teratur dalam jumlah yang disarankan, anak akan mendapatkan manfaat jantung yang sehat dan terlindungi.

Editors' Picks

2. Membantu pertumbuhan dan perkembangan awal anak

2. Membantu pertumbuhan perkembangan awal anak
pixabay.com/Jinhahahaha

Ikan teri mengandung sejumlah protein yang layak dalam setiap porsi. Ini penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan awal anak. Selain itu, sekalipun sudah dimasak, ikan teri tidak kehilangan banyak protein dan nutrisinya sehingga kandungan nutrisinya masih mumpuni untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak.

3. Meningkatkan produksi sel darah merah

3. Meningkatkan produksi sel darah merah
pixabay.com/asjjuni0

Ikan teri mendung berbagai mineral dalam jumlah tinggi, termasuk seng dan zat besi. Zat besi diperlukan selama tahap awal pertumbuhan dan perkembangan anak sebagai agen pembentuk sel darah merah.

Pembentukan sel darah merah yang baik akan memastikan anak tetap berenergi dan semangat sepanjang hari karena tidak akan sering merasa mengantuk.

4. Alternatif rendah lemak

4. Alternatif rendah lemak
pexels.com/Kue Lee

Ikan teri merupakan salah satu jenis ikan yang rendah lemak jenuh. Konsumsi ikan teri secara teratur akan memenuhi kebutuhan protein tanpa harus khawatir akan lemak berlebih sehingga menjaga anak tetap sehat dan organ tubuhnya terlindungi dari berbagai jenis kerusakan.

5. Perkembangan gigi, rambut, dan kuku

5. Perkembangan gigi, rambut, kuku
Pexels/Alex Pelsh

Mungkin mama mendapati meskipun pertumbuhan balita normal, tetapi pertumbuhan rambut dan kukunya stagnan. Hal ini bisa disebabkan karena asupan makanan harian yang kekurangan mineral yang penting untuk memicu pertumbuhan gigi, rambut, dan kuku balita.

Ikan teri mengandung mineral penting yang membantu pertumbuhan gigi, rambut, dan kuku balita agar semakin kuat. 

Begitu besar manfaat ikan teri untuk kesehatan balita ya, Ma. Mama dapat menyajikan ikan teri yang dibeli masih segar atau pun yang sudah direndam dalam garam dan air. Pastikan merendam ikan teri sekitar 20 menit di dalam air bersih sebelum dimasak untuk memastikan kebersihannya.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk