Perkembangan Kognitif Anak Usia 2 Tahun: Si Banyak Bertanya

Kini ia bagaikan radio yang tak pernah lelah bersuara. Tapi ini sungguh membanggakan!

14 September 2019

Perkembangan Kognitif Anak Usia 2 Tahun Si Banyak Bertanya
Pixabay/PublicDomainPictures

Anak Mama yang berusia 2 tahun ini, sekarang telah berkembang menjadi si Pembicara Kecil. Rasa ingin tahunya tinggi. Kepalanya dipenuhi berbagai pertanyaan-pertanyaan yang membuatnya antusias untuk mempelajari hal baru.

Jadi, jangan heran jika pertanyaan keluar berentetan dari mulutnya bagaikan kereta api. Jangan pula kesal atau pun merasa terganggu karenanya ya, Ma. Pahamilah bahwa ini adalah fasenya belajar dan mengeksplorasi keingintahuannya. Jawablah pertanyaan sederhana mereka, dengan jawaban sederhana pula.

Di usia 2 tahun ini, perasaannya sebagai individu sedang bertumbuh. Dia akan sangat vokal, terutama untuk memberitahu apa yang disukainya dan tidak disukainya. 

Editors' Picks

Perbendaharaan Kosakata Semakin Kaya

Perbendaharaan Kosakata Semakin Kaya
Freepik

Seorang anak berusia 2 tahun biasanya sudah memiliki sekitar 50 kosakata, bahkan lebih. Meliputi hal-hal di sekitar rumah (tempat tidur, pintu, kursi), binatang (anjing, kucing, burung, ikan), dan orang-orang yang akrab di sekitarnya. 

Anak Mama kini dapat meminta jenis makanan dan minuman tertentu dengan menyebutkan namanya secara jelas. Misalnya: kerupuk, susu, pisang, dan sebagainya. Ia pun punya perhatian terhadap kondisi barang, seperti "Susuku sudah habis." Ia juga sudah memahami konsep "lebih" dan bisa meminta, misalnya "Aku mau lebih banyak permen."

Untuk menambah perpustakaan kosakatanya, putarkan lagu-lagu anak atau permainan kata-kata. Mungkin membosankan bagi orang dewasa, tetapi di fase ini anak suka mengulang-ulang apa yang dilihat atau didengarnya sebagai bagian dari pembelajaran kosakata. 

Membaca buku juga jadi ide bagus lho, Ma. Pilih buku dengan banyak gambar, dengan aktivitas yang menarik. Misalnya: pergi ke pasar, pergi ke kebun binatang, bermain di taman, mengunjungi dokter gigi, dan lain sebagainya.

Lemparkan pertanyaan-pertanyaan sederhana sambil membaca buku untuk memancing perbendaharaan kosakatanya, sekaligus mengetahui bagaimana pengalaman personalnya terkait bahan bacaan tersebut.

Milestone Perkembangan Kognitif Anak Usia 2 Tahun

Milestone Perkembangan Kognitif Anak Usia 2 Tahun
Freepik/bearfotos

American Academy of Pediatrics membagikan daftar milestone kognitif dan bahasa anak usia 2 tahun, yaitu:

  • Dapat menyebutkan nama benda yang ditunjuknya
  • Mengetahui nama atau sebutan orang yang akrab ditemuinya, obyek dan anggota tubuh
  • Mampu berbicara dalam frasa pendek dalam dua hingga empat kalimat
  • Dapat mengikuti instruksi sederhana
  • Dapat menemukan obyek yang sengaja disembunyikan
  • Bisa memilah kategori barang berdasarkan warna atau bentuk
  • Bermain peran

Tiap anak memiliki waktu dan momen perkembangannya masing-masing. Namun jika di usia 2 tahun anak Mama masih belum bisa melakukan hal-hal di atas, sebaiknya konsultasikan perkembangan kognitifnya dengan dokter anak.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.