Perkembangan Sosial Anak Usia 2 Tahun: Bermain Bersama Teman Baru

Di usia 2 tahun, anak mulai menjalin pertemanan dengan rekan sebayanya.

14 September 2019

Perkembangan Sosial Anak Usia 2 Tahun Bermain Bersama Teman Baru
friendshipcircle.org

Menginjak usia 2 tahun ini, anak Mama mungkin punya ketertarikan berbagi ruang bermainnya dengan teman sebayanya. Namun, jangan berharap ia benar-benar sepenuhnya mau membagi mainannya atau pun mau diajak bermain bersama. 

Sebagian anak usia 2 tahun mungkin akan bermain dalam area yang sama, tapi asyik sendiri dengan mainannya masing-masing. Lucunya, anak di usia ini sebenarnya senang melihat cara bermain temannya yang lain, bahkan mereka akan saling meniru. 

Mama bisa perlahan-lahan menanamkan konsep berbagi melalui permainan atau mengatur timer yang mana jika berbunyi, itu artinya seseorang harus bergiliran memakai mainan dengan yang lain.

Editors' Picks

Menyadari Perbedaan Gender

Menyadari Perbedaan Gender
Freepik

Sekitar usia 2 tahun ini, kebanyakan anak menjadi terbiasa dengan perbedaan gender. Anak laki-laki akan mulai meniru perilaku laki-laki dewasa, dan anak perempuan akan meniru perilaku perempuan dewasa dalam kehidupan sehari-hari yang ditemuinya. Perhatikan, Ma, ia mungkin akan mencoba meniru gaya Papa yang menelepon, atau berpura-pura memakai make up dan mencoba sepatu hak tinggi mama. 

Anak-anak tidak selalu meniru perilaku orang dewasa yang sama gendernya dengan dirinya. Tapi jangan panik, Ma. Pada usia ini mereka hanya bereksperimen dan mencari tahu identitas mana yang paling nyaman baginya.

Menurut American Academy of Pediatrics, orangtua tidak perlu mendorong anak perempuan untuk bermain mainan seperti boneka, rumah-rumahan atau masak-masakan. Sebaliknya, tak perlu juga mendorong anak laki-laki bermain mainan seperti mobil-mobilan. Ketika mereka punya kebebasan memilih, anak akan bermain dengan semua jenis mainan dan mereka akan belajar banyak hal dari variasi itu.

Milestone Perkembangan Sosial

Milestone Perkembangan Sosial
Freepik/maria_sbytova

Tiap anak memiliki tingkat perkembangan yang berbeda-beda, begitu pula dengan waktunya. Tetapi American Academy of Pediatrics memiliki daftar milestone perkembangan sosial yang dicapai anak usia 2 tahun, yaitu:

  • Meniru perilaku orang dewasa atau anak yang lebih besar
  • Menyadari dirinya adalah 'seseorang'
  • Sangat antusias bermain dengan anak-anak lain
  • Semakin mandiri
  • Sudah mulai menunjukkan perilaku melawan atau membangkang
  • Kecemasan perpisahan mulai berkurang

Jika anak Mama tidak menunjukkan milestone-milestone di atas, bicarakan dengan dokter agar mendapatkan saran yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah perkembangan sosial yang dihadapi anak.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.