Ma, Ternyata Spa Juga Memiliki Manfaat Bagi Anak

Spa dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tidak mudah stres!

10 Maret 2020

Ma, Ternyata Spa Juga Memiliki Manfaat Bagi Anak
Dok. Gran Mahakam Hotel

Meluangkan waktu untuk melakukan spa tentu menjadi momen menyenangkan yang dapat dilakukan oleh siapa saja tidak terkecuali bagi anak.

Melakukan spa bukan hanya untuk memanjakan diri dan mengembalikan energi tubuh yang lelah, melainkan dapat menjaga tubuh tetap sehat, bugar dan menjaga kesehatan kulit.

Perawatan spa sudah banyak yang menawarkan berbagai pilihan, bukan hanya untuk orang dewasa saja, bayi dan anak-anak juga sudah bisa merasakan manfaat dari spa.

Untuk orang dewasa dan anak-anak biasanya memiliki pilihan perawatan spa yang hampir sama. Mulai dari manicure dan pedicure, body massage, scrubbing, sauna dan mandi susu.

Berbagai jenis spa ini dapat dinikmati sesuai keinginan, tak jarang pada beberapa tempat sudah menawarkan paket spa yang dapat dinikmati bersama keluarga.

Perawatan spa memang dapat bermanfaat bagi siapa saja. Tak terkecuali manfaat khusus bagi anak-anak. Apa saja manfaat yang dapat anak-anak rasakan dari spa? berikut Popmama.com rangkum penjelasannya.

1. Spa memberikan efek relaksasi bagi tubuh dan pikiran

1. Spa memberikan efek relaksasi bagi tubuh pikiran
Dok. Gran Mahakam Hotel

Manfaat spa paling utama yang dapat dirasakan oleh anak tentunya relaksasi bagi tubuh dan pikiran. Padatnya kegiatan sehari-hari yang anak lakukan dapat membuat tubuh dan pikirannya merasa penat dan lelah.

Gaya hidup dan tuntutan kegiatan sehari-hari tentu membuat anak merasa tertekan sehingga mereka sering tidak mendapatkan kesempatan bagi tubuhnya untuk rileks dan beristirahat sepenuhnya. Hal ini tentu akan membuatnya mudah stres sehingga kesehatan tubuhnya terganggu.

Beberapa penelitian menunjukkan pemijatan tubuh akan membantu mengurangi stres sehingga tingkat hormon stres pada anak akan berkurang.

Selain itu, pijatan yang diterima anak dapat mengurangi kecemasan, depresi, dan rasa sakit tubuhnya sehingga dengan begitu anak akan kembali merasa lebih segar karena energinya telah kembali.

Perawatan spa yang memadukan pijatan, aromaterapi, serta mandi air hangat akan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Efek ini juga didukung oleh rangsangan dari pelepasan hormon endorfin dalam tubuh.

2. Membuat rileksasi pada otot dan kesehatan jantung

2. Membuat rileksasi otot kesehatan jantung
Freepik

Bukan hanya rileksasi pada tubuh, perawatan spa juga dapat dapat membuat otot menjadi lebih rileks sehingga akan mengurangi nyeri yang terjadi pada tubuh seperti nyeri punggung, pinggang hingga sakit kepala.

Kebiasaan anak yang tidak mudah lepas dari barang elektronik seperti smartphone bahkan laptop dapat menyebabkan ketegangan pada leher sehingga dapat mengganggu tidur juga postur tubuhnya.

Pijatan yang dilakukan ketika spa akan membantu melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi ketegangan serta nyeri pada otot. Membiasakan anak melakukan peregangan postural juga dapat mengurangi efek buruk pada tubuhnya.

Selain pemijatan, mandi air hangat atau sauna yang dilakukan secara rutin diketahui dapat menurunkan risiko serangan jantung dan darah tinggi. Hal ini disebabkan karena respon tubuh yang rileks sehingga peredaran darah menajadi lebih stabil dan fungsi otot lebih baik.

Editors' Picks

3. Membuat tidur lebih nyenyak

3. Membuat tidur lebih nyenyak
Dok. Gran Mahakam Hotel

Telah diketahui sebelumnya, pemijatan dapat mengurangi stres. Ketika stres berkurang, tubuh akan merasa lebih tenang sehingga kualitas tidur akan lebih baik.

Bila si Kecil mengalami gangguan tidur, atau tidurnya kurang nyenyak, coba untuk melakukan spa. Pijatan yang diterima oleh tubuh si Kecil akan membuatnya nyaman ini tentu akan memperbaiki kualitas tidurnya.

Memiliki kualitas tidur yang baik tentu akan berdampak pada fokus dan intelektualnya di sekolah. Dengan begitu, anak-anak dapat menerima pelajaran dengan lebih baik.

Sesi pijatan yang diakukan agar berpengaruh pada kualitas tidurnya biasanya berlangsung selama 30 sampai 45 menit. Namun lamanya sesi pijatan ini juga perlu persetujuan dari anak agar ia tidak merasa tertekan dan terpaksa agar manfaatnya dapat benar-benar dirasakan.

4. Merawat kesehatan kulit

4. Merawat kesehatan kulit
Google/hotel-alpenschloessl

Rutin melakukan spa juga diketahui dapat merawat kesehatan kulit. Hal ini karena pengaruh dari lancarnya peredaran darah yang mengalir ke seluruh tubuh.

Bagi remaja, melakukan spa dapat  membuat elastisitas kulit lebih terjaga dengan pijatan sehingga tidak mudah menyebabkan kulit mudah kering dan berkerut.

Selain itu, mandi air hangat atau sauna yang dilakukan selama 10 sampai 15 menit dapat membantu mengobati penyakit kulit seperti eksim dan gatal-gatal.

Namun kebersihan tempat spa juga perlu diperhatikan. Jika tidak diperhatikan risiko penularan kuman, virus, jamur dapat saja terjadi sehingga manfaat ini malah tidak didapat maksimal.

Salah satu penawaran spa yang sudah terjamin dapat dinikmati bersama si Kecil yaitu berada di Hotel Gran Mahakam, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Fasilitas di tempat ini dilengkapi dengan 158 kamar tamu yang elegan, restoran Internasional, bar dan ruang pertemuan, dengan arsitektur bergaya European-baroque akan memberikan kehangatan, kenyamanan dan kemudahan.

Penawaran spa di Hotel Gran Mahakam ini juga bisa menjadi impian si Kecil untuk dimanjakan seperti seorang putri dalam dongeng.

Spa yang bisa dipilih di tempat ini bernama Kids Spa Party. Si Kecil akan mendapat manicure pedicure serta perawatan wajah dengan buah-buahan segar dan fasilitas renang juga makan siang secara “private” di tepi kolam renang. 

Itulah informasi seputar manfaat spa untuk anak. Bagaimana, tertarik untuk mengajak si Kecil spa bareng?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.