Murah dan Mudah, Yuk Coba Buat 7 Mainan dari Kardus untuk Anak

Mainan yang dibuat sendiri akan terasa lebih berkesan bagi anak

4 Februari 2021

Murah Mudah, Yuk Coba Buat 7 Mainan dari Kardus Anak
Pexels/cottonbro

Tidak perlu harus mahal dan mewah, mainan anak pun dapat dibuat dari bahan yang mudah ditemukan serta murah, Ma. Salah satunya dengan memanfaatkan kardus bekas yang ada di rumah. Jadi, kardus bekas pakai tersebut tidak terbuang begitu saja.  

Mainan yang dibuat sendiri ini akan lebih berkesan dan dapat mengasah kreativitas anak. Selain itu, mainan dari kardus menjadi pilihan yang tepat untuk berhemat karena orangtua tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. 

Dari kardus dan beberapa alat dan bahan sederhana, anak-anak pun bisa membuat beragam mainan yang mereka inginkan.

Berikut Popmama.com merangkum beberapa mainan dari kardus untuk anak yang mudah dibuat. Mungkin dapat menjadi referensi bagi Mama dan si Kecil dalam berkreasi!

1. Lintasan mobil-mobilan yang keren

1. Lintasan mobil-mobilan keren
Instagram.com/themakeitmama

Anak laki-laki mama mungkin dapat memiliki lintasan mobil balap yang keren. Cukup menggunakan kardus bekas saja, Ma. 

Caranya pun cukup mudah, hanya perlu menggunting kardus menjadi beberapa bagian. Dengan bentuk persegi panjang menyerupai jalanan pada lintasan mobil. 

Kemudian, warnai setiap permukaan kardus tersebut sesuai dengan warna jalanan yang sebenarnya. Bisa warna hitam atau abu-abu.

Tambahkan marka jalan berupa garis putus-putus di bagian tengahnya. Selain itu, Mama juga bisa memanfaatkan sisa potongan kardus untuk dibuat menjadi rambu-rambu lalu lintas untuk melengkapi lintasan mobil. 

2. TV dengan pertunjukkan sesuka hati

2. TV pertunjukkan sesuka hati
Instagram.com/chloecherishwyel

TV menjadi salah satu pilihan hiburan bagi anak-anak di rumah. Menggunakan TV sungguhan untuk menonton film atau seri kesukaan anak mungkin hal yang sudah biasa bagi mereka. Maka, cobalah ajak anak untuk membuat TV tiruan dari kardus.

Dengan membuat TV tiruan dari kardus, anak pun dapat membuat beragam pertunjukkan sesuai keinginannya, Ma. Jadi, selain terasa menyenangkan, TV mainan tersebut dapat mengasah kreativitas anak. 

Dalam membuat TV dari kardus, Mama bisa memanfaatkan kardus besar yang cukup besar untuk anak masuk di dalamnya sehingga mereka dapat membuat beragam pertunjukkan. Jadi, anak dapat berperan sebagai tokoh yang ada di TV. 

Kemudian, gunting salah satu sisi kardus dengan bentuk persegi menyerupai tabung TV sungguhan. Hias kardus dengan beberapa tombol dan antena seperti TV pada umumnya, menggunakan sisa potongan kardus yang ada. Jangan lupa untuk mengecat beberapa bagian kardus dengan warna-warni yang cerah, Ma. 

Editors' Picks

3. Mesin cuci atau pengering pakaian

3. Mesin cuci atau pengering pakaian
Pinterest.co.id/Melissa Crowe

Kardus bekas yang ada di rumah juga mungkin dapat Mama manfaatkan untuk dibuat menjadi mainan berupa mesin cuci atau pengering pakaian otomatis. Selain dapat menjadi pilihan aktivitas yang menyenangkan, mainan seperti ini pun bermanfaat untuk mengasah kemampuan dan pengetahuan anak dalam menjalani kehidupan sehari-hari. 

Caranya tidaklah sulit, Mama hanya memerlukan 2 buah kardus dengan ukuran sedang. Lalu, gunting bagian atas kardus berbentuk lingkaran sebagai tempat masuk dan keluarnya pakaian.

Gunting juga salah satu sisi samping kardus dengan bentuk yang sama, yaitu lingkaran. Lalu, lapisi lubang tersebut dengan plastik transparan sehingga pakaian yang dimasukkan dalam mesin terlihat dan menyerupai mesin cuci atau mesin pengering para umumnya. 

Tambahkan beberapa tombol dengan menempelkan sisa potongan kardus yang ada dan hiaslah kardus menggunakan cat atau spidol warna-warni sebagai sentuhan akhirnya, Ma.

4. Rumah impian yang nyaman

4. Rumah impian nyaman
Instagram.com/laralovesparis

Kardus berukuran besar yang tidak terpakai mungkin dapat Mama manfaatkan untuk diubah menjadi ruangan atau rumah bermain bagi si Kecil. Potonglah salah satu sisi kardus menyerupai pintu sehingga memudahkan anak untuk masuk ke dalamnya. 

Potong juga sisi lainnya sebagai jendela, tempat keluar masuknya udara. Kemudian, manfaatkan potongan kardus yang tak terpakai tersebut untuk membuat atap atau hiasan rumah lainnya. 

Mama dapat membuatkan rumah kardus sesuai impian anak. Misalnya, rumah yang menyerupai istana atau lainnya. Lalu, tambahkan karpet, kasur, serta bantal atau beragam mainan lain di dalam rumah kardus agar anak lebih nyaman. 

5. Salon kecantikan anak perempuan

5. Salon kecantikan anak perempuan
Instagram.com/momofthegalaxy

Siapa sangka, kardus yang tidak terpakai bisa dijadikan mainan salon kecantikan untuk anak perempuan mama, lho. Cara membuatnya pun cukup mudah, hanya memerlukan kardus, perekat, dan alat tulis. 

Pertama, bentangkan keseluruhan bagian kardus secara memanjang dan rekatkan setiap sisinya pada lantai atau alas menggunakan selotip, Ma. Berikutnya, Mama dapat membuat beberapa gambar bibir dengan ukuran yang cukup besar. Bisa juga mengarahkan anak untuk menggambar jari-jari tangan lengkap dengan kukunya. 

Setelah itu, biarkan anak mewarnai bagian bibir dan setiap kuku tangan pada gambar tersebut. Alat mewarnainya pun bebas, bisa pensil warna, krayon, spidol, atau bahkan cat air. 

6. Bongkar pasang yang edukatif

6. Bongkar pasang edukatif
Instagram.com/momofthegalaxy

Tidak hanya menjadi alat aktivitas yang seru, kardus juga dapat dibuat menjadi mainan edukatif, yaitu dengan membuatkan mainan bongkar pasang. Hal ini pun dapat membantu orangtua dalam mendampingi anak belajar. 

Mainan bongkar pasang yang terbuat dari kardus dapat beragam bentuk. Misalnya, es krim dengan beragam warna dan hiasan topping di atasnya. 

Cara membuatnya juga tak sulit, Ma. Cukup dengan menggambar pola cone dan es krim pada kardus, lalu digunting. Hias kardus hingga menyerupai bentuk es krim sungguhan.

Lalu, beri nomor di setiap cone es krim yang telah selesai dibuat. Sementara bagian es krimnya diberi topping menyerupai buah ceri, mengikuti nomor pada cone tersebut.

Setelah selasai, Mama dapat langsung mengajarkan anak cara bermainnya. Dengan mengarahkan mereka untuk memasangkan topping es krim sesuai dengan nomor pada cone

7. Kotak surat tradisional

7. Kotak surat tradisional
ikatbag.com

Meski zaman sudah semakin modern dan kegiatan surat menyurat telah lama tidak digunakan lagi, tak ada salahnya untuk tetap mengenalkannya pada anak, Ma. Dengan cara menyenangkan, melalui kotak surat mainan yang terbuat dari kardus bekas. 

Mama dapat membiarkan bentuk kardus tetap persegi untuk menampung surat yang masuk. Tambahkan kardus berbentuk setengah lingkaran sebagai penutup di bagian atasnya dan buatlah lubang persegi panjang untuk memasukkan surat.

Lalu, hias kotak surat tersebut sesuai keinginan atau kreasi anak mama. Terakhir, buatlah lubang yang cukup besar di bagian bawah atau belakang kardus agar anak dapat mengeluarkan surat-suratnya. 

Itulah 7 ide mainan dari kardus untuk anak yang dapat orangtua buat. Semoga dapat menjadi inspirasi dalam memberikan aktivitas yang menyenangkan bagi buah hati.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.