8 Rekomendasi Merek Cat Air yang Aman untuk Anak-Anak

Pilihlah cat air yang aman dan mudah dibersihkan, Ma

13 Januari 2021

8 Rekomendasi Merek Cat Air Aman Anak-Anak
Pixabay/ambush000

Cat air merupakan jenis pewarna yang dapat digunakan untuk aktivitas kesenian bagi anak-anak. Beragam warna yang ditawarkan dapat diaplikasikan dalam banyak media gambar.

Misalnya, kertas, kain, kanvas, bahkan kayu. Selain itu, cat air tidak berbau, mudah kering, dan juga mudah dibersihkan, Ma. 

Namun, dalam penggunaannya tidak boleh sembarangan. Penting bagi orangtua untuk memerhatikan cat air yang aman dipakai oleh anak-anak. 

Berikut Popmama.com berikan rekomendasi merek cat air yang aman untuk anak mama yang dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Faber Castell Watercolour

1. Faber Castell Watercolour
Instagram.com/fabercastell_id

Cat air dari merek Faber Castell ini aman digunakan oleh anak-anak karena dibuat dari bahan yang berkualitas dan tidak berbahaya. Selain itu, Faber Castell Watercolour sangat mudah dibersihkan. Apabila terkena pakaian saat digunakan, dapat dicuci saja agar nodanya hilang, Ma. 

Tersedia dalam 12 warna-warna yang cerah dan bisa dicampurkan sesuka hati. Mudah kering saat diaplikasikan, tetapi tidak cepat luntur atau pudar. Di dalam 1 set terdiri dari cat air, palet, dan red grip brush

2. Flomo Washable Kid's Paint

2. Flomo Washable Kid's Paint
www.flomo-intl.com

Flomo Washable Finger Paint dapat menjadi cat air pilihan Mama dan Papa untuk si Kecil. Bahannya tidak beracun atau berbahaya sehingga aman digunakan karena memang dibuat khusus untuk anak-anak. 

Dalam 1 setnya, terdiri dari 6 jenis warna berbeda. Ada pilihan warna regular atau warna neon yang cepat kering saat digunakan. Selain itu, cat air Flomo ini juga mudah untuk dibersihkan. 

3. Giotto Finger Paint

3. Giotto Finger Paint
Shopee.co.id/kiedler

Giotto Finger Paint merupakan cat air yang dapat langsung digunakan dengan jari tangan. Jadi, anak mama bisa bebas berkreasi tanpa kuas lukis. Namun, cat air ini juga tetap dapat dipakai menggunakan kuas lukis. 

Dalam 1 setnya, terdiri 6 jenis warna cat air yang berbeda. Dengan tekstur seperti krim yang lembut sehingga mudah digunakan anak-anak untuk melukis. Selain itu, Giotto Finger Paint ini pun mudah dibersihkan, Ma!

Editors' Picks

4. IKEA Mala Watercolor

4. IKEA Mala Watercolor
www.ikea.co.id

Tidak hanya menyediakan perlengkapan rumah atau furnitur saja, IKEA juga menghadirkan cat air untuk anak-anak, yaitu IKEA Mala Watercolor. Produk cat air dari IKEA ini dibuat dari bahan yang tidak beracun atau berbahaya sehingga aman untuk anak-anak. 

Dalam 1 setnya, terdiri dari 8 botol dengan warna yang berbeda. Selain itu, dilengkapi dengan palet dan kuas di dalamnya. Anak dapat berkreasi dengan mengaplikasikan cat secara langsung tanpa air atau bisa juga dilarutkan dengan air untuk mendapatkan efek warna yang lebih cerah.

Setiap warna catnya dikemas dalam botol plastik yang mudah untuk diperas atau dituang. Jadi, anak-anak tidak akan kesulitan saat mengeluarkan produk catnya. 

5. Joyko TiTi Water Colour

5. Joyko TiTi Water Colour
Shopee.co.id/gabrielemanuel

Merek cat air berikutnya yang aman digunakan oleh anak-anak, yaitu Joyko TiTi Water Colour. Cat air ini dibuat dari bahan berkualitas yang tidak beracun dan tidak berbahaya. 

Menyediakan beragam jenis warna yang cerah sehingga tetap terlihat jelas saat digunakan. Dengan tekstur yang lembut dan mudah untuk diaplikasikan maupun dicampur bersama warna lainnya. 

Joyko TiTi Water Colour terdiri dari banyak variasi, tergantung pada jumlah warna cat air di dalamnya. Misalnya, paket 12, 18, atau 24 jenis warna. Namun, belum termasuk kuas dan paletnya. 

6. Mr. Love Guitar Water Colour

6. Mr. Love Guitar Water Colour
m.bukalapak.com/Ribell Stationery

Mr. Love Guitar Water Colour merupakan cat air untuk anak yang mudah ditemukan dengan harga terjangkau, Ma. Selain itu, cenderung aman karena tidak mengandung bahan yang beracun atau berbahaya. 

Di dalam 1 paketnya, cat air ini terdiri dari 12 macam warna yang dikemas menggunakan tube sehingga tidak mudah tumpah atau bocor. Banyaknya warna yang ditawarkan memungkinkan anak-anak untuk berkreasi dengan leluasa sesuai dengan imajinasinya. 

7. Paintmate Washable Finger Paint

7. Paintmate Washable Finger Paint
Shopee.co.id/centro.bj

Berbeda dari merek cat air sebelumnya, Paintmate tidak dijual per paket, tetapi per botol yang berukuran 500ml. Setiap warna dikemas dalam 1 botol. Jadi, jika anak mama membutuhkan beragam warna, harus membeli produk Paintmate Washable Finger Paint dengan cukup banyak. 

Sesuai namanya, cat air ini dapat langsung digunakan dengan jari tangan. Namun, tetap bisa dipakai menggunakan media lukis lainnya, Ma. Mulai dari kuas, busa, stampscraper, atau alat lainnya. Anak-anak pun dapat berkreasi sesuai keinginannya. 

8. Pentel Arts Water Colours

8. Pentel Arts Water Colours
Instagram.com/pentelindonesia

Produk cat air yang terdiri dari bermacam warna berbeda dan dikemas dalam bentuk tube ini dapat digunakan untuk anak-anak. Memiliki keunggulan yang mudah dicampur dengan beragam warna lain. 

Selain itu, Pentel Arts Water Colours akan menghasilkan warna-warna yang cerah. Merek cat air ini tersedia dalam beberapa set tergantung pada jumlah warnanya. Mulai dari 12, 15, 18, hingga 24 jenis warna di setiap setnya. 

Itulah 8 rekomendasi merek cat air yang aman untuk anak yang dapat dipilih. Semoga dapat bermanfaat, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.