Cara Mengenalkan Arti Kemerdekaan pada Anak 4-5 Tahun

Agar anak mengerti nikmatnya hidup merdeka

17 Agustus 2019

Cara Mengenalkan Arti Kemerdekaan Anak 4-5 Tahun
Unsplash/Nick Agus Arya

Setiap tanggal 17 Agustus, kita selalu memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Biasanya, beragam kegiatan diselenggarakan di berbagai kalangan masyarakat. Mulai dari lingkungan RT/RW, kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga nasional.

Selain upacara bendera, lomba-lomba 17-an juga ikut menyemarakkan hari kemerdekaan ini.

Pertanyaannya sekarang, apakah Mama sudah mengenalkan apa makna di balik perayaan HUT RI ini pada si Kecil?

Jika belum atau Mama bingung bagaimana caranya, yuk simak tips Popmama.comtentang cara mudah mengenalkan arti kemerdekaan pada anak 4-5 tahun!
 

1. Libatkan anak saat memasang bendera di depan rumah

YouTube/Natasha & Mommy

Mama bisa melibatkan anak ketika memasang bendera di depan rumah. Sambil melepas tiang bendera, ajak anak mengikat tali bendera pada tempat yang sudah ditentukan.

Lalu, Mama bisa menjelaskan sedikit mengenai arti warna bendera, mengapa warnanya merah dan putih, dan juga menceritakan bagaimana Sang Saka Merah Putih pertama kali dikibarkan.

Jika perlu, Mama bisa membelikan anak ornamen atau hiasan bernuansa merah putih maupun bendera berukuran kecil untuk dipasang di sepeda milik anak.

Jadi, anak mulai merasa akrab dengan bendera kebangsaan Indonesia sambil perlahan memahami makna perjuangan di baliknya.

Editors' Picks

2. Ajak anak mengikuti berbagai lomba di lingkungan rumah atau sekolah

2. Ajak anak mengikuti berbagai lomba lingkungan rumah atau sekolah
Popmama.com/Anindita Budhi

Di lingkungan sekitar rumah atau sekolah kerap diselenggarakan perlombaan jelang 17 Agustus. Mama bisa mengajak anak mengikuti lomba-lomba tersebut.

Untuk anak usia 4-5 tahun, biasanya sekolah PAUD/TK kerap menyelenggarakan pawai keliling sekolah. Dampingi anak sambil menyemangati anak untuk mengikuti kegiatan hingga selesai.

Selain berperan serta memeriahkan suasana, anak juga belajar bagaimana berkompetisi dan berjuang meraih kemenangan. Pelan-pelan, Mama dapat jelaskan secara singkat gigihnya perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Semangat juang inilah yang harus ditiru anak dalam kehidupan sehari-hari: pantang menyerah dan fokus pada tujuan, tetapi juga bisa berkompetisi dengan sehat.

3. Ajari anak bernyanyi lagu nasional

YouTube/Lagu Anak Indonesia Balita

Anak pasti suka bernyanyi. Selain mengajarinya lagu anak, baik bahasa Indonesia maupun Inggris, Mama boleh lho mengajari anak lagu nasional.

Salah satu lagu yang paling sering ia dengar adalah Indonesia Raya, yang setiap hari diputar saat siaran televisi akan dimulai. Mama bisa mengawalinya dengan lagu kebangsaan ini.

Lalu, Mama juga boleh menyanyikan lagu-lagu lain, seperti Garuda Pancasila, Bendera Merah Putih, Maju Tak Gentar, dan tentu saja Hari Merdeka.

Pilihan lainnya, Mama bisa mengenalkan lagu-lagu bertema Indonesia seperti lagu dari kanal YouTube Lagu Anak Indonesia Balita ini.

4. Ajak anak menonton Upacara 17 Agustus melalui TV

4. Ajak anak menonton Upacara 17 Agustus melalui TV
Freepik/bika_ambon

Setiap tahun peringatan Detik-Detik Proklamasi dan upacara memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia di Istana Negara selalu disiarkan secara langsung melalui televisi.

Mama bisa mengajak anak menonton upacara ini sambil menjelaskan bagaimana jalannya upacara itu. Boleh jadi, si Kecil yang masih duduk di bangku TK pernah melakukan upacara pada hari Senin di sekolah.

Itu akan membantunya memahami bagaimana pelaksanaan upacara dalam skala yang lebih besar seperti di Istana Negara.

Lebih lanjut, selama penayangan, Mama bisa mengenalkan pada anak sosok-sosok penting dalam pemerintahan, seperti presiden, wakil presiden, dan menteri. Mama juga bisa menunjukkan bagaimana momen pengibaran bendera berlangsung hikmat dan megah lewat tugas Paskibraka.

Cara ini akan mendorong anak menumbuhkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini. Setidaknya, ia sudah pernah melihat walau hanya melalui televisi. Jika memungkinkan, Mama juga bisa lho mengajak anak melihat upacara bendera di kantor pemerintahan tempat Mama tinggal.

5. Pergi ke museum untuk kenalkan sejarah Indonesia

5. Pergi ke museum kenalkan sejarah Indonesia
id.wikipedia.org

Ada lagi, Ma, cara untuk mengenalkan arti kemerdekaan pada anak, yaitu dengan mengajaknya pergi ke museum.

Untuk Mama yang tinggal di Jabodetabek, ada banyak museum yang bisa Mama kunjungi dengan si Kecil sambil mempelajari sejarah perjuangan dan kemerdekaan Indonesia.

Monumen Nasional atau Monas tentu saja jadi pilihan teratas. Di bagian dasar Monas, terdapat sebuah ruang besar yang menampilkan 51 buah diorama yang menggambarkan sejarah Indonesia dari masa ke masa.

Lalu, tepat pada bagian cawan Monas ada Ruang Kemerdekaan yang berbentuk amfiteater. Mama bisa menjumpai naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dipahat pada dinding, peta wilayah Indonesia berlapis emas, dan bendera merah putih.

Alternatif lain, Mama bisa pergi ke beberapa museum berikut ini.

  • Museum Perumusan Naskah Proklamasi
  • Museum Joang ‘45
  • Tugu Proklamasi
  • Museum WR Soepratman di Surabaya
  • Rumah Ibu Fatmawati Soekarno di Bengkulu

Itulah 5 cara mengenalkan arti kemerdekaan Indonesia pada anak usia 4-5 tahun.

Dengan cara menyenangkan, anak bisa belajar memahami bahwa kemerdekaan yang dirasakan hari ini adalah buah perjuangan para pahlawan yang bertempur melawan penjajah.

Selamat merayakan hari kemerdekaan bersama keluarga, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.