Tips Menghadapi Hari Pertama Sekolah Anak Usia 4-5 Tahun

Perhatikan dulu 5 tips ini ya!

15 Juli 2019

Tips Menghadapi Hari Pertama Sekolah Anak Usia 4-5 Tahun
choiceschools.com

Hari pertama sekolah akhirnya datang juga. Boleh jadi, ini momen penting bagi anak dan juga Mama. Perasaan campur aduk pasti menggelayuti Mama dan juga si Kecil.

Sekolah baru, kelas baru, suasana baru, guru baru, dan teman-teman baru, bisa membuat anak senang, tetapi juga sedikit cemas pada saat bersamaan.

Mulai dari cemas karena ia harus berpisah dengan Mama, malu bertemu dengan teman-teman baru, sampai khawatir lantaran berada di tempat yang sama sekali berbeda dengan rumah. Hal sama juga pasti dialami Mama kan?

Nah, supaya hari pertama sekolah anak usia 4-5 tahun berjalan mulus, Mama bisa coba lakukan 5 tips berikut.

1. Sesuaikan dengan rutinitas hari sekolah sejak seminggu sebelumnya

1. Sesuaikan rutinitas hari sekolah sejak seminggu sebelumnya
Pexels/Enikő Tóth

Kalau selama ini anak biasa bangun tidur, makan, bermain, mandi, dan tidur malam kapan saja, seminggu jelang masuk sekolah, Mama perlu membiasakan anak untuk lebih disiplin. Khususnya terkait jadwal tidur malam dan bangun pagi.

Misalnya, selama ini anak bisa tidur jam 22.00 atau bebas nonton saluran TV kesayangannya sampai larut malam.

Maka, Mama harus mulai mengajak anak biasa tidur lebih awal, sekitar pukul 21.00. Semakin cepat ia tidur, semakin cepat pula ia bangun pagi. Demikian juga dengan jadwal rutin lainnya.

Membenahi jadwal anak dan disiplin sesuai waktu membuat tubuh anak terbiasa lebih awal. Jadi, saat hari sekolah tiba, ia tidak kaget dan lebih mudah menyesuaikan diri.

Editors' Picks

2. Kunjungi sekolah bersama anak

2. Kunjungi sekolah bersama anak
tesco-baby.com

Sama seperti kita, Ma, ada sebagian anak yang mudah cemas jika berada di tempat baru. Salah satu cara mudah adalah membiasakan anak dengan suasana di tempat baru tersebut.

Mama bisa membawa anak datang ke sekolah barunya, menunjukkan ruangan di lingkungan sekolah, juga kelas barunya kelak. Dengan “tur kecil” di sekolah ini, anak lebih familier dan bisa membayangkan bagaimana saat ia bersekolah nantinya.

3. Coba seragam barunya

3. Coba seragam barunya
rawpixel.com
Sekolah inggris surabaya

Baju baru selalu buat anak excited. Mama bisa menunjukkan pada anak seperti apa tampilan seragam barunya. Minta ia memakai seragam itu dan abadikan momen tersebut.

Mengenakan seragam baru ternyata menolong anak melewati masa transisi psikologis dari terbiasa di rumah menuju terbiasa di sekolah. Anak pun merasa “kenal” dengan pakaiannya dan tidak sabar memakai seragam barunya di hari pertama nanti.

4. Ajak anak menyiapkan perlengkapan sekolah

4. Ajak anak menyiapkan perlengkapan sekolah
Freepik

Sama seperti seragam baru, menyiapkan perlengkapan sekolah selalu jadi momen spesial bagi anak. Mama bisa mengajak anak pergi ke toko buku dan alat tulis untuk membeli beberapa perlengkapan sekolah. Biarkan anak memilih sendiri tema perlengkapan sekolah yang dia inginkan.

Di rumah, atur sedemikian rupa agar semua perlengkapan itu siap dipakai anak. Mulai dari tempat bekal dan minum, tas, sepatu, alat tulis, pensil warna atau krayon, buku gambar, dan sebagainya.

Libatkan anak saat menyiapkan barang tersebut, sehingga anak tahu mana saja barang-barang miliknya. Plus, melatih tanggung jawab anak sedini mungkin.

5. Temani anak saat hari pertama sekolah

5. Temani anak saat hari pertama sekolah
huffingtonpost.com

Nah, ini yang paling penting, Ma. Sebaiknya Mama dan Papa turun tangan langsung menemani anak di hari pertama sekolahnya. Momen istimewa ini tidak datang dua kali.

Kehadiran orangtua bakal membuat anak merasa diperhatikan, didukung, dan disayang.

Mama dan Papa juga boleh menunggui anak sambil melihat bagaimana ia beradaptasi dengan lingkungan barunya. Namun, usahakan sedikit menahan diri jika anak tengah bersama guru.

Kalaupun ia menangis, selama guru masih bisa mengatasi, biarkan saja. Baru jika anak memang belum ingin berpisah dengan Mama atau Papa, Mama bisa mengintervensi dengan mendampingi anak selama kegiatan sekolah berlangsung.

Demikian 5 tips penting menghadapi hari pertama sekolah anak usia 4-5 tahun. Mama punya tips lain? Share di sini, yuk!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk