5 Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan si Kecil

Kreasikan jamur tiram menjadi hidangan sup yang lezat, yuk!

11 Februari 2019

5 Manfaat Jamur Tiram Kesehatan si Kecil
Freepik/nafterdd

Siapa yang nggak suka jamur tiram. Rasanya yang lezat, kini jamur semakin banyak penggemarnya. 

Tapi bagaimana jika jamur tiram diberikan untuk anak-anak? Ya, tidak menjadi masalah. Jenis jamur yang satu ini memang bisa di konsumsi oleh siapa saja dan memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Apabila si Kecil bosan dengan wortel atau brokoli, maka orangtua dapat memberikan jamur tiram untuk sang buah hati. 

Untuk mengetahui informasi mengenai manfaat jamur tiram untuk tumbuh kembang anak, ikuti yuk ulasan dari Popmama.com berikut ini. 

1. Antibakteri yang baik untuk tubuh

1. Antibakteri baik tubuh
Freepik

Tahukah Ma? Bahwa jamur tiram mampu menghindarkan si Kecil dari berbagai macam bakteri yang bisa membahayakan kesehatan tubuhnya.

Bahkan mengonsumsi jenis jamur ini dapat menjauhkannya dari penyakit tumor, lho.

Di mana kandungan pada jamur tiram terdapat protein nabati, kalsium, asam amino, dan vitamin C yang sangat baik untuk perkembangan maupun pertumbuhan anak-anak.

Dengan kata lain, jamur tiram mengandung senyawa yang berfungsi sebagai antibakteri, anti kanker atau anti tumor, dan antioksidan yang baik untuk tubuh si Kecil.

Senyawa lektin yang ada di dalam jamur tiram putih pun merupakan sebagai senyawa anti tumor. 

2. Melindungi usus dari nematode

2. Melindungi usus dari nematode
Freepik/user7525789

Manfaat jamur tiram lainnya yakni sebagai pelindung dari nematode.

Di mana nematoda merupakan salah satu jenis cacing yang bisa masuk ke dalam usus anak-anak.

Cacing tersebut pun sangat berbahaya, cacing itu dapat merusak sistem pencernaan si Kecil.

Pemberian jamur tiram pada makanan si Kecil, maka kandungan baik dari jamur ini mampu membunuh nematode yang hidup dengan bebas di dalam ususnya.

Selain itu jamur tiram juga mempunyai zat anti bakteri dan anti mikroba yang bisa membantu proses penyembuhan luka dan iritasi yang terjadi di dalam jaringan tubuh.

Editors' Picks

3. Meningkatkan kesehatan liver

3. Meningkatkan kesehatan liver
Freepik/pocky_pooky

Ternyata nutrisi yang terkandung di dalam jamur tiram mampu membantu tubuh anak untuk menangkal dan mengeluarkan racun yang berada pada jaringan hatinya.

Dengan begitu, jika si Kecil sering mengonsumsi jamur tiram maka akan meningkatkan kesehatan livernya.

Jamur tiram pun akan menjauhkan si Kecil dari kerusakan liver akibat penyakit kuning dan hepatitis.

Antibakteri dan ati tumor padai jamur tiram juga berfungsi sebagai penawar racun, sehingga bisa mengurangi radikal bebas dalam hati dan membantu pengendalian hepatitis B.

4. Mengurangi risiko jantung lemah

4. Mengurangi risiko jantung lemah
Rawpixel/Ake

Jamur yang memiliki warna putih atau krem ini memiliki cangkang lebar seperti tiram. Di mana bagian tengahnya membentuk cekungan seperti kubangan. Nah, kandungan nutrisi pada jamur pun sangat melimpah, seperti asam lemak tidak jenuh, protein, vitamin B1,B2,C,dan D2.

Bahkan jamur tiram juga rendah kolesterol, lemak dan kalori, mengandung mineral termasuk kalsium, magnesium, zat besi, dan  fosfor.

Anak-anak yang suka mengonsumsi jamur tiram, maka bayaknya kandungan baik yang ada di dalam jamur jenis ini bisa mengurangi terjadinya risiko jantung lemah pada mereka.

Sebab kandungan niacin maupun gizi pada jamur tiram berfungsi menjaga kesehatan jantung dan mampu menormalkan dan menstabilkan tekanan maupun produksi darah ke dalam jantung.

5. Penghasil energi

5. Penghasil energi
Pexels/Porapak Apichodilok

Anak-anak suka sekali bermain dan tak kenal lelah, dengan mengonsumsi jamur tiram maka nutrisi yang terkandung pada jamur dapat meningkatkan stamina dan menjadikan tubuhnya tidak mudah lelah.

Dengan mengonsumsi jamur tiram tubuh si Kecil pun akan terpenuhi akan kebutuhan energinya selama 24 jam.

Di mana jamur jenis ini juga memiliki manfaat sebagai produsen enzim hidrolisis dan enzim oksidasi dalam tubuh, yang fungsi keduanya sangat baik dalam pembentukan energi dalam tubuh.

Selain itu kandungan protein, folat, selenium hingga vitamin D dan juga B12 juga dapat melawan infeksi dan meningkatkan imunitas tubuhnya. Sementara vitamin B pada jamur tiram juga membantu untuk menghasilkan energi

Saat membeli jamur tiram untuk sang buah hati, sebaiknya pilihlah jamur yang segar dan bertekstur lembut ya Ma.

Baca juga: