5 Penyebab Penyakit Jamur Kuku pada Anak

Berilah kaos kaki anak yang berbahan sejuk dan menyerap keringat ya, Ma

13 April 2019

5 Penyebab Penyakit Jamur Kuku Anak
Freepik/Jcomp

Mama mendapati kuku anak memiliki titik putih atau kuning di ujung kuku jarinya? Kemungkinan hal itu adalah jamur kuku yang biasa dikenal jamur dermatofit.

Tahukah Ma? Infeksi kuku banyak terjadi akibat jamur dan banyak menyerang kuku kaki dibandingkan kuku tangan si Kecil.

Lalu apa saja sih penyebab jamur kuku pada anak? Nah, orangtua perlu mengetahui dengan jelas yang dirangkum oleh Popmama.com:

1. Berkeringat

1. Berkeringat
Freepik/V.ivash

Apakah Mama pernah perhatikan alas kaki si Kecil?

Sebab sepatu yang basah atau terlalu tertutup di tengah cuaca yang panas, bisa menjadi penyebab utama anak terkena jamur kuku.

Selain itu, apabila alas kakinya terbuat dari bahan yang panas maka membuat kaki sang anak juga mudah berkeringat. Sedangkan kaki yang sering berkeringat lebih berisiko terinfeksi jamur kuku.

Oleh karenanya jika keringat keluar secara berlebihan segeralah bantu mereka untuk mengeringkan tubuh agar keringatnya hilang.

Editors' Picks

2. Faktor keturunan

2. Faktor keturunan
Freepik/Bearfotos

Jamur kuku adalah di mana kondisi yang menyebabkan timbulnya titik berwarna putih atau kuning di bagian bawah ujung kuku jari tangan atau kaki anak.

Jamur kuku pada anak juga dapat berubah warna, menebal hingga retak di bagian ujungnya jika infeksi jamur kukunya sudah menjalar semakin dalam.

Kemungkinan besar penyakit ini juga disebabkan karena kelainan kongenital non genetik, yaitu seorang anak yang memiliki anggota keluarganya pernah mengalami kondisi mengidap penyakit kuku kaki yang berjamur.

3. Kuku kotor penyebab jamur

3. Kuku kotor penyebab jamur
Freepik

Selain faktor keturunan, jamur kuku juga datang dari area yang diinjak oleh anak tanpa menggunakan alas kaki.

Misalnya saja saat ia sering berjalan di area kolam renang atau kamar mandi umum yang termasuk area basah, lembab dan terbilang tidak bersih.

Apalagi Mama jarang memerhatikan kebersihan kaki dan kuku kaki anak, maka akan menimbulkan penyakit jamur di kakinya.

Oleh karena itu selalu membiasakan ia mencuci atau menyikat dan mengeringkan kaki usai bermain di luar rumah.

4. Penyakit diabetes pada anak

4. Penyakit diabetes anak
Freepik/bearfotos

Ternyata kasus jamur kuku yang parah bisa sangat menyakitkan dan membuat si Kecil tidak tahan akan rasa sakitnya.

Lebih mengerikannya lagi penyakit jamur kuku pun dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kuku anak. Hal tersebut disebabkan oleh adanya penyakit diabetes melitus pada anak.

Sebenarnya ini jarang terjadi, akan tetapi penderitanya sudah ada di tengah masyarakat. Sebab anak yang memiliki penyakit diabetes rentan terinfeksi jamur kuku, karena penderita diabetes memiliki sirkulasi darah yang kurang baik dan tingkat imunitas yang lemah sehingga rentan mengidap infeksi.

5. Penyakit kulit

5. Penyakit kulit
Freepik/coffeekai

Jika anak pernah mengalami beberapa jenis penyakit kulit, itu artinya besar peluang bagi dirinya untuk terserang jamur kuku.

Pada umumnya penyakit kulit disebabkan oleh infeksi jamur yang dapat menjalar ke bagian tubuh lainnya. Apabila kuku anak terdapat jamur, Mama harus waspada dan perhatikan area tersebut agar tetap kering untuk mencegah terjadinya infeksi yang berlanjut.

Mama dapat menyembuhkannya dengan menggunakan salep anti jamur atau memandikan anak dengan air yang dicampur larutan antiseptik.

Mulai sekarang jangan lalai terhadap perubahan warna kuku anak yang menjadi putih, hijau, kuning, cokelat atau hitam. Orangtua harus segera membawanya ke dokter kulit untuk mematikan jamur pada kuku si Kecil.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.