Orangtua Perlu Mengetahui 5 Tanda Gangguan Fungsi Hati pada Anak

Fungsi hati bisa terganggu karena beberapa faktor

5 Januari 2020

Orangtua Perlu Mengetahui 5 Tanda Gangguan Fungsi Hati Anak
prairiestarhealth.org

Menjaga kesehatan tubuh anak merupakan kewajiban orangtua. 

Pasalnya apabila ada satu organ anak yang tidak berfungsi dengan baik, maka bisa memunculkan masalah kesehatan yang serius. Salah satunya ialah gangguan fungsi hati.

Di mana hati memiliki peranan sangat penting di dalam tubuh untuk membantunya mencerna makanan dan membersihkan diri dari zat beracun.

Sementara ketika hati menjadi sangat rusak, tentu dapat menyebabkan penyakit hati akut atau gagal hati. Ya, keduanya merupakan kondisi yang mengancam jiwa sang anak.

Berikut ini ada 5 tanda fungsi hati pada anak yang perlu orangtua ketahui sejak dini. Yuk, simak ulasannya dari Popmama.com :

1. Turunnya berat badan anak karena kehilangan selera makan

1. Turun berat badan anak karena kehilangan selera makan
Freepik/bearfotos

Seorang anak dapat mengalami masalah dengan hati secara tidak terduga.

Dilansir dari Ssmhealth.com, penyakit hati menunjukkan begitu banyak gejala yang sulit untuk didiagnosis. Bicaralah dengan dokter anak jika mereka memiliki salah satu dari tanda penyakit hati seperti kehilangan selera makan, mual, muntah hingga kelelahan dan kehilangan stamina.

Di mana gangguan fungsi hati pada anak akan memengaruhi penyerapan nutrisi dari makanan serta produksi protein maupun vitamin tertentu.

Akhirnya hal tersebut mengakibatkan berat badan anak susah naik, tulang lebih rapuh dan terhambatnya tumbuh kembang.

Editors' Picks

2. Anak jadi mudah berdarah dan memar

2. Anak jadi mudah berdarah memar
Pixabay/Free-Photos

Munculnya memar pada anak secara spontan patut diwaspadai, karena bisa menandakan adanya kondisi medis yang lebih serius.

Health.Us News.com menjelaskan, segeralah ke dokter atau ahli gastroenterologi anak untuk membantunya evaluasi lebih lanjut saat mereka jadi mudah berdarah dan memar.

Sebenarnya dalam keadaan sehat, hati bersama dengan vitamin K akan menghasilkan fibrinogen, protein yang berperan penting dalam pengentalan darah.

Namun ketika fungsi hati anak terganggu, produksi fibrinogen bisa berkurang atau terhenti hingga anak jadi lebih gampang berdarah dan memar di tubuhnya.

3. Munculnya rasa gatal disertai dengan ruam

3. Muncul rasa gatal disertai ruam
littleadventureshop.co.uk

Gangguan hati pada anak disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya seperti infeksi virus hepatitis A, B dan C.

Mengetahui tanda gangguan fungsi hati menjadi hal penting untuk menentukan langkah pengobatan dan perawatan.

Childrens Hospital.org mengatakan, bahwa dalam banyak kasus dokter tidak dapat menentukan penyebab gagal hati akut. Namun biasanya ada tanda penyakit hati, salah satunya yakni merasa gatal (varians portal pruritus).

Rasa gatal ini bisa meliputi seluruh atau sebagian tubuh anak dan disertai dengan ruam.

Gatal dapat terjadi singkat namun dapat pula berat. Namun kemungkingkan besar cenderung semakin menguat di malam hari.

4. Penyakit kuning dengan kulit dan mata menguning

4. Penyakit kuning kulit mata menguning
Pixabay/voltamax

Biasanya penyakit kuning tidak hanya bisa terjadi pada bayi yang baru lahir, tapi juga pada anak yang menderita gangguan fungsi hati serius. 

Dikutip dari Stlouis Childrens.org, saat mendiagnosis penyakit hati dokter akan memerhatikan gejala-gejala pasien dan melakukan pemeriksaan fisik. Beberapa gejala penyakit hati pada anak yakni penyakit kuning yang terdapat kulit dan mata menguning.

Penyakit kuning disebabkan oleh kadar bilirubin (pigmen empedu) yang abnormal tinggi dalam aliran darah.

Tingginya kadar bilirubin ini dapat dikaitkan dengan peradangan, kelainan sel hati lainnya atau penyumbatan saluran empedu.

5. Tinja berwarna pucat disertai demam yang tidak bisa dijelaskan

5. Tinja berwarna pucat disertai demam tidak bisa dijelaskan
Freepik/pressfoto

Gangguan hati dapat memengaruhi kondisi kesehatan anak secara signifikan.

Menurut Nation Wide Childrens.org, bahwa di tahap awal sering kali penyakit hati pada masa kanak-kanak mungkin mengalami kotoran tinja berwarna pucat disertai demam yang tidak bisa dijelaskan.

Sedangkan fungsi hati anak yang terganggu dapat mengurangi atau menghentikan produksi bilirubin, yaitu pigmen berwarna kuning kecokelatan yang biasa ditemukan dalam empedu, darah dan tinja.

Itulah kenapa salah satu tanda gangguan fungsi hati pada anak adalah tinja yang berwarna putih, krem atau kuning sangat pucat.

Demikianlah kelima tanda gangguan fungsi hati pada anak. Usahakan agar selalu menjaga kesehatan fungsi hati anak dengan mengonsumsi oatmeal yang kaya serat.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.