Si Kecil Susah Makan? Penuhi Nutrisinya Dengan 5 Cara Menyenangkan Ini

Bikin si Kecil happy dengan Happy Meal ya Ma!

14 April 2020

Si Kecil Susah Makan Penuhi Nutrisi 5 Cara Menyenangkan Ini
shutterstock.com/Odua Images

Para Mama yang memiliki buah hati pasti sama-sama ingin memberikan yang terbaik baginya. Salah satu usaha Mama agar si Kecil tumbuh bahagia adalah dengan memenuhi nutrisi hariannya. Namun terkadang usaha tersebut mengalami kendala karena si Kecil menolak atau susah untuk makan. Entah karena lauknya yang ia anggap tidak menarik atau memang ia tidak bernafsu untuk makan. Jika hal ini terjadi pada anak Mama, jangan khawatir Ma. Coba lakukan 5 hal di bawah ini, siapa tahu ia jadi semangat makan.

1. Ajak si Kecil makan bersama

1. Ajak si Kecil makan bersama
shutterstock.com/SVRSLYIMAGE

Biasanya, Mama fokus makan bersama Papa sebelum menyuapi si Kecil. Ya ‘kan Ma? Bagaimana jika kebiasaan tersebut diubah sedikit. Mama bisa mengajak si Kecil makan bersama keluarga. Jika ada teman makan bersama, biasanya si Kecil jadi lebih bersemangat makan. Jika berantakan sedikit, nggak apa-apa deh Ma. Ajarkan juga cara makan yang baik. Sebagai alternatif, sesekali Mama bisa banget mengajak si Kecil makan bersama di McDonald’s agar ganti suasana tentunya setelah wabah Covid-19 ini berakhir ya. Si Kecil senang, perut juga kenyang.

Editors' Picks

2. Gunakan menu makanan menarik

2. Gunakan menu makanan menarik
Shutterstock/ANURAK PONGPATIMET

Biasanya si Kecil malas atau susah makan karena ia menganggap menu makanannya kurang menarik. Nah, Mama bisa banget sesekali mengajak atau memberikan makanan lezat dengan wadah menarik perhatiannya misalnya Happy Meal dari McDonald’s. Apalagi McDonald's baru saja me-launching menu baru Happy Meal dengan menu makanan yang tetap menarik namun dengan nutrisi seimbang untuk si Kecil. 

 Mama bisa memilihkan si Kecil menu sesuai keinginan mereka yang terdiri dari Protein dalam menu Egg & Cheese Muffin, Ayam McD, Beef Burger, Chicken Burger dan Chicken McNuggets, makanan pendamping seperti nasi, kentang goreng dengan ukuran yang pas buat Si Kecil dan Sweet Corn, dilengkapi dengan minuman seperti Susu UHT atau mineral water. Ditambah lagi, karena di Restoran McDonald’s juga menyediakan area bermain untuk anak yang membuat si Kecil bisa makan sambil bermain. Jadi, si Kecil bisa makin semangat memakan makanannya.

3. Kasih kebebasan si Kecil untuk memilih sendiri makanan favoritnya

3. Kasih kebebasan si Kecil memilih sendiri makanan favoritnya
shutterstock.com/Creativa Images

Menu yang kurang cocok sama selera si Kecil biasanya membuat makanan jadi terbuang sia-sia. Maka dari itu Mama harus mulai memberikan kebebasan pada si Kecil untuk memilih menu makanan favoritnya, agar ia semangat makan. Jadi makanan yang Mama berikan tidak dibuang atau harus Mama yang menghabiskan. Maka dari itu Ma, McDonald’s pun sengaja ‘merancang’ menu Happy Meal yang baru yang pas untuk si Kecil. Apalagi menu Happy Meal dari McDonald's ini bisa memilih protein, makanan pendamping dan minuman yang diinginkan serta sesuai dengan nutrisi si Kecil. So, Mama nggak usah khawatir lagi deh. Untuk info lebih lengkapnya, cek di sini ya Ma. 

4. Berikan hadiah menarik sebagai reward

4. Berikan hadiah menarik sebagai reward
shutterstock.com/leolintang

Jika si Kecil sudah mau makan, jangan lupa Ma sesekali Mama boleh memberikan hadiah sebagai reward karena ia sudah mau makan makanannya. Menu Happy Meal nya dari McDonald’s juga berhadiah mainan atau buku petualangan seru dengan dinosaurus di setiap paketnya. Bisa banget nih dijadikan reward untuk si Kecil jika ia lahap makanan yang diberikan Mama. 

5. Ajari si Kecil menghargai makanan sejak dini

5. Ajari si Kecil menghargai makanan sejak dini
Shutterstock/People Image Studio

Terakhir nih Ma. Usahakan ajarkan si Kecil untuk menghargai makanan yang ia dapatkan sejak dini. Dengan mengajarkan hal ini, bisa menjadi pembelajaran baginya untuk menghargai makanan yang ia dapat. Ajarkan si Kecil jika ada banyak anak lainnya di luar sana yang susah untuk mendapatkan makanan lezat seperti yang didapatkan si Kecil. Dengan begitu, perlahan ia akan menghargai makanan yang didapat, dan tidak susah makan lagi. 

McDonald’s juga menghargai hal itu, ini terbukti dengan langkah McD mengubah ukuran fries regular untuk Happy Meal menjadi kids-size fries agar sesuai dengan nutrisi anak dan tidak berlebihan dan terbuang sia-sia.

Gimana Ma? Semoga si Kecil nggak susah makan lagi ya, supaya nutrisi dan gizinya selalu tercukupi agar pertumbuhannya semakin baik. Semangat Mama!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.