Anak Mama Makin Manja? Coba Lakukan 5 Hal ini Deh Ma

Jadi anak mandiri nggak perlu nunggu besar Ma

11 November 2019

Anak Mama Makin Manja Coba Lakukan 5 Hal ini Deh Ma
Shutterstock/ANURAK PONGPATIMET

Biasanya sebagai orangtua, Mama selalu menjadi sosok ‘pembela’ bahkan dengan mudah luluh pada anak. Jika anak ingin sesuatu, biasanya Mama akan dengan mudah mengiyakan permintaan si Kecil. Alhasil, si Kecil semakin manja, bahkan saat usianya semakin bertambah. Pasti bakal terasa repot ya Ma kalau si Kecil makin manja. Tenang, Popmama punya 5 tips yang bisa Mama coba di rumah!

1. Ajarkan bersikap mandiri sejak dini

1. Ajarkan bersikap mandiri sejak dini
Shutterstock/PMN PHOTO

Si Kecil biasanya menunjukan sisi manjanya tak kenal waktu. Meski sudah dalam usia yang cukup, namun mereka tetap menunjukan sifat yang tidak mau mendengar. Ada baiknya Mama mengajarkan bersikap mandiri sejak dini. Saat si Kecil sudah bisa memahami ucapan orang lain, ada baiknya Mama mulai memberikan pengertian padanya untuk belajar mandiri. Tidak semua kemauan si Kecil bisa dan harus dituruti. Ingat ya, bicara dengan sabar, jangan dimarahi.

Editors' Picks

2. Beri pengertian dan menjadi role model untuk si Kecil

2. Beri pengertian menjadi role model si Kecil
Shutterstock/soo hee kim

Jika si Kecil rewel atau semakin manja, memarahinya bukanlah solusi. Si Kecil saat ini tengah dalam masa pertumbuhan. Apa yang ia lakukan biasanya berdasarkan apa yang ia lihat. Biasanya anak usia pertumbuhan akan melihat dan mencontoh suatu hal dengan mudah. Itu sebabnya Mama harus pandai memberi pengertian. Jika perlu Mama juga harus menjadi role model bagi si Kecil.

3. Mama juga harus mempersiapkan diri

3. Mama juga harus mempersiapkan diri
Shutterstock/Dragon Images

Biasanya saat si Kecil rewel dan menunjukan sisi manjanya, ia dengan mudah merengek bahkan Mama harus siap jika ia tiba-tiba meminta untuk digendong. Duh, kalau ia masih balita mungkin Mama masih sanggup, bagaimana jika ia sudah tumbuh semakin besar, namun kebiasaannya meminta gendong belum juga hilang? Itulah mengapa Mama harus mempersiapkan diri untuk menjaga kesehatan tulang. 

Untuk menjaga kesehatan tulang, Mama perlu mencukupi kebutuhan kalsium agar kepadatan tulang terjaga dengan baik. Untuk masalah ini, Mama nggak perlu khawatir karena ada Protecal Solid dan Protecal Osteo.

Protecal Solid berguna untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin C harian, menjaga kesehatan tulang serta membantu penyembuhan luka. Sementara Protecal Osteo adalah suplemen tinggi Kalsium dan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi serta mencegah osteoporosis. Dengan kebutuhan kalsium yang tercukupi, Mama nggak perlu khawatir lagi deh kalau si Kecil rewel minta gendong.

4. Berkomitmen dengan Ayah untuk sama-sama mendidik si Kecil

4. Berkomitmen Ayah sama-sama mendidik si Kecil
Shutterstock/Zyn Chakrapong

Nah, yang satu ini tak kalah penting lho Ma. Jika Mama giat mendidik si Kecil untuk mandiri, sebaiknya jangan dilakukan sendirian ya. Mama bisa mulai berkomunikasi dengan suami tentang bagaimana mendidik si Kecil untuk bisa mandiri sejak dini. Usaha mendidik si Kecil untuk mandiri akan sia-sia jika suami tetap ‘lembek’. Jadi, Mama dan suami harus kompak ya.

5. Sesekali, tak ada salahnya memberi reward untuk si Kecil

5. Sesekali, tak ada salah memberi reward si Kecil
Shutterstock/eggeegg

Terakhir, Mama boleh banget kok memberikan reward atau imbalan untuk si Kecil, jika ia menunjukan perubahan jadi lebih mandiri atau mungkin berubah jadi mau mendengarkan ucapan Mama dan Ayah. Namun, diusahakan jangan menjadikan hal ini sebagai kebiasaan dan kewajiban ya Ma. Nanti si Kecil bisa ketergantungan dan hanya mau melakukan hal tersebut jika mendapatkan imbalan. 

Nah, gimana? Nggak ribet ‘kan Ma mengajarkan si Kecil untuk tidak terlalu manja? Bersiap manja memang naluri anak kecil, namun jika terus mengiyakan bisa berdampak kurang baik padanya saat dewasa nanti. Yuk Ma, ajarkan si Kecil untuk mandiri sejak dini.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.