Hal Baik Saat Anak Dibiarkan Memakai Baju Sendiri

Wah, anak Mama sudah besar ternyata!

12 Maret 2019

Hal Baik Saat Anak Dibiarkan Memakai Baju Sendiri
Pexels/Samer Daboul

Banyak hal baik yang bisa didapat saat anak mulai mau dan bisa memakai baju sendiri. Hal terbaik yang bisa dilakukan orangtuanya adalah mendukungnya sepenuh hati.

Walau kadang, rasanya tidak sabar dan ingin segera memakaikan baju agar segalanya lekas selesai. Tahan dulu ya, Ma. Karena efek positifnya begitu penting. 

Penasaran, Ma? Berikut beberapa hal baik yang bisa datang saat anak dibiarkan memakai dan memilih baju sendiri:

1. Belajar memilih yang terbaik untuk diri sendiri

1. Belajar memilih terbaik diri sendiri
Pinterest.com

Saat memberikan kebebasan pada anak untuk mengambil baju sendiri, mereka belajar untuk memilih yang terbaik untuk diri sendiri. Tentu baju yang akan dipilihnya adalah yang ia suka, atau yang sedang ia butuhkan saat itu. 

Jangan pernah menertawakan pilihan baju mereka. Karena dengan menghargai pilihan mereka, rasa percaya dan aman kepada kedua orangtuanya juga otomatis akan tumbuh.

2. Belajar mandiri

2. Belajar mandiri
realestate.com.au
Pekerjaan rumah untuk anak 6-8 tahun

Dengan memilih dan memakai baju sendiri, mereka juga belajar mandiri. Dari selesai mandi, mereka akan memilih baju sendiri. Mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Lalu, mereka harus berusaha sendiri untuk mengenakannya.

Menurut terapis keluarga yang bernama Karen Ruskin, Psy.D., LMFT, membiarkan anak memakai baju sendiri merupakan perkembangan yang baik bagi jiwa dan emosi mereka. 

Editors' Picks

3. Melatih motorik

3. Melatih motorik
Pixabay.com/stocksnap

Kegiatan sehari-hari yang sederhana bisa melatih sensori anak-anak. Salah satunya proses memakai baju. Pertama adalah motorik kasar yang bisa dilatih saat mereka mengangkat lengan dan kaki dengan gerakan tertentu dan belajar keseimbangan saat memakai sepatu atau celana.

Motorik halus dilatih saat mereka harus memasang kancing, melipat kerah leher, menarik resleting dan lainnya. Terakhir adalah kemampuan kognitif di mana mereka bisa memilah milih pakaian apa yang paling pas digunakan saat itu. Misal mau tidur, apakah mereka akan memilih baju rapi seperti akan pergi ke luar? Sepertinya tidak ya, Ma.

4.  Belajar konsep berpakaian

4.  Belajar konsep berpakaian
myloveofstyle.com

Awalnya, mungkin anak masih akan butuh bantuan. Mereka akan menggunakan pakaian secara terbalik, atau malah gagal memakai baju sendiri. Namun jangan menyerah. Terus dampingi mereka dan bantulah saat mereka minta pertolongan. 

Setelah itu, perlahan mereka akan mengerti dan bisa berpakaian dengan rapi dan benar. Jangan langsung mengoreksi dengan ejekan atau bercanda jika mereka memakai baju yang salah. Lebih baik ajak ia melihat cara berpakaian orang sekitar agar mereka bisa mengenali bagaimana cara yang benar. 

Belajar memakai baju sendiri memang tantangan bagi Mama. Waktu dan kesabaran biasanya akan mudah sekali habis. Namun, jangan biarkan emosi menguasai Mama dan tetaplah bersabar mengikuti perkembangan sang buah hati. 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!