Cocok untuk Ngabuburit! Begini 5 Pesan Positif Serial Nussa dan Rarra

Nussa dan Rarra menjadi animasi yang mendidik untuk anak-anak

12 Mei 2019

Cocok Ngabuburit Begini 5 Pesan Positif Serial Nussa Rarra
Instagram.com/nussaofficial

Ngabuburit menjadi momen sekaligus pengalaman tersendiri untuk anak-anak sebelum berbuka puasa ya, Ma. Tak jarang banyak orangtua yang berusaha memberikan pengalaman ngabuburit yang positif untuk anaknya meskipun hanya berada di rumah. 

Pengalaman ngabuburit yang positif bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana, seperti menonton sebuah serial bersama. Kini sudah banyak tontonan positif untuk anak dari berbagai platform, salah satunya YouTube. 

Saat menjelajahi YouTube, channel Nussa Official bisa alternatif sebagai tontonan positif selama ngabuburit menunggu waktu berbuka. Karakter Nussa yang masih berusia 7 tahun dan Rarra 5 tahun bisa menjadi teladan karena baik saat ditiru oleh anak-anak. 

Jika Mama ingin mengetahui berbagai pembelajaran yang bisa didapatkan oleh anak-anak dari karakter Nussa dan Rarra, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Semoga pembelajaran positif dari Nussa dan Rarra bisa diterapkan oleh si Kecil ya, Ma!

1. Mengajarkan untuk belajar ikhlas

Setiap orangtua tentu ingin menanamkan berbagai karakter positif untuk anak-anaknya, termasuk mengenai keikhlasan. Saat belajar ikhlas, si Kecil akan memiliki keadaan hati dalam melakukan sesuatu untuk orang lain. 

Contoh kecilnya ketika anak mama membantu orang lain secara tulus, ikhlas dan tanpa terbebani hal apapun. 

Saat dicoba, mungkin Mama pasti akan merasa kesulitan dalam menanamkan karakter ikhlas pada si Kecil. Harus diakui memang tidak mudah, namun tetaplah bersabar dan berusaha. Berikan sebuah pengertian bahwa saat hati ikhlas, maka perbuatannya akan dibalas oleh orang lain dan tentu mendapat pahala. 

Selain itu, seseorang yang selalu melakukan sesuatu dilandasi dengan niat ikhlas lebih cenderung merasa tentram dan nyaman. 

Melalui video ini, Nussa mengajarkan adiknya pelan-pelan untuk belajar menjadi sosok yang ikhlas. Nussa memberikan sebuah contoh kepada Rarra bahwa dirinya sudah ikhlas untuk menerima kakinya berbeda dari anak-anak normal yang lain. 

Pesan dari Nussa: "Lakukan semuanya hanya karena Allah, maka segala hal akan jadi indah."

2. Menyadarkan bahwa senyum itu termasuk sedekah

Di rumah, Mama sudah mengajarkan si Kecil belajar senyum belum? Untuk menerapkan kalau senyum termasuk sedekah bisa dimulai dengan lingkungan keluarga terlebih dahulu. Tujuannya agar saat pergi ke luar rumah, senyum bisa menjadi sebuah kebiasaan positif.  

Ketika Mama mengajarkan bahwa senyum termasuk bersedekah, tanpa disadari dapat memberikan pelajaran mengenai sedekah tidak hanya berbentuk uang. 

Senyum tak hanya bisa menjadi sedekah, namun dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, saat anak mama tersenyum dapat membantu kekebalan tubuhnya meningkat karena akan dijauhkan dari stres. 

Jika Mama perhatikan di channel YouTube Nussa Official pasti akan menemukan sebuah video yang berjudul "Senyum itu Sedekah", sehingga si Kecil bisa belajar banyak mengenai hal ini. Dalam video tersebut, Rarra memperlihatkan senyum indahnya kepada anak-anak lain dan mengingatkan bahwa senyum termasuk ibadah. 

Pesan dari Nussa: "Yang datang dari hari akan sampai pula ke hati. Bahagiakan saudara kita agar Allah bahagiakan kita." 

Editors' Picks

3. Belajar untuk berpuasa

Saat Ramadan tiba, ibadah puasa tidak hanya dijalani oleh orang dewasa saja. Anak-anak pun sejak dini, meskipun belum diwajibkan  sudah diajarkan untuk menjalankan ibadah puasa. 

Walau puasanya belum terlalu sempurna, orangtua perlu mempertimbangkan kondisi kesehatan dan kemampuan si Kecil ketika melatih untuk ikut berpuasa. 

Salah satu episode dari Nussa memperlihatkan Umma sedang berdiskusi mengenai puasa kepada anak-anaknya, mulai dari menjelaskan lamanya waktu puasa hingga memberikan toleransi bila Rarra hanya sanggup puasa setengah hari. Ini dikarenakan usia Rarra masih 5 tahun.  

Pesan dari Nussa: "Membiasakan ketaatan sedikit demi sedikit sejak dini, agar pada waktunya ketaatan jadi bisa lebih dinikmati."

4. Mengajarkan tentang adab tidur

Mama sudah sering memberikan contoh mengenai adab tidur kepada si Kecil belum nih?

Adab islami sebelum tidur seharusnya memang tidak ditinggalkan dan perlu dilakukan secara rutin oleh anak-anak agar menjadi sebuah kebiasaan positif. Adab tidur yang perlu diperhatikan seperti:

  • Selalu membaca basmallah.
  • Melakukan wudu sebelum tidur.
  • Membaca surah ayat kursi, Al Ikhlas, Al Falaq, An Nas.
  • Tidur menghadap kanan dan ke arah kiblat. 
  • Usahakan untuk tidak lupa berdoa sebelum tidur. 

Saat menonton Nussa, si Kecil akan kembali diingatkan mengenai tata cara yang perlu diperhatikan sebelum tidur. Tujuannya agar tidur bisa nyenyak dan terhindar dari segala mimpi buruk yang seringkali ditakuti oleh anak-anak. 

Pesan dari Nussa: "Karena tidur tak sekedar melepas lelah, tetapi juga bagian dari ibadah kepada Allah."

5. Mengingatkan mengenai adab makan

Walau usia anak mama masih terbilang kecil, namun tidak ada salahnya untuk memperkenalkan adab makan. Saat diperkenalkan sejak dini, secara tidak langsung dapat membantunya menjadikan ini sebuah kebiasaan positif. 

Melalui video Nussa kali ini, Mama bisa mengajarkan soal adab makan untuk mencari keberkahan dari ajaran Nabi seperti: 

  • Cuci tangan agar bersih. 
  • Baca bismillah sebelum makan.
  • Makan menggunakan tangan kanan.
  • Duduk saat sedang makan.
  • Biasakan dikipas saat makanan masih panas, bukan ditiup.
  • Minum dalam tiga tegukan.
  • Selalu mengakhiri aktivitas makan dengan alhamdulillah.

Jika Mama perhatikan semua video yang ada di dalam channel YouTube Nussa Official sangat bermanfaat untuk orangtua dan anak-anak. Ada banyak pembelajaran positif yang bisa diterapkan sebagai pendewasaan si Kecil ke depannya. 

“Animasi produksi rumah animasi The Little Giantz ini kami usung untuk menginspirasi ibu dan anak di Indonesia dengan konten-konten yang kami sesuaikan dengan ajaran agama Islam meliputi Surah Al Quran, maupun Hadist Nabi Muhammad SAW dengan menggunakan platform YouTube,” kata Sagita Ajeng Daniari sebagai Corporate Secretary Nussa Official di Miniapolis Plaza Indonesia (9/5/2019).

Selain itu, dirinya juga menjelaskan bahwa konten Nussa dikemas dengan animasi dan jalan cerita yang mudah dipahami oleh anak-anak untuk belajar dalam menyebarkan kebaikan sejak dini dan berbuat baik karena Allah SWT. Disabilitas bukanlah suatu kendala untuk anak mencapai cita-cita mereka pun tak lepas dari dukungan orangtua karena sumber utama pengetahuan dan semangat anak juga datang dari orangtua. 

Berbagai pembelajaran dari Nussa dan Rarra bisa didapatkan si Kecil dengan menonton berbagai konten-konten positif nih, Ma.

Semoga dengan semakin banyaknya konten positif bisa membantu anak mama tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. 

Mulai sekarang berikan tontonan positif kepada anak-anak yuk! 

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!