11 Rekomendasi Kado Natal Terbaik untuk Anak Preschool

Sebentar lagi Hari Natal akan tiba, jangan lupa beli kado ya Ma!

8 Desember 2021

11 Rekomendasi Kado Natal Terbaik Anak Preschool
Freepik/User18526052

Memasuki awal bulan Desember, Hari Natal menjadi perayaan yang ditunggu-tunggu oleh umat Nasrani di seluruh dunia. Hari Natal juga identik dengan tradisi keluarga untuk saling memberikan kado pada anggota keluarga.

Belanja kado untuk anak-anak, terutama untuk Hari Natal, umumnya mudah, karena anak biasanya menuliskan daftar hal-hal yang ia inginkan dan Mama dapat memilih dari daftar tersebut. 

Tetapi Mama mungkin mengalami kesulitan ketika ingin memberikan sesuatu yang unik dan tidak ada dalam daftar keinginan, atau anak belum menulis daftar keinginannya. Mama tak perlu khawatir, karena solusinya mudah.

Agar tidak bingung memilih kado Natal untuk anak, yuk lihat beberapa rekomendasi kado natal untuk anak preschoolyang telah Popmama.com rangkum di bawah ini!

1. Amazon Fire 8 Kids Edition

1. Amazon Fire 8 Kids Edition
techradar.com

Sesuai namanya, Amazon Fire 8 Kids Edition adalah tablet yang diperuntukkan untuk anak-anak.

Selain mudah digunakan, ada beberapa aplikasi dan video yang sudah diinstal sebelumnya, sehingga Mama tidak perlu untuk menghabiskan seluruh kuota untuk mengunduh atau bahkan membeli banyak permainan untuk anak.

Tablet anak-anak ini juga dilengkapi dengan Amazon FreeTime Unlimited, yang menyediakan akses ke lebih dari 13.000 game, aplikasi, video, dan buku sesuai usia.

2. Click N' Play Keyboard Play Mat

2. Click N' Play Keyboard Play Mat
dontwasteyourmoney.com

Ajak anak mama menjelajahi suara delapan instrumen, gitar, piano, klarinet, terompet, saksofon, biola, banjo, dan xylophone, dengan alas bermain yang menyenangkan ini.

Piano besar ini berukuran 70 x 29 inci dan memiliki 24 tuts. Selain untuk bermain musik, Keyboard Play Mat memiliki empat mode putar yang berbeda, yaitu putar, rekam, putar ulang, dan lagu demo.

Click N' Play Keyboard Play Mat ini adalah mainan yang praktis, karena menggunakan baterai untuk mengaktifkan fitur-fiturnya. Mainan berbentuk piano raksasa ini terbuat dari bahan vinil agar lebih tahan lama.

Anak tentunya akan akan senang membuat, memainkan, dan menyimpan musiknyam serta mengembangkan imajinasinya

3. Disney Princess Magical Tea Set

3. Disney Princess Magical Tea Set
Tokopedia.com

Setiap anak, khususnya perempuan suka bermain permainan minum teh bersama kumpulan bonekanya atau dengan saudara dan teman-temannya. Nah, jika anak mama salah satunya yang menyukai permainan ini, Mama bisa membelikannya Disney Princess Magical Tea Set 

Anak yang suka mengadakan pesta teh untuk teman nyata atau imajinernya akan senang dengan hadiah Disney Princess Magical Tea Set.

Set ini tidak hanya menampilkan lima princess yang paling populer, tetapi juga mengeluarkan suara air saat teko dimiringkan, dan memutar musik saat anak menekan mahkota di atasnya.

4. L.O.L Surprise!

4. L.O.L Surprise
Amazon.com

Ketika memiliki anak yang ingin berkreasi, maka Mama perlu menghargai dorongan itu dengan umpan balik positif sebanyak mungkin. Namun jika anak belum menunjukkan keinginan untuk berkreasi, perlengkapan seni dan perlengkapan kerajinan adalah langkah pertama untuk memulainya.

L.O.L Surprise! adalah sebuah tas jinjing berbentuk bulat yang memiliki halaman mewarnai hingga boneka kertas. Ini juga dilengkapi dengan lebih dari 300 stiker, krayon, spidol, dan lem glitter yang digunakan untuk mewarnai karakter L.O.L, atau untuk menulis di buku harian, membuat scrapbook dan lain-lain.

Karena dilengkapi dengan tas jinjing, perlengkapan ini bisa dibawa ke mana saja, dan anak dapat mengasah kreativitasnya di mana pun. Setelah selesai mewarnai, simpan semua proyek, stiker, dan perlengkapan seni dalam tas jinjing yang nyaman!

Editors' Picks

5. LEGO Super Mario Collaboration Set

5. LEGO Super Mario Collaboration Set
magazineluiza.com

Set LEGO selalu populer saat liburan, tetapi tahun ini hadiah Natal bisa menjadi lebih keren dengan set kolaborasi Super Mario. Dengan mainan ini, anak pra sekolah dapat membuat tantangan untuk Mario dan teman-temannya untuk berpetualang.

Menariknya lagi, anak juga bisa membuat permainan ini ke dunia digital, dengan cara memasangkannya pada aplikasi di ponsel atau tablet. Permainan yang menyatukan dunia nyata dan digital ini tentu akan lebih berkesan bagi anak-anak dan bagus untuk membangun keterampilan STEM juga.

6. Mega Block

6. Mega Block
Shopee.co.id

Blok bangunan adalah cara yang bagus untuk mendorong koordinasi motorik kecil, tetapi balok kayu klasik bisa menjadi berat atau berbahaya untuk tangan anak. Sebagai solusinya, Mama dapat memberikan anak kado natal berupa Mega Block.

Berbeda dari blok bangunan pada umunya, mainan ini terdiri dari blok bangunan yang berukuran besar dan terbuat dari plastik ringan berwarna-warni sehingga aman digunakan oleh anak-anak. Mega Block ini dapat disatukan bersama untuk membangun menara tinggi dan struktur lainnya.

Dalam satu set ini mencakup 80 blok, dan beberapa blok dengan bentuk melengkung. Serta tas berritsleting untuk memudahkan pembersihan dan penyimpanan.

7. Melissa & Doug Scratch Art Rainbow Mini Notes

7. Melissa & Doug Scratch Art Rainbow Mini Notes
Amazon.com

Saat membeli kado Natal berupa Melissa & Doug Scratch Art Rainbow Mini Notes ini, Mama akan mendapatkan 125 catatan mini pelangi yang mudah digunakan yang dapat digunakan anak-anak untuk mencatat, membuat sketsa atau coretan, membuat ilustrasi, atau desain yang keren

Catatan ini nantinya akan menampilkan warna-warna cerah yang tersembunyi di bawah lapisan matte berwarna hitam. Cara penggunaannya cukup mudah, anak hanya perlu menggunakan pensil kayu yang disertakan untuk membuat goresan sederhana

Permainan ini memiliki banyak manfaat, mulai dari membuat ilustrasi, memberi label pada barang, membuat proyek seni dan kerajinan, dan mengekspresikan diri secara bebas.

8. Piyama Tie Dye

8. Piyama Tie Dye
Ubuy.co.id

Walaupun hanya digunakan untuk sebagai baju tidur, piyama juga harus tetap menarik dan nyaman saat digunakan. Piyama juga harus memiliki bahan yang dingin, agar anak lebih nyaman saat tidur.

Tie dye menjadi salah satu tren pakaian kekinian, dari kalangan anak remaja, orang dewasa, hingga anak-anak sekalipun. Memiliki warna-warna yang menarik, dan motif tie dye yang berbeda satu sama lain membuat piyama tie dye menjadi rekomendasi kado Hari Natal yang tepat untuk anak.

Mama bisa memilih Piyama Tie Dye yang berbahan dasar Baby Terry agar nyaman, halus, lembut, dan adem untuk digunakan anak saat di malam hari. Selain untuk tidur, piyama bermotif tie dye ini juga bisa digunakan untuk berjalan-jalan karena motifnya yang unik.

9. Set Bowling dalam Ruangan

9. Set Bowling dalam Ruangan
Amazon.com

Cuaca yang tak menentu dapat menjadi masalah bagi anak-anak yang lebih menyukai bermain di luar rumah. Namun Mama tak perlu khawatir, buat anak terhibur selama musim hujan dengan mainan Set Bowling dalam ruangan.

Pin dan bola bowlingnya terbuat dari karet, jadi tidak ada kebisingan karena hiruk pikuk pin bowling yang berjatuhan.

Set bowling dalam ruangan juga dilengkapi dengan cara menyusun pin serta ransel plastik tembus pandang sehingga permainan dapat dengan mudah diangkut ke halaman rumput setelah cuaca bersahabat.

10. Starry Moon Lamp

10. Starry Moon Lamp
Amazon.com

Jika di tahun depan anak mulai akan belajar tidur sendiri kamarnya, Mama perlu menyediakan lampu tidur untuk membuatnya merasa nyaman saat tidur sendiri. Ada beragam jenis lampu tidur, namun salah satu yang menarik adalah Starry Moon Lamp.

Lampu ini memiliki efek pencetakan 3D yang menyerupai permukaan bulan. Menariknya, saat lampu dinyalakan, anak seolah-olah berada di depan galaksi yang indah, menghadirkan warna yang ajaib dan penuh warna.

Starry Moon Lamp memiliki 16 warna dan 4 Mode mulai dari warna berkedip secara halus, pudar, atau strobo. 

Cara penggunaannya pun mudah karena lampu ini sudah menggunakan kontrol sentuh untuk menghidupkan, mematikan, atau mengubah warna, dan menggunakan remot untuk mengubah warna atau kecerahan warna.

11. Tenda Terowongan Anak 3 in 1

11. Tenda Terowongan Anak 3 in 1
Blibli.com

Jika anak pernah menghabiskan waktu di taman bermain dalam ruangan, Mama tahu bahwa tenda dengan terowongan adalah tempat favorit untuk anak prasekolah. Namun jika taman bermain tersebut tidak dijaga kebersihannya dengan baik, tenda terowongan ini bisa jadi tempat penyebaran kuman.

Nah untuk menjaga kesehatan anak sambil membuatnya tetap terhibur, Mama dapat membuat 'taman bermain' versi sendiri, tentunya lebih aman dan bersih di rumah dengan Tenda Terowongan Anak 3 in 1. Menariknya lagi, di ujung terowongan anak juga ada kolam untuk bermain mandi bola.

Balita dan anak usia pra sekolah akan senang menjelajahi dua terowongan, dan dilengkapi dengan tas jinjing, sehingga Mama dapat melipatnya dan menyimpannya saat tidak digunakan.

Nah itulah, 11 ide kado Natal untuk anak preschool. Penting untuk mempertimbangkan kado dari segi kebutuhan anak, edukasi, dan kenyamanan anak selama di rumah. Pilihlah kado-kado Natal yang sesuai minat dan usia anak agar dapat bermanfaat untuknya setiap hari.

Mau pilih kado Natal yang mana, Ma?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.