Libur Akhir Pekan, 7 Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Jakarta

Di Jakarta banyak tempat wisata yang seru dan mengedukasi anak

14 November 2020

Libur Akhir Pekan, 7 Rekomendasi Tempat Wisata Anak Jakarta
Freepik/Lookstudio

Setelah seminggu menjalankan rutinitas, mungkin rasanya Mama ingin mengajak anak untuk berekreasi dan bermain-main saat akhir pekan. Namun sayangnya, ketika ingin berlibur ke luar kota Mama hanya memiliki waktu yang terbatas, belum lagi merasakan macetnya.

Tapi Mama jangan khawatir dulu ya! Karena bagi Mama yang tinggal di Jakarta, sudah banyak pilihan tempat wisata yang cocok untuk membawa anak rekreasi di akhir pekan. Sehingga Mama dan keluarga tidak perlu jauh ke luar kota.

Kira-kira mana saja tempat wisata di Jakarta yang ramah anak?

Berikut ini Popmama.com akan mengulas 7 rekomendasi tempat wisata anak di Jakarta. Yuk dicek daftarnya!

1. Skyworld Taman Mini Indonesia Indah

1. Skyworld Taman Mini Indonesia Indah
Lakupon.com

Saat masih kecil tidak sedikit anak yang bercita-cita menjadi astronot. Tidak perlu menunggu hingga dewasa, karena anak bisa merasakan jadi seorang astronot di Skyworld Taman Mini Indonesia Indah. Ketika masuk ke ruang pamernya, anak bisa langsung berfoto bak seorang astronot.

Kemudian anak juga akan dibuat kagum dengan replika roket yang berukuran raksasa. Tak hanya itu saja, karena di area atasnya anak bisa mencoba control room seperti di dalam pesawat roket sungguhan. Di sana juga ada beberapa pajangan tentang perjalanan astronot hingga tatanan tata surya,

Setelah itu juga ada dua wahana yaitu Planetarium dan Cinema 5D. Pada wahana Cinema 5D, Mama dan anak akan merasa sedang terbang dan menjelajahi ruang angkasa. Jika sudah bosan, anak bisa bermain trampoline, wall climbing, seluruncuran, dan ayunan, di area playground nya.

Ingin bermain air? Di Skyworld Taman Mini Indonesia Indah juga tersedia mini waterpark yang sayang jika dilewatkan! Tidak perlu takut harus membayar tiket lagi karena sudah termasuk ke dalam tiket Skyworld.

Skyworld ini dibuka setiap hari Senin-Kamis pukul 09.00-17.00WIB, Sabtu, Minggu, dan hari libur pukul 08.00-17.00WIB, dan tutup pada hari jumat. Dengan tiket masuk seharga Rp.80.000/orang.

2. J-Sky Ferris Wheel

2. J-Sky Ferris Wheel
Klook.com

Ingin mencoba bianglala yang tertinggi di Indonesia? Yuk coba anak mengunjungi bianglala bernama J-SKY yang berada di area rooftop bangunan berlantai tiga AEON Mall Jakarta Garden City. Bianglala ini memiliki diameter 50 meter dengan puncak tertingginya lebih dari 100 meter dari permukaan tanah.

Terdapat 32 gondola yang bisa Mama pilih, dengan kapasitas maksimal 6 orang pergondola. Tidak perlu khawatir tentang kenyamanannya, karena setiap gondola dilengkapi dengan penyejuk udara. Bahkan ada dua gondola yang khusus menggunakan sofa kulit yang empuk.

Untuk keamanannya, bianglala dengan LCD raksasa ini dibangun dengan menggunakan material yang dibawa langsung dari Jepang dan juga diklaim tanah gempa.

Jika ingin merasakan naik gondola J-Sky ini, Mama bisa mengunjungi AEON MALL Jakarta Garden City, RT.8/RW.6, Cakung Tim., Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13470. Harga tiketnya pun variatif, dari Rp.50.000-Rp.300.000,-

Editors' Picks

3. Jakarta Aquarium

3. Jakarta Aquarium
Explorewisata.com

Tahu tidak Ma, kalau saat ini Mama bisa ajak anak melihat kehidupan bawah laut hanya di dalam mall? Sebuah akuarium besar berisi aneka jenis ikan langsung menyambut saat pertama kali masuk ke Jakarta Aquarium.

Di sini memang dibagi menjadi beberapa bagian berdasarkan kategori ikannya. Menariknya, ada sebuah akuarium berbetnuk lorong dimana Mama dan anak bisa masuk ke dalamnya dan melihat lingsang yang lincah dari dekat.

Saat anak sudah tertarik dengan hewan-hewan laut, segera ajak ke area touch pool. Di area ini, anak dapat menyentuh hewan laut. Lalu jangan melewatkan feeding time saat pada penyelam masuk ke dalam akuarium untuk memberi makan ikan.

Selain menyenangkan, anak juga bisa menambah pengetahuan mereka. Yuk Ma, kunjungi Jakarta Aquarium yang terletak di Neo SOHO Floor LG 101 – LGM 101, Jl. Letjen S. Parman Kav. 28. Jakarta Barat, 11470, dengan tiket masuk yang berkisar antara Rp.125.000-Rp.200.000,-

4. Trans Studio Cibubur

4. Trans Studio Cibubur
Travelspromo.com

Ketika khawatir dengan cuaca yang berubah-ubah, indoor theme park bisa menjadi solusinya. Maka Mama bisa mengajak anak bermain di indoor theme park terbesar di Indonesia, yang lokasinya di Trans Studio Cibubur.

Terdapat wahana Jurassic Island di mana anak akan diajak berpetualang di antara dinosaurus dan menyelamatkan diri dari rekayasa genetika yang mengancam mereka. Penggunaan efek cahaya, suara, dan teknologi 4D, dapat membuat petualangan menjadi lebih nyata.

Tak hanya itu saja, ada area snow playground yang membuat anak seperti sedang berlibur di negara Swiss. Jadi pastikan anak mengenakan baju hangat sebelum main di area ini ya, Ma!

Jika Mama tertarik mengunjungi Trans Studio Cibubur maka datanglah ke lokasinya di Jalan Alternatif Cibubur No.230, Harjamukti, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, dengan membayar tiket yang berkisar dari Rp.300.000,-Rp.400.000 untuk merasakan seluruh permainannya.

5. Houbii Urban Adventure Park

5. Houbii Urban Adventure Park
Yuniarinukti.com

Di Houbii Urban Adventure Park, anak bisa merasa bebas melompat di atas trampoline setinggi-tingginya. Selain area trampoline yang luas, anak bisa merasakan sebanyak 42 tantangan di area High Rope Course untuk menguji keseimbangan dan ketangkasannya.

Selain itu juga ada area Ninja Course Obstacles yang akan mengajak pengunjung untuk berkompetisi menyelesaikan tantangan secepat mungkin. Jika ingin melatih keberanian anak, ada tantangan X Slide yang membawanya meluncur dari ketinggian 7 meter dengan sudut kemiringan 90 derajat.

Walaupun cukup ekstrim namun Houbii Urban Adventure Park ini didesain untuk digunakan pengunjung dari berbagai usia. Bahkan anak yang berusia 1,5 tahun juga bisa bermain di sini. Meskipun keselamatan dan keamanan pengunjung menjadi perhatian di sini, namun Mama tetap harus mengawasi anak ya!

Mama bisa mengunjungi tempat wisata ini yang berlokasi di Jl. Metro Pondok Indah Blok BB No.3, RT.1/RW.16, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12310, dengan cukup membayar tikete sebesar Rp.225.000 perorang nya.

6. The Cat Cabin

6. The Cat Cabin
Thecatcabinjakarta.com

Jika Mama dan keluarga senang dengan hewan berbulu yang satu ini, tidak lengkap jika akhir pekan belum pergi ke The Cat Cabin. Di sini, Mama dan anak-anak bisa bermain dan memeluk kucing-kucing yang menggemaskan, sekaligus menikmati berbagai makanan yang disediakan.

Kafe ini juga dijamin kebersihan dan kehigenisannya, demikian pula dengan kucing yang ada di sana. Karena mereka sudah divaksinasi dan dimandikan secara rutin, sehingga Mama tidak perlu khawatir. Anak pun bisa berinteraksi langsung dengan beragam jenis kucing di kafe ini.

Di The Cat Cabin ada sejumlah kucing yang sangat manja, namun juga ada yang masih malu-malu berinteraksi. Namun jika sudah ada kedekatan, mereka bisa menjadi teman bulu yang menyenangkan lho!

Tertarik mengunjungi The Cat Cabin? Datangi lokasinya di v Jl. Kemang Raya No.31, RT.13/RW.1, Bangka, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12720. Untuk bermain bersama kucing-kucing di sana, harga tiketnya berkisar dari Rp.50.000-Rp.70.000.

7. Kidzania

7. Kidzania
Kopermini.com

Ingin melihat minat anak di dunia kerja? Tidak perlu lagi menunggu hingga usia dewasa, cukup ajak anak ke Kidzania Jakarta, yang secara khusus didesain dan dibangun agar anak bisa bermain dengan profesi tertentu.

Anak bisa merasakan menjadi seorang dokter, pilot, pekerja bank, aktor, penyanyi, polisi, ilmuwan, arkeolog, petugas pemadam kebakaran, dan masih banyak lagi. Kurang lebih ada 60 profesi yang bisa anak coba perankan di Kidzania.

Selain itu, tempat ini juga dibangun seperti menggambarkan kota secara nyata, namun dengan skala yang lebih kecil untuk anak-anak. Tempat ini dilengkapi dengan jalan raya, serta fasilitas kota seperti rumah sakit, supermarket, salon, bioskop, pabrik dan banyak lagi lainnya.

Jika Mama dan anak ingin mengunjungi Kidzania saat akhir pekan nanti, maka kunjungi lokasinya di Pacific Place, SCBD L6 – 601, Jl. Jend Sudirman Kav 42-53, Jakarta Selatan 12190, dan cukup membayar tiket yang berkisar antara Rp.50.000-Rp.295.000,-

Nah itu dia Ma, 7 rekomendasi tempat wisata anak di Jakarta yang bisa Mama kunjungi saat akhir pekan nanti. Dari 7 tempat wisata di atas mana yang ingin Mama kunjungi?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.