Yuk Mengenal Paus Biru! Ini Ciri, Habitat, Makanan, dan Populasinya

Yuk ajak si Kecil mengenal mamalia laut dan hewan terbesar di dunia ini!

22 Mei 2022

Yuk Mengenal Paus Biru Ini Ciri, Habitat, Makanan, Populasinya
Smithsonianmag.com

Tahukah anak hewan apa yang paling besar di dunia?

Yup, jawabannya adalah paus biru!

Paus biru merupakan mamalia laut dan hewan terbesar yang pernah diketahui hidup di Bumi. 

Mamalia laut yang luar biasa ini menguasai lautan dengan panjang hingga 30 kaki dan lebih dari 200 ton! Lidah paus biru saja bahkan bisa seberat gajah, dan hati mereka, seberat mobil.

Memiliki tubuh yang sangat besar, kira-kira apa ya makanan paus biru?

Yuk bantu si Kecil lebih dekat mengenal paus biru, ciri, habitat, makanan, dan populasi, yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini!

1. Ciri-ciri fisik paus biru

1. Ciri-ciri fisik paus biru
antarctica.gov.au

Nama ilmiah paus biru adalah 'Balaenoptera musculus'. Saat ini ada empat subspesies paus biru, yang diakui oleh Society for Marine Mammalogy’s Committee on Taxonomy.

Paus biru memiliki tubuh yang panjang, ramping, berbintik-bintik biru keabu-abuan, tetapi mereka cenderung berwarna biru di bawah air. Pola bintik-bintik ini sangat bervariasi dan khas, agar mudah membedakan masing-masing individu.

Panjang mamalia terbesar ini mencapai 31 meter yang didokumentasikan oleh Komite Penemuan. Namun, individu paus biru terpanjang yang diukur secara ilmiah adalah 29,9 meter.

Panjang paus biru betina lebih besar dari jantan. Dilansir dari Vedantu, karena kendala metabolisme dan energi, paus biru tidak dapat melebihi lebih dari 33 meter.

Ketika kita melihat paus biru yang sangat besar, pertanyaan pertama yang muncul di otak si Kecil mungkin adalah “Berapa berat paus biru?”

Namun setiap jenis paus biru memiliki berat yang berbeda. Misalnya Di wilayah Belahan Bumi Utara, paus biru jantan memiliki berat rata-rata 100 ton, dan betina memiliki berat 112 ton. 

Kemudian di Pasifik Utara Timur, paus biru jantan memiliki berat rata-rata 88,5 ton, dan betina memiliki berat 100 ton. Lalu di wilayah Antartika, jantan memiliki berat rata-rata 112 ton dan betina memiliki berat rata-rata 130 ton.

Sama seperti panjangnya, bobot paus biru betina selalu lebih banyak daripada jantan.

Berat paus biru terbesar adalah 190 ton paus biru betina yang diburu di Samudra Selatan, Antartika pada 20 Maret 1947. Berat paus biru terbesar ini bahkan setara dengan sekitar 30 gajah atau 2.500 orang!

Editors' Picks

2. Habitat paus biru

2. Habitat paus biru
divemagazine.com

Jika ingin melihat paus biru ini tentu tak mudah, karena anak perlu mengunjungi semua lautan, kecuali Kutub Utara. 

Mereka biasanya bermigrasi antara tempat mencari makan di musim panas dan tempat berkembang biak di musim dingin secara musiman, meskipun beberapa bukti menunjukkan bahwa mereka tinggal sepanjang tahun di beberapa daerah.

Penyebaran dan informasi pergerakan ikan besar ini bervariasi menurut wilayahmya, dan rute migrasi tidak diketahui dengan jelas. Namun biasanya, penyebaran paus biru biasanya dipengaruhi terutama oleh ketersediaan makanan.

3. Makanan paus biru

3. Makanan paus biru
en.wikipedia.org

Membahas tentang makanan ikan paus biru, si Kecil mungkin bertanya-tanya, apakah makanan hewan sebesar ini?

Namun ia mungkin akan terkejut saat mengetahu bahwa ikan paus biru yang begitu besar mempunyai makanan utama yang sangat kecil, yaitu 'Krill", makhluk kecil mirip udang. Terkadang, ikan dan copepoda (krustasea kecil) bisa menjadi bagian dari makanan paus biru.

Ketika paus biru mencari makanan, mereka menyaring pakan dengan berenang dengan mulut terbuka ke arah kumpulan besar krill, kemudian memaksa air dengan lidah keluar dari mulut mereka sambil menahan krill yang terperangkap di dalam piring balin mereka.

4. Populasi paus biru

4. Populasi paus biru
Worldwildlife.org

Saat ini, di bawah Undang-Undang Spesies Terancam Punah, paus biru terdaftar sebagai terancam punah. Serangan kapal dan terjerat alat tangkap merupakan ancaman utama yang dihadapi paus biru saat ini.

Tak hanya itu, paus biru secara signifikan berkurang akibat kegiatan perburuan paus komersial secara global.

Kepadatan global populasi paus biru diperkirakan 10.000-25.000 paus biru, sekitar 3-11 persen dari perkiraan ukuran populasi pada tahun 1911.

5. Ancaman utama terhadap populasi paus biru

5. Ancaman utama terhadap populasi paus biru
science.org

Sebagian besar ancaman yang membahayakan populasi paus biru bersifat Antropogenik, yaitu ancaman buatan manusia. Masih dilansir dari Vedantu, berikut ini adalah beberapa ancaman yang membahayakan populasi paus biru:

Serangan kapal

Serangan kapal dapat melukai atau membunuh paus biru. Serangan kapal di seluruh jangkauan, telah membunuh paus biru, tetapi di beberapa daerah pesisir dengan lalu lintas kapal yang padat, risikonya bahkan lebih besar.

Sembilan paus biru dilaporkan telah terbunuh di California oleh serangan kapal antara 2007 dan 2010. Sebelas paus biru terbunuh oleh serangan kapal di sekitar Sri Lanka antara 2010 dan 2012, dan setidaknya dua pada 2014.

Terjerat

Dalam alat tangkap, paus biru dapat terjerat, baik berenang dengan alat terpasang atau ditambatkan. Dalam beberapa jenis peralatan yang berbeda, termasuk perangkap, pot, dan jaring insang, paus biru dapat terjerat.

Ketika terjerat, paus dapat menyeret dan berenang untuk jarak jauh dengan peralatan yang terpasang di tubuhnya.

Tetapi ini akhirnya bisa menyebabkan kelelahan, penurunan kemampuan makan, atau cedera serius, yang dapat menyebabkan penurunan keberhasilan reproduksi dan kematian.

Kebisingan laut

Paparan suara dapat menghasilkan berbagai respons perilaku, seperti menutupi rentang kontak paus biru.

Plastik

Bukan rahasia umum lagi bahwa sampah plastik di lautan bisa menyebabkan satwa lautan 'terjerat' bahkan mengonsumsinya. Sebagai hasil dari aktivitas filter makanan, paus juga rentan terhadap konsumsi plastik.

Nah itulah beberapa informasi untuk lebih dalam mengenal paus biru, ciri, habitat, makanan, dan populasi. Dengan menambah pengetahuan si Kecil tentang paus biru serta ancaman populasinya, ini dapat menyadarkan anak-anak untuk tidak membuang sampah plastik di laut.

Selain menjaga kebersihan itu baik, ini juga mengajarkan anak bahwa ini adalah tanggung jawab manusia untuk menyayangi dan melindungi paus biru dan makhluk hidup lainnya agar tidak punah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk