Memperingati Hari Anak Nasional, Ajak si Kecil Lakukan Kegiatan Ini

Salah satunya dengan memasak bersama, menyenangkan bukan, Ma?

26 Juli 2019

Memperingati Hari Anak Nasional, Ajak si Kecil Lakukan Kegiatan Ini
Dok. Tokopedia

Kasih sayang yang paling tulus adalah kasih sayang antara Mama dan anak. Namun, saat ini banyak sekali perempuan yang memutuskan bekerja sehingga waktunya untuk anak harus terbagi dua.

Padahal, mendekatkan diri dengan anak merupakan hal penting agar dapat membangun hubungan yang erat. 

Dalam peringatan Hari Anak Nasional 23 Juli 2019 lalu, apa saja yang sudah Mama dan si Kecil lakukan dalam memperingati HAN?

Di hari pentingnya ini, banyak kegiatan yang bisa Mama manfaatkan untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama si Kecil, lho. Kira-kira apa saja ya, Ma?

Yuk, simak 4 kegiatan menarik yang bisa Mama lakukan bersama si Kecil.

1. Memasak bersama si Kecil

1. Memasak bersama si Kecil
Dok. Tokopedia

Makan bersama tentunya sudah biasa, bagaimana jika melibatkan si Kecil dalam menyiapkan makanan tersebut?

Memasak bersama merupakan salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan dalam memperingati Hari Anak Nasional.

Mama juga dapat mengajak si Kecil pergi berbelanja bahan makanan hingga menyiapkan meja makan. Kegiatan ini juga dapat mengajarkan anak berbagai makanan yang sehat dan penuh nutrisi lho, Ma.

Fidhia Almaida, Senior Social Media Analyst di Tokopedia merupakan salah satu Mama yang senang melakukan kegiatan ini bersama anaknya. Menurutnya, di tengah kesibukan bekerja, kegiatan memasak merupakan kegiatan yang dapat melepaskan stres dan membuatnya mengenal si Kecil lebih dekat dan personal.  

“Selain dapat menyalurkan hobi dalam mencoba berbagai resep, saya juga dapat mengikutsertakan anak saya mulai dari proses memasak dan menjadikan itu sebagai kegiatan bermain,” ujar Fidhia.

Kegiatan ini selain untuk mengedukasi anak dalam memasak, juga dapat membangun kedekatan antara Mama dan anak, lho. Sudah mencobanya, Ma?

Editors' Picks

2. Membacakan cerita kesukaannya

2. Membacakan cerita kesukaannya
Dok. Tokopedia

Ditengah kesibukan jadwal orangtua, kegiatan membacakan cerita atau dongeng saat ini mungkin sudah jarang sekali dilakukan. Terlihat sangat kuno namun sebenarnya si Kecil sangat menantikan kegiatan ini, Ma.

Indri Yuanita, seorang Mama sekaligus Head of Business Payment di Tokopedia masih rutin melakukan kegiatan ini pada anaknya. Walaupun sudah merasa lelah, Indri masih tetap membacakan cerita untuk anaknya setiap pulang kantor.

Menurut Indri, “Melalui bercerita, anak saya tumbuh menjadi anak yang pengertian dan perhatian kepada kedua orangtuanya. Setiap sore hari, setelah bermain dengan Papanya, anak saya selalu bercerita mengenai kegiatan yang dilakukannya di hari itu, kemudian meminta saya untuk membacakan dongeng favoritnya.”

Dengan kegiatan membacakan cerita pada anak, orangtua juga dapat melakukan percakapan yang dapat membuat anak menjadi sosok yang lebih terbuka terhadap mereka. Menyenangkan sekali kan, Ma? 

3. Melibatkan anak untuk melakukan pekerjaan rumah

3. Melibatkan anak melakukan pekerjaan rumah
Dok. Tokopedia

Jika biasanya Mama melakukan kegiatan rumah seperti menyiram tanaman, membersihkan perabotan rumah tangga, hingga mencuci sendri. Mungkin mengajak si Kecil untuk melakukan ini akan terlihat lebih menyenangkan dan tidak akan membosankan tentunya.

Novy Shintia Ningrum, Senior Lead Transaction Tokopedia yang merupakan seorang Mama ternyata selalu mengajarkan disiplin dan tanggung jawab pada anaknya.

Novy tidak menjadikan kesibukan bekerja sebagai alasan untuk melupakan perannya sebagai seorang Mama secara maksimal. Menurutnya, orangtua bisa memanfaatkan kegiatan apapun di rumah untuk membangun waktu berkualitas bersama anaknya.

Kegiatan seperti ini bisa dimulai dengan hal kecil seperti memintanya untuk merapikan mainannya sendiri, hingga membantu menyiram tanaman bersama.

Buat kegiatan ini semenyenangkan mungkin ya, Ma. Agar si Kecil tetap merasa senang dan tidak bosan saat melakukannya.

4. Berolahraga di lingkungan terbuka

4. Berolahraga lingkungan terbuka
Dok. Tokopedia

Kegiatan yang satu ini mungkin sedikit sulit untuk dijadikan kegiatan sehari-hari. Namun, momen Hari Anak Nasional dapat juga dimanfaatkan untuk mengajak anak berolahraga di lingkungan terbuka.

Banyak orangtua yang sudah merasakan manfaat dari berolahraga di lingkungan terbuka dengan si Kecil. Salah satunya adalah Tyas Wibawanti, Head of People Department Tokopedia. Menurut Tyas, sibuk bekerja tidak membuat Tyas kehilangan waktu bersama sang buah hati.

“Setiap ada waktu untuk bermain bersama anak, saya akan benar-benar fokus ke dia, saya akan tinggalin hp saya jauh-jauh. Selain sehat, setidaknya agar anak tidak terbiasa untuk main game di smartphone saja. Dengan berolahraga pun saya merasa menjadi semakin dekat dan akrab dengan anak saya,” ujar Tyas.

Jika kegiatan olahraga terlihat sangat membosankan, Mama juga bisa mengajaknya melakukan dance, fun marathon, dan outbond yang tentunya dapat menarik perhatian anak untuk berolahraga. Selain sehat, menghirup udara segar tentunya penting untuk perkembangan anak.

Itulah 4 kegiatan menarik yang bisa Mama lakukan bersama si Kecil. Merayakan Hari Anak Nasional di tengah kesibukan orangtua ternyata bukan hal yang sulit kan, Ma? 

Tetapi, tidak hanya 4 kegiatan diatas saja, Mama juga bisa mengikutsertakan si Kecil untuk melihat kegiatan di tempat kerja.

Saat ini sudah banyak pekerjaan yang menyediakan tempat bermain atau Kids Room di kantor mereka. Hal ini berguna agar para orangtua yang tidak bisa meninggalkan anaknya sendiri dirumah bisa dengan tenang mengikutsertakan mereka ke tempat kerja.

Dengan begitu, orangtua bisa menikmati waktu berkualitas dengan anak sambil bekerja. Terdengar menyenangkan, bukan? Di tempat Mama bekerja sudah menyediakan tempat seperti itu belum, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.