Masih 4 Tahun, Anak Hilyani Hidranto Dibiasakan Hidup Sehat dan Aktif Olahraga Sejak Kecil

Aktivitas fisik mulai dari gimnastik hingga pound fit anak sudah digeluti anak Hilyani lho!

13 Januari 2021

Masih 4 Tahun, Anak Hilyani Hidranto Dibiasakan Hidup Sehat Aktif Olahraga Sejak Kecil
Popmama.com/Michael Andrew
Millennial Mama of the Month Edisi Januari 2021: Hilyani Hidranto

Hidup sehat dan berolahraga tentunya penting untuk tubuh seseorang. Kebiasaan yang sehat biasanya akan membuat segala hal yang ada dalam hidup bisa lebih teratur dan disiplin. Nilai disiplin dalam hidup sehat rupanya dipegang teguh Hilyani Hidranto, seorang trainer Pound Fit sekaligus Millennial Mama of The Month Januari 2021 dari Popmama.com.

Melalui wawancara eksklusif, Hilyani menceritakan jika ia sudah membiasakan aktivitas fisik anak semata wayangnya, Alula (4) sejak kecil. Kini meski masih di bawah 5 tahun, Alula sudah terbiasa melakukan berbagai aktivitas olahraga.

"Alula kan baru 4 tahun, sebenarnya dari dia mulai jalan dan mulai aktif itu sudah kita biasakan untuk terus bergerak misalnya dibawa ke taman untuk lari-lari. Jadi dari kecil dia sudah dibiasain aktif bergerak," jelasnya.

Bagaimana Hilyani Hidranto bisa mengajarkan kebiasaan olahraga dan hidup sehat kepada anak dimulai sejak dini? Berikut Popmama.com rangkum cerita lengkapnya.

1. Melihat orangtuanya aktif, anak juga mengikuti jejaknya

1. Melihat orangtua aktif, anak juga mengikuti jejaknya
Instagram.com/hilyanihidranto

Menurut perempuan berusia 38 tahun ini, anak pertamanya bisa menjadi pribadi yang aktif dan senang olahraga karena berkaca dari sosok dirinya. Oleh karenanya, ia berpesan kepada orangtua di luar sana yang ingin anaknya juga gemar olahraga agar orangtuanya juga menyukai olahraga.

"Tips paling ampuh tentu Mamanya harus suka olahraga juga, karena anak pasti akan melihat. Kayak Alula selalu lihat saya pound fit. Dia melihat saya sering ngajar. Jadi dia mikirnya as good for my mom, pasti baik untuk dia juga," tutur Hilyani.

Jadi tahap pertama yang mesti Mama lakukan tentunya mengenalkan tentang olahraga yang ingin ditekuni anak. Lebih baik lagi jika orangtuanya juga memberi contoh. 

"You have to do it first, kasih contoh dulu, do it together, pasti anaknya akan lebih suka dan tertarik nantinya," jelasnya.

Editors' Picks

2. Tegas soal aturan yang boleh atau tidak di makan anaknya

2. Tegas soal aturan boleh atau tidak makan anaknya
Popmama.com/Michael Andrew
Millennial Mama of the Month Edisi Januari 2021: Hilyani Hidranto

Selanjutnya, Hilyani juga bercerita jika Alula sampai umurnya 4 tahun belum pernah mencoba minuman bersoda. Meski kadang teman-teman Alula sudah menawarkan dulu ketika di taman bermain, Alula sudah bisa mengkondisikan dirinya untuk menolak.

"Alhamdullilah dia sampai sekarang belum pernah coba soda sih, masih air putih dan jus, belum boleh dikenalin dengan soda. Ada temannya di playgroup yang memang sudah dibolehin minum soda dan ditawarkan. Tapi karena dia tahu minum soda hanya boleh dilakukan Mama dan Papanya, jadi sampai sekarang masih terbawa," jelas Hilyani.

Kebiasaan itu sudah diterapkan dan ditanamkan Hilyani di rumah mereka. Berkat aturan yang sudah tegas dari awal itu, Alula soal makanan yang dilarang selalu mengikuti perkataannya. 

"Jadi dia tidak pernah minta dan tidak pernah mau kalau ditawarkan karena dia masih bisa nolak, dia jawabnya "no, its for Mama and Daddy' gitu," pungkas Hilyani. 

Dijelaskan Hilyani juga kalau dari kecil anaknya sudah dibiasakan makan sayur dan makanan sehat lainnya. Tentunya itu bisa dilakukan Alula karena hidup sehat yang dijalani Hilyani dan suaminya.

3. Ketika sudah disukai, rutinitas olahraga bukan beban bagi anaknya

3. Ketika sudah disukai, rutinitas olahraga bukan beban bagi anaknya
Instagram.com/hilyanihidranto

Diakui Hilyani meski masih dibawah umur 5 tahun, Alula sudah aktif diberbagai kegiatan fisik. Saat ini yang ditekuni anaknya itu ada dua yakni gimnastik dan pound fit untuk anak. 

Namun, untuk kelas gimnastik saat ini harus tertunda karena pandemi. Menurut Hilyani Alula adalah anak yang cocok ditempatkan untuk kegiatan fisik yang aktif secara berkelompok.

"Tapi untuk sekarang-sekarang ini kayak tahun lalu sebelum pandemi dia udah ikut kelas gimnastik. Jadi emang anaknya aktif dan harus ditaruh di kelas-kelas yang bikin gerak, salah satunya kelas gimnastik itu yang cocok sama dia," tutur Hilyani. 

Ia bersyukur kalau disekitar rumahnya terdapat banyak fasilitas untuk mendukung anaknya kini tetap aktif tanpa perlu bertemu orang banyak.

"Terus di perumahan saya ada kolam berang, jadi dia dari dulu sudah aktif untuk main air dan segala macam. Kegiatan yang masih rutin adalah renang, sama sekarang ditambah pound fit online untuk anak-anak. Dia sudah mulai seminggu sekali, padahal bukan saya yang ajak," ceritanya.

Kebiasaan aktif sejak kecil ini membuat Hilyani sadar bahwa memang kebiasaan sehat harus ditularkan dari orangtuanya. Bukan hanya sekedar menyuruh anak.

4. Terhalang pandemi, kegiatan olahraga Alula bisa dilakukan di rumah

4. Terhalang pandemi, kegiatan olahraga Alula bisa dilakukan rumah
Popmama.com/Michael Andrew
Millennial Mama of the Month Edisi Januari 2021: Hilyani Hidranto

Selama pandemi Hilyani dan Alula kerap berolahraga bersama di rumah. Dijelaskannya jika ia dan sang Anak kerap melakukan aktivitas fisik berbeda beberapa hari sekali.

"Kalau olahraga, memang saya dan Alula yang sering selali bareng. Misal kalau berenang pasti ada saya, kalau pound fit juga. Kalau Papanya jarang karena dia juga aktif masih aktif basket dan dulu (sebelum pandemi) sering bepergian," tutur Hilyani.

Suami Hilyani bernama Arki Wisnu (32) merupakan atlet basket nasional yang saat ini masih aktif. Meski Alula dan Papanya ini jarang berolahraga bersama karena jadwal latihan, ketika Alula sudah lebih dewasa mungkin saja ia akan menambah cabang olahraga baru. Karena sang Papa ingin juga mengajari anaknya itu bermain basket.  

"Aktivitas menemani Alula olahraga suami tidak terlalu ikut campur, nanti kalau sudah bisa diajarkan main basket mungkin akan lebih sering (olahraga bersama), tapi belum saat ini," tutur Hilyani. 

Itulah tadi cerita Hilyani Hindranto soal mengajarkan disiplin hidup sehat sejak dini kepada anaknya. Semoga cerita Hilyani ini bisa menjadi inspirasi Mama ya!

#MillennialMama of the Month Edisi Januari 2021 – Hilyani Hidranto

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Lifestyle Editor - Onic Metheany  
Reporter – FX Dimas Prasetyo, Putri Syifa Nurfadilah
Social Media - Irma Erdiyanti
Art Designer – Aristika Medinasari
Photographer - Michael Andrew

#MillennialMama of the Month

Hilyani Hidranto
Millennial Mama

Hilyani Hidranto

"Pandemi membuat saya sadar bahwa punya tabungan itu penting"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.