Awalnya Hanya Cacar Air! Kemudian Anak 4 Tahun Ini Terkena Stroke

Padahal ini bisa dicegah dengan vaksin lho, Ma

7 Desember 2018

Awal Ha Cacar Air Kemudian Anak 4 Tahun Ini Terkena Stroke
Dailymail/tracyfuller

Melihat anak bisa berjalan memang menjadi salah satu momen yang paling ditunggu.

Namun bagaimana jika Mama harus melihat langkah pertama si Kecil, untuk yang kedua kalinya?

Itulah yang terjadi pada Sophie Fuller, yang di usia 4 tahun harus belajar berjalan lagi untuk yang kedua kalinya. Ya, anak cantik ini harus berusaha keras untuk bisa berjalan lagi, setelah terserang cacar air dan berakhir dengan stroke.

“Stroke? Bukannya itu penyakit yang sering menyerang orang dewasa atau bahkan lansia?” Pertanyaan seperti ini mungkin muncul di benak semua orangtua.

Namun faktanya, Sophie yang masih berusia 4 tahun ternyata bisa terkena stroke juga.

Menurut dokternya, kerusakan otak Sophie bersifat permanen dan ia menyebut kasus Sophie tergolong sangat langka. Tim dokter bahkan tidak percaya ini sungguh terjadi.

Bagaimana kisah Sophie selengkapnya? Dilansir dari Daily Mail, yuk, simak kisah inspiratif di bawah ini.

Diawali dengan cacar air

Diawali cacar air
Dailymail/tracyfuller

Edwin Fuller, 32, ayah Sophie, yakin ada yang tidak beres dengan putrinya saat ia melihat Sophie terjatuh dari tempat tidur karena kejang.

“Saat melihat Sophie seperti itu saya panik dan bilang ‘Sophie pasti mengalami stroke’ sungguh membuat hati saya hancur,” ingat Tracy Fuller, 33, ibu Sophie.

Tak lama setelah itu ambulans datang dan membawa Sophie ke Royal Hospital for Children. “Kami menjadi saksi atas semua hal yang terjadi pada Sophie. Tim medis meminta saya untuk terus mengajaknya bicara,” ujar Tracy, yang juga ibu dari Courtney, 15, dan Connor, 17.

Kerusakan otak permanen

Kerusakan otak permanen
Dailymail/tracyfuller

“Dari hasil MRI terakhirnya di bulan Oktober, diketahui terjadi kerusakan otak permanen dan pembuluh darahnya masih sangat sempit,” ujar Tracy Fuller, 33, ibu Sophie.

Sophie harus melakukan pemeriksaan MRI setiap 6 bulan, dan dokter masih saja tidak yakin kalau pembuluh-pembuluh di otaknya akan kembali ke ukuran normal lagi.

“Sophie akan selalu memiliki risiko. Kami menjaganya di kamar tidur kami, dan kami tidak akan membiarkan dia tidur sendiri. Kami hidup dalam ketakutan, kami terus memastikan dia masih bernapas. Beruntung kami adalah keluarga yang kuat dan memiliki banyak sekali pendukung,” tambahnya.

Editors' Picks

Harus rutin terapi

Harus rutin terapi
Dailymail/tracyfuller

Selama 8 minggu terbaring lemah di rumah sakit, Sophie belajar untuk bisa berjalan dan berbicara lagi.

Untuk bisa melakukan semua itu tidaklah mudah, Sophie harus berusaha sangat keras, hanya untuk bisa berbicara dan berjalan lagi.

Sophie membutuhkan bantu terapi berbicara dan terapi bahasa, dan tentu saja terapi okupasi dan fisio juga.

Begitu banyak terapi yang harus ia lakukan, sementara anak lain seusianya sedang bermain riang di taman. Miris!

“Sophie masih membutuhkan kursi roda karena ia masih belum bisa berjalan jauh, namun sudah mulai belajar berjalan sedikit demi sedikit. Sophie masih lemah dan sulit berjalan, namun sejauh ini perkembangannya baik,” jelas Tracy.

Sophie juga membutuhkan splint (alat bantu ortopedi agar bisa berjalan) di kaki kirinya, agar ia lebih mudah dan nyaman berjalan.

Namun perkembangan Sophie memang hebat, ia bahkan kini sudah mulai belajar naik sepeda roda tiga khusus.

Mewujudkan harapan terbesar Sophie

Mewujudkan harapan terbesar Sophie
Dailymail/tracyfuller

“Para staf rumah sakit itu telah menyelamatkan putriku. Kami berterima kasih sedalam-dalamnya. Kami merasa mereka adalah bagian dari keluarga kami,” ungkap Tracy.

Walau Sophie belum sembuh total, dan keluarga Fuller masih terguncang dengan kejadian yang menimpa Sophie, namun keluarga ini ingin memberikan hadiah kejutan untuk Sophie.

Mereka akan membawa Sophie ke Disneyland Paris bulan depan, seperti harapan Sophie selama ini. Keinginan anak ini sungguh sederhana, ia ingin bertemu tokoh Beast dari film Beauty and the Beast.

Hubungan cacar air dan stroke

Hubungan cacar air stroke
Dailymail/tracyfuller

Sekitar 5 dari 100.000 anak di Inggris mengalami stroke setiap tahunnya. Penelitian bahkan sudah menunjukkan kalau cacar air bisa meningkatkan risiko kejadian ini pada anak dan remaja.

Apa hubungannya cacar virus dan stroke ya? Menurut Stroke Association, virus yang menyebabkan cacar air dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, Inilah yang terjadi pada Sophie. Bahkan hingga 4 bulan kemudian, pembuluh darah di otak Sophie masih sangat tipis, yang membuatnya berisiko tinggi mengalami stroke kedua.

Nggak menyangka cacar air bisa menyebabkan stroke ya, Ma. Untuk itu, jangan lupa berikan vaksin cacar air untuk si Kecil, ya.

Baca juga: Waspada, Gerakan Anti-Vaksin Mengancam Kesehatan Anak-Anak!

Topic: