Fenugreek: Manfaat, Dosis, Kandungan dan Efek Samping

Kaya manfaat dan baik untuk kesehatan keluarga!

20 September 2019

Fenugreek Manfaat, Dosis, Kandungan Efek Samping
nutraingredients.com

Dikenal dengan obat herbal yang kaya akan manfaat, fenugreek ternyata ampuh menyembuhkan berbagai macam penyakit termasuk penyakit berat seperti jantung hingga otak.

Selain itu, tanaman asal Timur Tengah yang satu ini juga dipercaya dapat meningkatkan ASI dan libido hingga dapat menurunkan berat badan.

Tak hanya itu, masih banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan jika dikonsumsi secara rutin. Namun sebelum mengonsumsinya, kamu juga perlu tahu apa itu fenugreek hingga memahami dosis dan efek samping penggunaanya.

Untuk itu, berikut Popmama.com telah merangkum 5 informasi pentingnya.

1. Apa itu fenugreek?

1. Apa itu fenugreek
medicalnewstoday.com

Fenugreek adalah tanaman herbal yang termasuk ke dalam keluarga Fabaceae. Nama ilmiah dari fenugreek adalah Trigonella foenum-graecum. Di Indonesia, orang-orang juga menyebut fenugreek dengan istilah kelabat atau klabat. Ada dua bagian penting dari fenugreek, yaitu daun dan biji. Biji fenugreek biasanya dimanfaatkan untuk menambah citarasa masakan seperti kari.

Namun, biji dan daun fenugreek sama-sama bermanfaat sebagai obat herbal.

Tanaman fenugreek berasal dari kawasan Timur Tengah dan Mediterania. Namun, dalam perkembangannya fenugreek juga banyak tumbuh di kawasan Asia Selatan bahkan India yang kini menjadi negara penghasil fenugreek terbesar di dunia.

2. Kandungan fenugreek yang bermanfaat bagi tubuh

2. Kandungan fenugreek bermanfaat bagi tubuh
Freepik/Wavebreakmedia

Segudang manfaat menakjubkan yang melekat pada fenugreek sangat erat kaitannya dengan kandungan zat yang ada di dalamnya.

Fenugreek mengandung zat-zat yang sangat komplit baik zat gizi makro maupun mikro. Kandungan fenugreek adalah serat, karbohidrat, protein, lemak tidak jenuh ganda, vitamin B kompleks, dan beberapa mineral.

Vitamin B kompleks yang terkandung pada fenugreek di antaranya adalah:

  • Vitamin B1, 
  • vitamin B2, 
  • vitamin B3, 
  • vitamin B6, 
  • vitamin B9 (folat). 

Beberapa mineral pada fenugreek, yaitu:

  • Kalsium, 
  • potassium, 
  • fosfor, 
  • zat besi, 
  • magnesium, 
  • seng, mangan,
  • tembaga, 
  • selenium. 

Fenugreek juga mengandung saponin yang kaya manfaat untuk kesehatan. Satu lagi kandungan penting yang ada di dalam fenugreek adalah antioksidan.

Fenugreek mengandung beberapa jenis antioksidan, di antaranya adalah:

  • Kolin, 
  • trigonelline, 
  • apigenin, luteolin, 
  • gitogenin, 
  • yamogenin, 
  • diosgenin,
  • tigogenin.

Editors' Picks

3. Berbagai manfaat fenugreek untuk kesehatan keluarga

3. Berbagai manfaat fenugreek kesehatan keluarga
Freepik/Elnurfreepik

Ada begitu banyak manfaat fenugreek yang bisa kamu dapatkan. Manfaat obat herbal yang satu ini memang cukup luas dan tidak hanya untuk kesehatan saja.

Lantas, apa sajakah manfaat yang bisa didapatkan saat mengonsumsi fenugreek?

Berikut beberapa diantaranya:

  • Menjaga kadar gula darah tetap normal

Tidak hanya dandelion saja yang bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah agar tetap normal, manfaat fenugreek juga baik untuk mengontrol kadar gula darah.

Oleh karena itu fenugreek baik dikonsumsi untuk para penderita diabetes. Orang-orang yang tidak menderita diabetes juga baik mengonsumsi biji fenugreek.

Hal ini dikarenakan biji fenugreek bisa mencegah penyakit diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa fenugreek bisa menurunkan kadar glukosa.

Kamu bisa mengonsumsi biji fenugreek langsung atau bisa juga dengan menambahkannya ke dalam masakan seperti kari. Pengonsumsian fenugreek juga bisa dilakukan dalam bentuk kapsul atau suplemen makanan.

  • Menjaga kesehatan jantung

Biji dan bunga fenugreek bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Selain mengontrol kadar glukosa di dalam darah, manfaat fenugreek juga mampu menurunkan kadar kolesterol yaitu kolesterol LDL dan trigliserida.

Kadar kolesterol LDL dan trigliserida yang rendah merupakan kondisi yang baik untuk kesehatan jantung. Di samping itu, kandungan antioksidan di dalam fenugreek dapat meningkatkan kesehatan jantung.

  • Mengatasi radang dan infeksi

Jika kamu mengalami peradangan atau infeksi tetapi tidak ingin mengonsumsi obat antiinflamasi atau antibiotik maka kamu bisa mengonsumsi fenugreek.

Fenugreek berkhasiat mengatasi radang dan infeksi. Kandungan di dalam biji fenugreek memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri sehingga mampu melawan infeksi dan radang yang terjadi di dalam tubuh.

Beberapa masalah radang seperti radang sendi bisa diobati dengan menggunakan fenugreek. Pada perempuan yang biasanya mengalami nyeri haid, fenugreek dipercaya bisa membantu meredakan rasa nyeri akibat fase menstruasi.

Kamu bisa menggunakan fenugreek secara oral atau mengoleskan biji fenugreek yang sudah halus ke area radang.

  • Mencegah penyakit otak

Beberapa penyakit otak seperti alzheimer, parkinson, dan lainnya bisa membuat seseorang menjadi tidak berdaya dan produktif.

Namun, tahukah kamu bahwa manfaat fenugreek bisa menurunkan risiko tersebut? 

Ya, manfaat fenugreek ternyata bisa mencegah penyakit alzheimer, parkinson, dan penyakit otak lainnya. Kandungan di dalam fenugreek bisa mengurangi aktivitas dan produksi zat-zat yang membentuk plak di dalam saraf otak.

Tak hanya itu, fenugreek juga diketahui bermanfaat menjaga memori.

  • Membantu mengendalikan berat badan

Berat badan yang berlebih tentunya merupakan sebuah masalah. Penampilan akan terganggu jika memiliki berat badan yang berlebih.

Hal ini pun bisa menjatuhkan kepercayaan diri dan belum lagi efeknya terhadap risiko penyakit degeneratif. Jika kamu termasuk orang yang memiliki masalah terhadap penurunan berat badan maka gunakanlah fenugreek.

Manfaat fenugreek ini bisa mengendalikan berat badan sehingga obesitas bisa dicegah. Kandungan di dalam fenugreek juga bisa mengontrol nafsu makan mu, lho.

  • Booster ASI alami

Apakah benar fenugreek bermanfaat untuk meningkatkan jumlah produksi ASI? Bisakah fenugreek sebagai booster ASI alami? 

Mungkin para ibu menyusui memiliki beberapa pertanyaan tersebut. Jawabannya adalah iya! 

Manfaat fenugreek bisa sebagai booster ASI alami. Fenugreek mampu bersaing dengan manfaat daun katuk untuk meningkatkan produksi ASI.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa fenugreek bisa meningkatkan jumlah ASI secara efektif. Para ibu menyusui bisa mengonsumsi fenugreek dalam bentuk kapsul atau teh.

Akan tetapi, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi fenugreek. Namun, obat herbal yang satu ini tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena membahayakan janin.

  • Mencegah penyakit kanker

Penyakit kanker adalah salah satu penyakit mematikan yang telah menelan banyak korban jiwa.

Banyak orang yang tidak mengetahui jika penyakit kanker bisa dicegah dengan menggunakan fenugreek sebelum kanker datang dan menggerogoti kesehatan.

Kandungan saponin di dalam fenugreek secara aktif mampu menghambat dan membunuh pertumbuhan sel-sel kanker.

Beberapa penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker usus, leukimia, dan lainnya bisa dicegah dengan mengonsumsi fenugreek.

  • Menyehatkan dan mempercantik kulit

Tidak hanya untuk kesehatan dan produksi ASI, manfaat fenugreek juga meliputi ranah kecantikan. Fenugreek memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

Selain itu, manfaat fenugreek juga bisa mencegah penuaan dini. Beberapa masalah kulit wajah seperti jerawat juga bisa diatasi dengan menggunakan fenugreek.

Penggunaan fenugreek bisa menjaga kelembapan kulit wajah dan mencegahnya dari kekeringan.

  • Mengatasi masalah rambut

Apakah kamu memiliki masalah pada rambut? 

Jangan khawatir, gunakanlah fenugreek untuk mengatasi beberapa masalah rambut. Fenugreek berkhasiat mengatasi ketombe, kerontokan rambut, dan juga menjaga rambut tetap indah bercahaya.

  • Sebagai makanan peningkat libido

Banyak orang yang tidak mengetahui dan menyangka bahwa manfaat fenugreek bisa meningkatkan libido atau gairah seks.

Ya, fenugreek adalah makanan peningkat libido laki-laki dan perempuan yang sudah lama digunakan oleh orang-orang di Timur Tengah dan Mediterania.

Jadi, jika kamu atau pasangan memiliki masalah terhadap libido sehingga mengganggu aktivitas di ranjang maka tambahkanlah fenugreek ke dalam makanan atau masakan.

Namun, kamu juga perlu memperhatikan dosisnya agar tidak berlebih.

4. Dosis penggunaan fenugreek

4. Dosis penggunaan fenugreek
herbco.com

Fenugreek adalah tanaman herbal yang dapat tersedia dalam bentuk dan dosis sebagai kapsul, herbal mentah, bubuk fenugreek yang telah dihilangkan lemaknya, ekstrak cairan, bubuk (terbuat dari biji yang dikeringkan).

Biasanya fenugreek digunakan dalam dosis 5 g/hari dari biji fenugreek atau 1 g dari ekstrak hidro-alkohol. Namun, dosis dari suplemen herbal yang satu ini dapat berbeda pada tiap pasien.

Dosis yang kamu perlukan tergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Suplemen herbal tidak selalu aman untuk dikonsumsi, oleh karena itu, diskusikanlah dengan ahli herbal atau dokter untuk dosis yang tepat. 

5. Efek samping penggunaan fenugreek

5. Efek samping penggunaan fenugreek
healthline.com

Meskipun terkandung banyak manfaat, ternyata fenugreek juga memiliki efek samping bagi tubuh.

Berikut beberapa diantaranya:

  • Reaksi hipersensitif
  • memar, 
  • petechiae, 
  • perdarahan.

Tak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin saja ada efek samping lain yang tidak dicantumkan di sini. Jika kamu memiliki kekhawatiran tentang efek samping tertentu, harap berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter.

Nah, itulah kelima informasi penting terkait manfaat hingga efek samping obat herbal fenugreek.

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!