Konsumsi Ini Untuk Mempercepat Jahitan Kering Pasca Melahirkan Normal

Tak hanya perawatan dari luar, makanan pun bisa mempercepat keringnya luka jahitan lho!

20 Desember 2018

Konsumsi Ini Mempercepat Jahitan Kering Pasca Melahirkan Normal
motherandbaby.co.uk

Pada persalinan normal, bayi lahir melalui vagina. Dokter atau bidan kerap kali melakukan episiotomi demi memperlebar jalan lahir.

Episiotomi adalah tindakan pengguntingan perineum, yakni daerah antara vagina dan anus.

Tindakan ini bisa dilakukan dengan perencanaan sebelumnya (primer) atau tidak direncanakan (sekunder) ketika melihat perineum menipis dan akan robek.

Tujuannya agar perobekan perineum lebih rapi sehingga mudah dirapatkan kembali. Sekitar 80 persen persalinan normal disertai tindakan episiotomi.

Robekan di vagina dan perineum cukup besar sehingga perlu dijahit untuk merekatkan kembali. Selanjutnya, diperlukan perawatan yang tepat untuk mempercepat kesembuhan dan menghindari infeksi.

Salah satunya adaalah dengan mengonsumsi beberapa makanan yang diketahui dapat mempercepat jahitan kering pasca melahirkan normal.

Untuk lebih jelasnya, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa diantaranya.

1. Konsumsi makanan tinggi protein

1. Konsumsi makanan tinggi protein
Pexels/Pixabay

Banyak yang mengatakan bahwa mengonsumsi ikan setelah melahirkan dapat mengakibatkan gatal, sebenarnya hal tersebut tidak sepenuhnya benar. 

Pasalnya, tak semua orang mengalami hal tersebut. Beberapa yang merasa gatal mungkin saja karena orang tersebut memang memiliki alergi sebelumnya. 

Justru, ikan sebagai sumber protein sangatlah dibutuhkan tubuh untuk membantu memperbaiki sel-sel yang sudah rusak akibat persalinan normal. 

Luka persalinan ini tak hanya yang tampak pada pandangan mata saja. Namun ada juga luka yang berada di dalam rahim yang perlu ‘diperbaiki’, seperti yang terjadi pada dinding rahim.

Protein akan digunakan tubuh untuk membangun jaringan tubuh yang rusak. Justru, saat menghindari makanan sumber protein seperti ikan, proses penyembuhan luka bisa terhambat.

Akibatnya, risiko mengalami infeksi bisa lebih besar. Protein juga berguna dalam pembentukan ASI. Selain ikan, sumber protein yang sebaiknya dikonsumsi ibu menyusui adalah daging, ayam, telur, tahu atau tempe.

2. Konsumsi makanan tinggi serat

2. Konsumsi makanan tinggi serat
Pexels/picmamba.com

Buah dan sayur adalah sumber serat yang cukup tinggi. Serat ini sangat dibutuhkan ibu pasca melahirkan untuk memperlancar buang air besar. 

Biasanya, salah satu hal yang ditakuti setelah melahirkan adalah buang air besar. Nah, untuk mengurangi kecemasan rasa sakit saat buang air besar, maka feses harus mudah dikeluarkan.

Serat inilah yang berfungsi melunakkan feses. Selain itu, buah yang kaya serat ini tidak membuat bayi diare. Justru, buah dan sayur juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas ASI.

Meskipun vitamin dan mineral dibutuhkan dalam jumlah kecil,namun keduanya juga berperan dalam proses penyembuhan setelah melahirkan, meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu menyediakan energi.

Editors' Picks

3. Konsumsi makanan tinggi energi

3. Konsumsi makanan tinggi energi
Freepik/phanuwatnandee

Setelah melahirkan Mama tetap harus kuat. Itulah sebabnya, Mama tetap membutuhkan energi, meskipun setelah melahirkan rasanya lelah luar biasa.

Maka dari itu, mengonsumsi makanan sumber energi akan membantu tubuh untuk terus menyediakan energi. Makanan sumber energi bisa didapatkan dari nasi, pasta, kentang, jagung, atau roti.

Tubuh yang kuat dan berenergi pasti akan membuat pengeringan luka menjadi lebih cepat pula.

4. Cukupi tubuh dengan cairan

4. Cukupi tubuh cairan
Pexels/Daria Shevtsova

Minum air dalam jumlah cukup tak akan memengaruhi luka yang tidak kering-kering. Justru, bila setelah melahirkan buang air kecil lancar, dan sering membersihkan vagina dengan baik, maka luka jahitan di sekitarnya bisa segera pulih.

Cairan dalam jumlah cukup juga diperlukan tubuh mengganti cairan tubuh yang hilang saat mengalami perdarahan, keringat, maupun karena pembentukan ASI. Bila kebutuhan cairan tidak dipenuhi, risiko dehidrasi justru dapat meningkat.

Nah, itulah 4 hal yang dapat Mama konsumsi untuk mempercepat jahitan kering pasca melahirkan normal.

Tak hanya perawatan dari luar saja, makanan pun dapat memengaruhi cepat atau lambatnya jahitan kering pasca melahirkan normal.

Maka dari itu, yuk mulai konsumsi 4 makanan di atas secara teratur!

Baca juga: Bagaimana Cara Merawat Jahitan Pasca Melahirkan Normal?

Baca juga: Seluk-beluk Perawatan Luka Jahitan Pasca Persalinan Normal

Baca juga: Cara Meningkatkan Peluang Melahirkan Normal Pasca Operasi Caesar

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!