Ini Alasan Mengapa Ibu Hamil Lebih Rentan Stres saat Pandemi Covid-19

Penelitian menyebut kalau ibu hamil lebih rentan stres selama pandemi. Ini cara mengatasinya, Ma

19 November 2021

Ini Alasan Mengapa Ibu Hamil Lebih Rentan Stres saat Pandemi Covid-19
freepik.com/ronnachaipark

Pandemi Covid-19 masih terus berlangsung hingga saat ini. Semakin berkembangnya mutasi-mutasi virus corona juga kian membuat banyak orang cemas.

Ibu hamil merupakan kelompok orang yang paling rentan mengalami stres dan depresi di masa pandemi ini.

Hal itu dilaporkan oleh berbagai penelitian, salah satunya penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Reproductive Health di tahun 2021.

Penelitian tersebut melibatkan 540 responden yang merupakan ibu hamil berusia rata-rata 31 tahun. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa ibu hamil rentan mengalami depresi di masa awal-awal kehamilannya

Ibu hamil dengan komorbid atau penyakit bawaan dan ibu hamil yang tidak punya asuransi kesehatan dilaporkan dua kali lebih rentan mengalami stres, cemas, bahkan depresi semasa pandemi Covid-19.

Bila mama termasuk dalam kelompok ini, yuk, simak penyebab serta cara mengatasi stres semasa pandemi yang telah Popmama.com rangkum untuk Mama.

Editors' Picks

Penyebab Ibu Hamil Lebih Rentan Stres saat Pandemi Covid-19

Penyebab Ibu Hamil Lebih Rentan Stres saat Pandemi Covid-19
Pexels/Andrea Piacquadio

Ada berbagai faktor yang membuat ibu hamil lebih rentan mengalami stres dan depresi di masa pandemi, Ma.

Mengutip penelitian yang terbit di jurnal Sehat Masada, Universitas Islam Sultan Agung Semarang, diketahui bahwa ini berbagai penyebabnya:

  • Akses ke pelayanan kesehatan,

  • Ketakutan akan risiko terpapar virus,

  • Tidak ada dukungan emosional dari keluarga.

Dampak Stres pada Janin dan Ibu Hamil

Dampak Stres Janin Ibu Hamil
Freepik

Stres saat hamil merupakan hal yang berbahaya, Ma. Pasalnya, kondisi ini tidak hanya berpengaruh pada mama saja, tapi juga si calon buah hati.

Misalnya saja, stres dapat membuat tekanan darah mama meningkat, menghilangkan nafsu makan, dan membuat mama sering merasa tidak enak badan.

Sedangkan untuk si calon Bayi, stres bisa memperbesar risiko infeksi bahkan kelahiran prematur.

Situasi di masa pandemi Covid-19 memang tidak mudah. Ketidakpastian akan kapan berakhirnya kondisi ini kian memperparah. Tapi, Mama tidak sendiri dalam melaluinya.

Cara Mengendalikan Stres untuk Ibu Hamil

Cara Mengendalikan Stres Ibu Hamil
Freepik/Yanalya

Untuk meringankan stres mama, yuk, simak beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Me-time

Kapan terakhir kali mama meluangkan waktu untuk diri mama sendiri? Beristirahat sejenak dari padatnya aktivitas untuk me-time sesekali tidak apa-apa, lho, Ma.

Dengan me-time, mama bisa lebih fokus pada diri mama. Selain itu, me-time juga bisa membantu mama mengenal dan memahami diri mama lebih baik.

Jadi, sudah siap untuk me-timeweekend nanti, Ma?

2. Ikut prenatal yoga

Prenatal yoga merupakan salah satu olahraga yang aman untuk ibu hamil. Dengan melakukan prenatal yoga, mama bisa membuat tubuh lebih rileks.

Di sesi prenatal yoga biasanya juga ada kelas meditasi, Ma. Di sesi itu, mama bisa berlatih untuk menenangkan pikiran guna menghempaskan stres yang melanda.

3. Andalkan orang terdekat

Hidup mungkin terasa berat, tapi satu hal yang perlu mama ingat; mama tidak sendiri. Mama bisa meminta dukungan dari suami, keluarga, maupun teman terdekat.

4. Lakukan aktivitas menyenangkan

Berendam air hangat, mewarnai, dan berhubungan seks merupakan berbagai kegiatan yang dapat meredakan stres, lho, Ma. 

5. Konsultasi ke psikolog

Bila stres yang mama alami terus berlarut-larut sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, tak ada salahnya untuk bercerita kepada ahlinya, Ma.

Mama bisa menceritakan keluh kesah mama ke psikolog. Nantinya, psikolog akan memberikan perawatan untuk meredakan stres dan cemas berlebih mama.


Nah, itulah berbagai cara meredakan stres di masa pandemi Covid-19 ini, Ma. Semoga informasinya bermanfaat dan jangan lupa untuk terus pakai masker, cuci tangan, dan menjaga kesehatan ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.