Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

8 Manfaat Kurma Muda untuk Program Hamil yang Kaya Nutrisi

Buah kurma memang banyak manfaatnya, terutama untuk kamu yang sedang menjalankan program hamil

29 November 2022

8 Manfaat Kurma Muda Program Hamil Kaya Nutrisi
kaskus.id

Buah kurma memang dikenal karena kelezatan dan rasanya yang manis serta legit. Bukan hanya rasanya, buah kurma juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, terutama kurma muda.

Bagi yang sedang merencanakan program kehamilan, kurma muda ini mungkin bisa menjadi pilihan nutrisi yang bisa dicoba. Pasalnya, kurma muda ini dipercaya memiliki kandungan yang dapat meningkatkan kesuburan.

Buah kurma muda ini memiliki tekstur yang renyah seperti buah apel malang. Rasanya pun hampir mirip, manis namun sedikit ada rasa asam. Buah kurma muda memiliki tiga warna, kurma muda merah, hijau, dan juga kuning.

Agar tidak ragu untuk mengonsumsinya, berikut Popmama.com rangkum lima manfaat kurma muda untuk promil:

1. Kurma muda mengandung banyak serat

1. Kurma muda mengandung banyak serat
Freepik/whatwolf

Kurma muda ternyata banyak mengandung serat yang baik bagi tubuh sehingga kadar gula darah tidak langsung naik ketika mengonsumsinya. Dalam 100 gram kurma muda, terdapat setidaknya 6,7 gram serat. Jumlah ini mampu memenuhi kebutuhan serat harian sebanyak 25 persen.

Meski kaya akan serat, sebaiknya kamu tetap mengonsumsi sumber serat lain seperti sayur dan buah-buahan. Dengan mengonsumsi makanan yang bervariasi, kamu bisa mendapatkan asupan nutrisi yang bervariasi juga.

2. Kurma muda mengandung banyak mineral dan antioksidan

2. Kurma muda mengandung banyak mineral antioksidan
Pixabay/Enotovyj

Kurma muda juga memiliki kandungan mineral di antaranya yaitu kalium, mangan, magnesium, dan tembaga. Tak hanya itu kurma muda juga banyak mengandung kalsium, zat besi, vitamin K, vitamin B6, dan folat.

Kandungan antioksidan pada kurma muda membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan masyarakat timur tengah sudah terbiasa mengonsumsi kurma di pagi hari secara rutin saat perut masih kosong lho.

Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk detoksifikasi tubuh secara alami guna menghilangkan berbagai racun di dalam tubuh. Jika tubuh bersih dari racun, hal tersebut bisa meningkatkan keberhasilan dalam program kehamilan juga.

3. Kurma muda mengandung lebih banyak air ketimbang kurma kering

3. Kurma muda mengandung lebih banyak air ketimbang kurma kering
Freepik

Mengonsumsi buah yang mengandung banyak air bisa membuat kamu lebih mudah terhindar dari dehidrasi.

Ketika melakukan program hamil, mengonsumsi kurma muda lebih direkomendasikan karena memiliki air yang lebih banyak daripada kurma yang sudah melalui proses pengeringan.

Editors' Picks

4. Kurma muda kaya akan hormon oksitosin

4. Kurma muda kaya akan hormon oksitosin
Freepik/Jcomp

Hormon oksitosin bisa berperan sebagai hormon cinta. Hormon ini akan menjauhkan kamu dari stres dan bisa membuat hubungan dengan pasangan menjadi lebih mesra.

Kurma muda juga membantu hormon botosin yang berperan dalam meningkatkan gerak peristaltik pembuluh darah dan rahim, sehingga bisa meningkatkan kesuburan.

5. Kurma muda lebih rendah gula

5. Kurma muda lebih rendah gula
Freepik

Diabetes merupakan salah satu masalah yang dapat menghambat peluang kehamilan. Karena itu, mengonsumsi makanan rendah gula lebih disarankan selama menjalani program hamil ya.

Nah, kurma muda bisa menjadi pilihan camilan rendah gula yang dapat kamu konsumsi selama menjalani program hamil.

    6. Kurma muda kaya akan zat besi

    6. Kurma muda kaya akan zat besi
    Unsplash.com/Kate Hliznitsova

    Kurma muda tinggi akan kandungan zat besi. Oleh karena itu, bagi pasangan yang sedang program hamil, disarankan untuk konsumsi kurma muda.

    Zat besi pada kurma muda bermanfaat untuk pembentukan sel dan tulang bayi nantinya. 

    Kekurangan zat besi saat hamil akan meningkatkan kemungkinan bayi lahir cacat. Itulah mengapa sebaiknya kurma muda dikonsumsi saat promil.

    7. Kurma muda bisa meningkatkan kesuburan

    7. Kurma muda bisa meningkatkan kesuburan
    Freepik/Freepik

    Kurma muda dikenal sebagai buah yang bisa meningkatkan kesuburan. Biji dan serbuk sari pada kurma muda mengandung senyawa yang bekerja seperti hormon-hormon reproduksi pada perempuan dan laki-laki.

    Buah kurma muda juga mengandung vitamin B6 yang bermanfaat untuk menyimbangkan kadar hormon estrogen dan progesteron yang penting untuk proses reproduksi.

    8. Kurma muda dapat merangsang ovulasi

    8. Kurma muda dapat merangsang ovulasi
    Freepik

    Kurma muda kaya akan vitamin C. Bagi laki-laki, manfaat vitamin C pada kurma muda ini dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma. Selain itu, kandungan vitamin C pada kurma muda juga dapat memicu pergerakan sperma agar lebih cepat mencapai sel telur.

    Sementara bagi perempuan, manfaat vitamin C pada kurma muda bisa merangsang ovulasi. Untuk itu, penting rutin mengonsumsi kurma muda saat program hamil.

    Wah, ternyata banyak, ya, manfaat kurma muda untuk promil. Kamu bisa mulai mengonsumsinya untuk meningkatkan peluang kehamilan. 

    Namun jika kamu mengalami efek samping setelah mengonsumsi kurma muda, segera konsultasikan ke dokter, ya!

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

    Mama CerdAZ

    Ikon Mama CerdAZ

    Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

    Cari tahu yuk