Konsumsi 5 Vitamin Ini agar Cepat Hamil

Ternyata Mama perlu untuk mengonsums vitamin tertentu agar bisa cepat hamil

3 September 2018

Konsumsi 5 Vitamin Ini agar Cepat Hamil
Freepik

Bagi Mama yang sedang merencanakan kehamilan, mengonsumsi nutrisi penting dan vitamin agar cepat hamil perlu dilakukan.

Sebab dengan mengonsumsi vitamin tertentu, kesehatan reproduksi Mama dapat lebih terjaga sehingga dapat mempersiapkan kehamilan dengan baik.

Ingin tahu apa saja yang masuk ke dalam vitamin penunjang kehamilan? Ini dia Ma.

1. Zinc

1. Zinc
Pixabay/Tapis Rouge

Bagi Mama yang sedang merencanakan kehamilan, konsumsilah makanan yang kaya akan kandungan zinc. Salah satu nutrisi dan vitamin agar cepat hamil ini terbilang berperan dalam siklus ovulasi termasuk kesuburan Mama.

Nah manfaat zinc tak hanya untuk Mama saja, untuk Papa zinc berfungsi untuk melindungi sperma dari radikal bebas yang dapat memengaruhi jumlah dan kualitas sperma.

Para peneliti bahkan mengungkap bahwa pria yang kadar zincnya tercukupi dengan baik memiliki kualitas sperma yang lebih sehat jika dibandingkan dengan pria yang kebutuhan zincnya tak tercukupi.

Untuk memenuhi kebutuhan zinc ini, Mama dan Papa disarankan untuk mengonsumsi makanan seperti aneka jenis kerang, kepiting, lobster, daging sapi, produk olahan susu,  hingga gandum utuh untuk memenuhi kebutuhan zinc dengan baik.

2. Asam folat

2. Asam folat
Pixabay/Coyot

Tak hanya saat hamil, asam folat juga disarankan untuk dikonsumsi oleh Mama yang sedang merencanakan kehamilan.

Nah untuk memenuhi kebutuhan asam folat dengan baik, selain mengonsumsi suplemen asam folat Mama juga bisa mendapatkannya dari berbagai jenis makanan yang mudah di dapat.

Sayuran hijau seperti bayam, salada, brokoli, hati sapi, kacang merah, alpukat, tomat, susu, papaya, pisang, dan jeruk merupakan makanan yang kaya akan kandungan asam folat.

Editors' Picks

3. Kalsium

3. Kalsium
Freepik

Mama harus tahu, perempuan yang ingin hamil disarankan untuk memenuhi kebutuhan kalsiumnya dengan baik, yaitu sekitar 1.000 mg sehari atau bisa lebih.

Ingin tahu alasannya apa? Kalsium rupanya dipercaya mampu membantu memastikan sistem reproduksi bekerja dengan baik.

 Selain itu konsumsi kalsium pada saat sedang hamil terbilang membawa manfaat dalam memenuhi kebutuhan kalsium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang gigi, hati, saraf dan otot janin dalam kandungan.

Mama dapat memperoleh kalsium dari berbagai jenis makanan seperti susu dan produk olahan susu lainnya, sayuran berdaun hijau, tahu, olahan kedelai, kacang almond dan beberapa makanan lainnya.

4. Vitamin E

4. Vitamin E
Pixabay/RitaE

Konsumsi vitamin agar cepat hamil berikutnya adalah vitamin E. Baik Mama ataupun Papa yang ingin cepat hamil memang harus memastikan bahwa kebutuhan vitamin E yang dibutuhkan tubuh terpenuhi dengan baik.

Untuk Papa, Vitamin E bermanfaat dalam membantu dalam melindungi sperma dan DNA dari kerusakan dan membantu meningkatkan kulaitas sperma sehingga sperma memiliki kemampuan yang baik dalam membuahi sel telur.

Sementara untuk Mama kehadiran vitamin E dapat membantu mengatur siklus ovulasi dengan baik. jika siklus teratur, maka Mama dan Papa bisa merencanakan waktu terbaik untuk berhubungan intim agar dapat segera hamil.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin E dengan baik, konsumsilah telur, daging ayam, kacang tanah, alpukat, biji bunga matahari, bayam, asparagus, tomat, kedelai, brokoli, lobster, ikan kod, pepaya, hingga kacang almond.

5. Zat besi

5. Zat besi
Freepik

Jika ingin hamil, Mama harus memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti aneka jenis sayuran hijau, kacang polong, daging sapi tanpa lemak, apricot kering, oatmeal, kacang merah, lentil dan biji labu.

Konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan zat besinya terbilang penting karena kekurangan zat besi dapat membuat Mama mengalami anemia, dan ini dapat berpengaruh terhadap siklus mestruasi.

Nah jika siklus menstruasi Mama tidak teratur, kesehatan sel telur bisa saja terganggu sehingga peluang Mama untuk hamil bisa saja menurun.

Baca artikel lainnya:

Tips Memilih Vitamin untuk Ibu Hamil

Tips Memilih Vitamin Ibu Hamil
Popmama.com/Novy Agrina

Di masa persiapan dan awal kehamilan kamu harus melengkapi asupan vitamin untuk menyehatkan tubuh dan calon janin yang akan tumbuh di dalam rahim. Vitamin sebenarnya bisa didapatkan dari bahan makanan sehari-hari, tapi bagi ibu hamil kadang itu tidak cukup sehingga memerlukan vitamin tambahan berupa suplemen. Berikut Popmama.com sebutkan 3 tips sederhana yang perlu diperhatikan:

  1. Perhatikan tanggal kadaluarsa yang tertera di kemasan. Ini penting lho, jangan membeli produk yang sudah mendekati batas kadaluarsa terlebih sudah melampauinya.
  2. Konsultasikan ke dokter kandungan terlebih dulu. Dengan demikian kamu jadi lebih tahu mana yang kamu perlukan. Kelebihan vitamin atau mineral juga tidak bagus untuk tubuh.
  3. Perhatikan harga, pilih yang lebih terjangkau harganya. Selama program kehamilan dan masa kehamilan tentunya kamu tidak bisa sembarang membeli vitamin dan keperluan yang terkait dengan apa yang sedang kamu usahakan. Pilihlah yang lebih terjangkau dan lihat juga di apotek besar atau parenting exhbition.

Kamu juga bisa senang nih, Popmama.com akan mengadakan Popmama Expo 2018

Di sini kamu bisa lebih irit karena semua tenats punya diskon 50%. Waaahhh, asyik kan Ma! Catat tanggalnya, POPEX 2018 berlangsung selama 28-29 September 2018 di The Gandaria City Hall, Gandari City Mall, Jakarta.

Kamu juga berkesempatan mendapatkan hadiah dengan total nilai ratusan juta rupiah dengan berpartisipasi di Kocok Arisan, bagikan banner POPEX 2018 melalui grup WhatsApp dan menangkan undiannya. Lihat cara ikutan Kocok Arisan POPEX 2018.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.