Keputihan dan Sering Buang Air Kecil, Apakah Tanda Kehamilan?

Mama bisa mencari tahu lewat perbedaan saat muncul keputihan lho, Ma

14 Februari 2021

Keputihan Sering Buang Air Kecil, Apakah Tanda Kehamilan
Pexels/RODNAE Productions

Mual pada pagi hari adalah ciri umum tanda kehamilan. Tetapi, bukan hanya mual saja, masih banyak tanda-tanda kehamilan lainnya. Pasalnya tubuh yang sedang hamil sedang mempersiapkan diri untuk tumbuh kembang si Janin.

Maka dari itu, kerap kali ibu pada masa awal kehamilan suka memberikan tanda-tanda yang tidak biasanya selain mual-mual. Salah satu tanda kehamilan yang kerap membuat ibu hamil bingung adalah keputihan dan sering buang air kecil.

Tanda tersebut bisa saja mengarah kepada keputihan menjelang haid atau sering buang air kecil karena terlalu banyak minum teh. Nah, kira-kira tanda keputihan dan sering buang air itu merupakan gejala hamil atau bukan ya?

Jika kamu penasaran dengan gejala tersebut menunjukan kehamilan atau bukan, berikut Popmama.com telah merangkumnya.

Editors' Picks

1. Perbedaan keputihan karena haid dan tanda hamil

1. Perbedaan keputihan karena haid tanda hamil
Pexels/RODNAE Productions

Munculnya keputihan pada masa kehamilan terjadi karena hormon estrogen dan aliran darah ke vagina mengalami peningkatan. Keputihan tanda kehamilan juga berbeda dengan keputihan saat menjelang menstruasi.

Bisa dilihat dari volume, waktu kemunculan, warna, dan testur. Berikut perbedaan keputihan tanda kehamilan dengan menjelang menstruasi.

  • Berdasarkan volume, keputihan tanda kehamilan umumnya lebih banyak daripada saat menjelang haid. Hal ini dikarenakan keputihan saat awal kehamilan terjadi untuk mencegah bakteri atau virus penyebab infeksi masuk ke dalam rahim dan bisa mengganggu kesehatan janin.
  • Waktu kemunculannya, biasanya keputihan sebagai tanda hamil itu datang setelah satu atau dua minggu terjadinya pembuahan. 
  • Tekstur, keputihan sebagai tanda kehamilan biasanya memiliki tekstur yang lebih kental daripada yang biasa muncul saat haid.
  • Warna, keputihan tanda kehamilan cenderung berwarna putih susu serta adanya bercak darah. Hal ini dikarenakan dinding rahim yang masih menyimpan sisa sel telur yang tidak dibuahi. Jadi, akan luruh dan digantikan dengan dinding rahim untuk menyambut janin. Sedangkan keputihan sebelum menstruasi berwarna kecokelatan atau kekuningan. Jika yang keluar berwarna hijau maka kemungkinan terjadi infeksi jamur di vagina.

2. Mengapa sering buang air kecil menunjukan tanda kehamilan?

2. Mengapa sering buang air kecil menunjukan tanda kehamilan
Pexels/RODNAE Productions

Banyak yang mempertanyakan apakah sering buang air kecil bisa termasuk tanda kehamilan. Seringnya buang air kecil saat awal kehamilan karena rahim akan membesar untuk mempersiapkan tempat berkembangnya janin.

Hal ini akan membuat kandung kemih menjadi tertekan maka dari itu kamu merasa selalu ingin buang air kecil secara terus-menerus. Jadi, buang air kecil bisa jadi sebagai tanda kehamilan.

Namun, harus disertai dengan tanda-tanda lainnya, seperti mual, keputihan, kram perut, payudara membengkak, dan lainnya.

3. Apakah keputihan dan sering buang air kecil tanda kehamilan?

3. Apakah keputihan sering buang air kecil tanda kehamilan
Pexels/Pixabay

Setelah melihat penjelasan di atas, dapat dipastikan bahwa keputihan dan intesitas buang air kecil yang meningkat merupakan tanda kehamilan. Namun, tanda-tanda ini juga harus disertai dengan gejala lainnya.

Kamu bisa menghitung apakah periode masa menstruasi mengalami keterlambatan atau tidak. Jika ya, kemungkinan hamil akan semakin besar dan bisa dipastikan dengan melakukan pemeriksaan kehamilan menggunakan test pack atau USG.

Itulah beberapa informasi terkait keputihan dan seringnya buang air kecil sebagai tanda kehamilan. Semoga informasi ini dapat membuat kamu bisa membedakan mana tanda kehamilan atau menjelang menstruasi. Semangat untuk para pejuang dua garis.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.