TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Dampak Positif Ibu Hamil Mengikuti Joget Keke Challenge

Sudah pernah coba mengikuti tren Keke Challenge belum nih, Ma?

2 Agustus 2018

5 Dampak Positif Ibu Hamil Mengikuti Joget Keke Challenge
Instagram.com/anel_2blea/cherly7uno/prabumulihvidgram

Demam Keke Challenge sepertinya belum berakhir ya?

Di media sosial khususnya Instagram masih banyak yang menggunakan tagar #KekeChallenge dan #InMyFeelingsChallenge. Challenge ini menjadi viral berawal dari Shiggy yang menari-nari dengan menggunakan lagu Drake berjudul In My Feeling.

Tagar #KekeChallenge pun banyak diunggah oleh pengguna sosial media termasuk ibu hamil. Dalam kondisi yang hamil seolah mereka masih berkeinginan untuk mengikuti tren Keke Challenge.

Sebenarnya menari merupakan salah satu kegiatan yang aman dan menyenangkan untuk berolahraga selama masa kehamilan. Aktivitas ini juga berguna untuk membantu ibu hamil dalam membantu jantung, paru-paru dan otot menjadi lebih kuat.

Selain itu, berikut beberapa rangkuman dari Popmama.com mengenai manfaat lain menari seperti Keke Challenge.

1. Meningkatkan energi tubuh

1. Meningkatkan energi tubuh
Unsplash/Emma Peneder

Selama masa kehamilan, energi ibu hamil pasti akan terkuras habis. Belum lagi dengan segala rutinitas yang harus dilakukan setiap hari.

Latihan fisik dengan menggerakkan badan dapat memperkuat sistem kardiovaskular, sehingga tubuh ibu hamil tidak akan selalu merasa kelelahan. Dengan otot yang kuat, Mama hanya memerlukan sedikit tenaga saat melakukan beragam aktivitas lain yang sudah menumpuk.

2. Tidur menjadi lebih tenang

2. Tidur menjadi lebih tenang
Freepik/bearfotos

Terkadang kualitas tidur ibu hamil sering kali terganggung dengan gejala fisik yang sedang dialami. Belum lagi saat kondisi perut sudah semakin bertambah besar perlu sekali menemukan posisi tidur yang nyaman.

Hal-hal kecil seperti inilah yang terkadang membuat kualitas tidur ibu hamil merasa tidak tenang. Dengan rajin menari seperti sesekali melakukan Keke Challenge agar mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik daripada sebelumnya.

Editors' Picks

3. Mengurangi tingkat stres

3. Mengurangi tingkat stres
Unsplash/Randy Rooibaatjie

Selama masa kehamilan terkadang ibu hamil itu selalu memikirkan kondisi janin dan dirinya sendiri. Tak jarang ibu hamil merasa stres, padahal ini akan membuat ketidakseimbangan secara hormonal dan membuat kondisi janin melemah.

Sebuah penelitian menemukan kalau melakukan latihan fisik akan meningkatkan jumlah hormon serotononin, sehingga mood ibu hamil akan bertambah dan semakin bersemangat. Keke Challenge menjadi salah satu cara untuk mengurangi tingkat stres selama kehamilan agar ibu hamil tetap berusaha bahagia.

4. Memberikan rasa nyaman

4. Memberikan rasa nyaman
Unsplash/Allison Heine

Terus bergerak atau melakukan hal yang Mama sukai saat hamil bisa mengurangi perasaan tidak nyaman lho.

Dengan latihan fisik secara teratur, Mama dapat meregangkan dan memperkuat otot sehingga membantu tubuh dalam menyesuaikan diri. Kondisi seperti ini akan membuat Mama merasa lebih baik dan nyaman selama masa kehamilan.

5. Menguntungkan selama masa kehamilan

5. Menguntungkan selama masa kehamilan
Unsplash/Suhyeon Choi

Jika Keke Challenge atau tarian lainnya dilakukan menjelang kelahiran biasanya fisik akan semakin kuat. Apalagi proses kelahiran itu memerlukan energi yang banyak dan stamina prima. Dengan banyaknya latihan fisik, ini akan memudahkan serta memperpendek waktu saat menghadapi proses kelahiran.

Selain itu, saat asik menari atau berjoget selama masa kehamilan akan membantu ibu hamil dalam memperpendek periode pemulihan pascapartum.

Hati-hati saat melakukan Keke Challenge untuk ibu hamil

Hati-hati saat melakukan Keke Challenge ibu hamil
Unsplash/David Charles Schuett

Meskipun sudah mengetahui cukup banyak dampak positif yang bisa dirasakan dari menari. Sadari juga kalau challenge yang satu ini mampu memberikan dampak buruk

Ketahui dampak buruknya melakukan Keke Challenge saat sedang hamil. Ketika melakukan ini bisa saja Mama tergelincir, tersandung hingga terjatuh. Kondisi seperti ini akan membuat janin di dalam kandungan merasa terancam. Hal terburuk dari kecerobosan akibat mengikut Keke Challenge bisa saja Mama mengalami keguguran.

Keselamatan janin di dalam kandungan harus tetap dinomorsatukan ya, berikut beberapa panduan untuk ibu hamil yang ingin melakukan Keke Challenge:

  • Tidak disarankan melakukan Keke Challenge saat sedang mengalami nyeri panggul,
  • tetap memperhatikan keseimbangan tubuh agar tidak mudah jatuh,
  • hindari gerakan berputar, melompat atau gerakan yang terlalu cepat,
  • selama Keke Challenge tidak perlu melakukan gerakan-gerakan yang terlalu berat, pilihlah gerakan ringan sesuai dengan kemampuan,
  • pastikan tetap mengonsumsi air putih selama melakukan Keke Challenge,
  • melakukan pemanasan sebelum Keke Challenge dan melakukan pendinginan setelah selesai. Ini berguna untuk mencegah terjadinya cedera pada salah satu sendi.

Mengikuti trend yang sedang hits sekarang boleh-boleh saja nih, Ma. Namun, perlu juga diperhatikan keselamatan janin di dalam kandungan ya. Sadari juga kalau challenge yang satu ini mampu memberikan dampak buruk untuk kehamilan.

Jangan sampai karena ingin ikut-ikutan tren yang sedang kekinian, namun membuat Si Kecil dan Mama sendiri berada dalam keadaan membahayakan.

Ingat, kondisi selama masa kehamilan menjadi hal utama yang perlu diperhatikan ya!

Baca Juga: Demam #KekeChallenge! Ini Dia Celeb Mama yang Ikut Ramaikan Medsos

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk