8 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil, Wajib Dicoba!

Yuk, konsumsi makanan sehat untuk mendukung pertumbuhan si Kecil di dalam kandungan

8 November 2021

8 Makanan Sehat Ibu Hamil, Wajib Dicoba
Freepik/yanalya

Ibu hamil tentunya menginginkan yang terbaik untuk kesehatan janinnya. Dari mulai menjaga pola tidur, olahraga yang teratur, hingga mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi demi perkembangan janin di dalam perut.

Berbicara tentang nutrisi, makanan dengan nutrisi terbaik untuk kehamilan adalah yang kaya akan vitamin dan mineral yang berperan penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Selain vitamin dan mineral, saat membangun pola makan yang sehat, Mama harus mengonsumsi makanan utuh yang kaya akan nutrisi baik seperti protein, lemak sehat, karbohidrat kompleks, serat dan cairan. 

Nah, kali ini Popmama.com akan mengulas mengenai 8 makanan sehat untuk ibu hamil yang dapat memberikan nutrisi penting untuk perkembangan janin. Langsung saja simak informasinya yuk, Ma!

1. Daging tanpa lemak

1. Daging tanpa lemak
Freepik/valeria_aksakova

Daging tanpa lemak merupakan salah satu makanan terbaik untuk ibu hamil. Makanan ini mengandung protein tinggi untuk menjaga rasa lapar dengan menstabilkan gula darah. Itulah sebabnya Mama harus menargetkan sekitar 75 gram protein per hari.

Selain kaya akan protein, daging tanpa lemak juga mengandung zat besi tinggi yang berperan menjaga suplai sel darah merah bayi dan menjaga volume darah Mama meningkat saat hamil untuk mencegah anemia. Selain itu, zat besi pada daging juga berperan dalam perkembangan otak bayi.

Namun, pastikan Mama mengonsumsi daging yang dimasak hingga matang dengan suhu internal 70°C hingga 73ºC untuk membunuh bakteri penyebab penyakit seperti E. coli dan Salmonella.

2. Kacang-kacangan

2. Kacang-kacangan
Freepik/Stockking

Salah satu sumber protein vegetarian yang bisa Mama coba adalah lentil. Secangkir lentil yang dimasak mengandung sekitar 17 gram protein dan sekitar 7 miligram zat besi.

Lentil juga kaya akan vitamin B folat atau yang disebut sebagai asam folat dalam suplemen. Folat sangat penting untuk membentuk otak dan sistem saraf bayi, serta memiliki efek perlindungan yang kuat terhadap cacat tabung saraf seperti spina bifida (kelainan lahir di mana tulang belakang tidak terbentuk dengan benar). 

Tak hanya itu, lentil juga tinggi serat yang dapat menjaga sistem pencernaan Mama tetap sehat dan membantu mencegah sembelit di masa kehamilan.

3. Yoghurt

3. Yoghurt
Freepik/Racool_studio

Selama masa kehamilan, bayi di dalam kandungan membutuhkan pasokan kalsium yang stabil untuk mendukung pertumbuhan tulangnya. Tak hanya untuk janin, Mama juga membutuhkan kalsium untuk menjaga tulang tetap kuat, serta membantu fungsi saraf dan otot. 

Oleh karena itu, penting bagi Mama mengonsumsi susu untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian Mama. Selain susu, yoghurt merupakan salah satu pilihan yang bisa Mama konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalsium selama masa kehamilan.

Selain kalsium, yoghurt juga mengandung protein dan folat. Yoghurt juga memiliki kandungan bakteri baik yang dapat membantu Mama mencegah sakit perut serta infeksi jamur yang sering terjadi pada masa kehamilan.

Namun, tidak semua yoghurt dapat memberikan manfaat bagi kesehatan Mama. Sebaiknya, pilih yoghurt plain yang bebas gula tambahan sehingga lebih sehat dan manfaatnya bisa lebih maksimal.

Editors' Picks

4. Ikan salmon

4. Ikan salmon
Freepik/KamranAydinov

Ikan salmon merupakan ikan laut yang sudah sangat terkenal sebagai salah satu makanan terbaik untuk dimakan saat hamil. Ikan ini mengandung DHA omega-3 yang penting untuk kesehatan, seperti berikut:

  • Membantu memetabolisme vitamin yang larut dalam lemak seperti A dan E

  • Membantu mengurangi risiko depresi prenatal

  • Membantu perkembangan mata dan otak bayi

  • Sumber yodium yang baik

Pastikan Mama memilih salmon laut yang segar dibanding dengan salmon hasil budidaya.

5. Buah alpukat

5. Buah alpukat
Pixabay/Kjokkenutstyr

Alpukat merupakan salah satu buah yang sangat disukai banyak orang karena rasanya yang nikmat untuk dimakan langsung ataupun diolah menjadi jus. Selain nikmat, alpukat juga mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh lho, Ma.

Buah alpukat mengandung folat dan vitamin B6 yang dapat meningkatkan pertumbuhan jaringan dan otak yang sehat untuk bayi. Selain itu, alpukat juga dapat membantu meringankan mual yang Mama rasakan selama kehamilan.

Alpukat juga merupakan sumber lemak tak jenuh yang sehat untuk membantu tubuh Mama menyerap banyak vitamin dari buah-buahan yang Mama konsumsi. Kandungan lemak tinggi pada alpukat juga dapat membuat Mama merasa kenyang lebih lama.

6. Edamame

6. Edamame
Freepik/stockking

Edamame adalah kedelai yang berasal dari Jepang yang memiliki warna hijau dan versi yang lebih muda dari kacang kedelai pada umumnya.

Edamame yang dimasak adalah sumber protein vegetarian yang lezat dan kaya akan nutrisi yang penting untuk kehamilan. Secangkir edamame mengandung hampir 100 miligram kalsium, 3,5 miligram zat besi, dan 482 mikrogram folat.

Selain itu, edamame juga mengandung protein asam amino yang dapat meningkatkan tumbuh kembang sel tubuh ibu hamil dan janin. Asam amino juga berperan dalam pembentukan beragam organ tubuh janin menjadi lebih optimal.

7. Wortel

7. Wortel
Freepik/dashu83

Wortel merupakan sayur yang sudah sangat dikenal manfaatnya yang baik untuk kesehatan mata. Warna oranye cerahnya menunjukan bahwa wortel mengandung beta-karoten yang diubah tubuh menjadi vitamin A. 

Vitamin A sangat penting untuk mata, kulit, dan organ bayi yang sedang berkembang. Mama bisa langsung mengonsumsi wortel dalam bentuk mentah, diolah menjadi jus, atau dipotong dan memasaknya menjadi panekuk, muffin, atau roti. 

8. Paprika merah

8. Paprika merah
Freepik/rawpixel.com

Paprika merah adalah bahan makanan yang memberi rasa sedikit pedas sehingga dapat menggugah selera makan Mama, terutama saat nafsu makan menurun karena morning sickness. 

Selain lezat, paprika merah adalah sayuran sumber utama vitamin C dan A, serta serat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Tak hanya itu, paprika merah juga mengandung zat besi yang cukup banyak untuk membantu mencegah anemia selama kehamilan

Mama bisa memasak paprika merah menjadi berbagai masakan lezat, seperti tumis paprika, paprika goreng tepung, paprika isi, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah 8 makanan sehat untuk ibu hamil. Selain makanan yang sehat, Mama juga harus mengimbanginya dengan minum air putih yang cukup, menjaga pola tidur yang sehat, serta rutin melakukan olahraga kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.