9 Kata-Kata Sabar untuk Ibu Hamil agar Tetap Semangat Jalani Kehamilan

Yuk, ingat kata-kata ini untuk menanamkan pikiran positif di masa kehamilan

10 November 2021

9 Kata-Kata Sabar Ibu Hamil agar Tetap Semangat Jalani Kehamilan
Pixabay/xusenru

Kehamilan merupakan proses yang panjang dan penuh perjuangan yang tidak mudah. Ibu hamil akan melalui proses yang sulit, baik secara fisik maupun emosional. 

Oleh karena itu, kata-kata sabar dan penyemangat akan sangat berarti bagi seorang ibu hamil. Kata-kata sabar dapat memberikan perubahan besar dan membantu ibu hamil tetap semangat dan tidak stres demi kesehatan diri sendiri dan janin di dalam perutnya.

Nah, ada banyak sekali kata-kata sabar yang positif untuk menumbuhkan semangat ibu hamil. Sebagai referensi, berikut Popmama.com rangkum kata-kata sabar dan penyemangat untuk ibu hamil. 

1. Hal yang normal menjadi lebih gendut selama hamil

1. Hal normal menjadi lebih gendut selama hamil
Pexels/Amina Filkins

Ibu hamil akan mengalami banyak perubahan hormon. Terkadang, karena terpengaruh hormon, sebagai ibu hamil Mama mungkin pernah merasa sedih karena perut terasa gendut. 

Padahal, menjadi gendut itu adalah hal yang wajar selama kehamilan. Yang terpenting adalah kesehatan Mama dan sang janin. Jadi, janganlah takut gendut saat hamil ya, Ma!

2. Harus tetap bahagia

2. Harus tetap bahagia
Freepik/gpointstudio

Selama masa kehamilan, Mama mungkin khawatir dan mengalami rasa takut berlebihan tentang kehamilan. Namun, penting untuk Mama tetap bahagia dan tidak stres.

Jadi, ciptakanlah banyak kebahagiaan di momen kehamilan. Bagaimanapun juga, kebahagiaan Mama akan memengaruhi perkembangan janin di dalam perut.

3. Tidak perlu membandingkan diri sendiri dengan orang lain

3. Tidak perlu membandingkan diri sendiri orang lain
Freepik/tirachardz

Setiap orang pasti memiliki kisah hidup yang berbeda-beda, baik itu mengenai karir maupun kehidupan pernikahan. Selain itu, setiap orang juga memiliki rintangan hidup dan solusi yang berbeda pula.

Maka dari itu, jika kamu terlambat dikaruniai keturunan, jangan terlalu bersedih. Tidak perlu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Tetaplah fokus dengan kebahagian diri sendiri.

Editors' Picks

4. Bahagia itu datang bersama sabar

4. Bahagia itu datang bersama sabar
Pixabay/tawnyNina

Mengandung anak selama 9 bulan bukanlah hal yang singkat dan mudah. Akan ada banyak lika-liku yang dialami selama hamil.

Namun, perlu diingat bahwa bahagia datang bersama dengan kesabaran. Oleh karena itu, tetaplah sabar saat menjalani proses panjang kehamilan, karena suatu hari nanti, kesabaran pasti akan dibayar dengan kebahagiaan.

5. Akan ada banyak hal yang bisa dipelajari dari anak

5. Akan ada banyak hal bisa dipelajari dari anak
freepik.com

Dari proses kehamilan hingga merawat anak sampai tumbuh besar, akan ada banyak sekali pelajaran yang dapat diambil sebagai orangtua. Meskipun tidak mudah, memiliki anak akan membantu Mama untuk belajar menjadi lebih sabar dan penuh kasih.

6. Berpikir positif adalah cara dalam menjemput kebahagiaan

6. Berpikir positif adalah cara dalam menjemput kebahagiaan
Freepik/yanalya

Saat sedang mengandung, ibu hamil dianjurkan untuk tetap berpikir positif. Hal ini akan memengaruhi perkembangan janin di dalam perut.

Jangan terlalu memikirkan ketakutan-ketakutan yang belum tentu terjadi di masa kehamilan. Justru, berpikir positif akan membuat Mama melakukan segala sesuatu lebih baik daripada berpikir negatif.

7. Meski tak mudah, kehamilan adalah anugerah terindah karena akan banyak hal menakjubkan

7. Meski tak mudah, kehamilan adalah anugerah terindah karena akan banyak hal menakjubkan
Freepik/senivpetro

Semua ibu hamil pasti setuju bahwa masa kehamilan bukanlah proses yang mudah. Ibu hamil akan melalui hari demi hari dengan perjuangan.

Namun, perjuangan Mama tidak akan sia-sia dan perjuangan tersebut akan membawa Mama semakin dekat dengan buah hati. Oleh karena itu, tetaplah optimis dan berikan yang terbaik untuk diri sendiri dan si Kecil di dalam perut.

8. Anak akan menyadari betapa orangtuanya begitu bersabar menanti kehadirannya

8. Anak akan menyadari betapa orangtua begitu bersabar menanti kehadirannya
Freepik/zilvergolf

Proses kehamilan adalah sebuah momen bersejarah yang akan selalu Mama dan Papa ingat. Sebagai orangtua, Mama juga bisa menceritakan proses kehamilan hingga persalinan pada anak.

Dengan begitu, anak akan menyadari bahwa ia begitu berharga bagi kedua orangtuanya. Ia juga akan menyadari dan menghargai perjuangan dan kesabaran orangtuanya dalam mengandung dan membesarkannya.

9. Kehamilan adalah sesuatu yang alami yang bisa dilakukan oleh tubuh

9. Kehamilan adalah sesuatu alami bisa dilakukan oleh tubuh
Freepik/drobotdean

Kata-kata ini dapat menjadi penyemangat keti ibu hamil sedang mengeluhkan gejala-gejala kehamilan yang cukup menyakitkan. Perlu Mama ingat bahwa kehamilan adalah sesuatu yang alami yang bisa dilakukan oleh tubuh. 

Bahkan, pada zaman dahulu, sebelum teknologi medis berkembang seperti saat ini, nenek moyang kita bisa melaluinya kehamilan dan persalinan tanpa adanya informasi dari buku dan kehamilan mereka berjalan baik-baik saja. Jadi, tetap semangat dan nikmati segala proses kehamilan dengan pikiran yang positif.

Nah, itulah 9 kata-kata sabar dan penyemangat untuk ibu hamil. Perlu Mama ingat bahwa kestabilan emosi saat hamil juga sama pentingnya dengan kesehatan tubuh. Jadi, pertahankanlah emosi positif dan tetap semangat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.