5 Manfaat Mandi Air Garam Epsom Saat Hamil

Mandi menggunakan larutan air garam epsom saat hamil membawa berbagai macam manfaat!

24 Mei 2019

5 Manfaat Mandi Air Garam Epsom Saat Hamil
Freepik

Mandi atau berendam menggunakan air garam Epsom belakangan memang begitu populer, terutama di kalangan para perempuan hamil.

Garam yang sebenarnya merupakan kritalisasi dari magnesium dan sulfat ini diyakini membawa berbagai macam manfaat bagi perempuan hamil, termasuk mengatasi berbagai macam keluhan kehamilan seperti pegal-pegal dan nyeri punggung.

Namun sebelum Mama mandi atau berendam menggunakan air garam Epsom, ada beberapa yang harus Mama perhatikan. Yang pertama adalah hindari berendam pada  suhu yang panas. Pastikan suhu air yang digunakan untuk berendam atau mandi itu hangat atau suam suam kuku agar Mama tetap nyaman berendam dan tidak membahayakan kesehatan.

Lalu hindari pula menelan garam Epsom Ma. Karena dilansir dari Livestrong, garam Epsom yang tertelan dapat menyebabkan kontraksi usus, yang bisa memicu terjadinya komplikasi tertentu Ma.

Karena tetap ada risiko yang mengintai, sebelum menggunakan garam Epsom untuk berendam, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu terkait keamananya.

Jika dokter menganggap aman-aman saja, Mama dapat merasakan berbagai macam manfaat  mandi menggunakan air garam Epsom. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Dilansir dari Live Strong dan Healthline, berikut diantaranya:

1. Meredakan pegal-pegal dan sakit punggung

1. Meredakan pegal-pegal sakit punggung
Freepik/Yanalya

Mandi ataupun berendam menggunakan air garam Epsom dapat membantu meredakan pegal-pegal dan sakit punggung yang terjadi selama kehamilan.

Selain itu, garam yang pertama kali ditemui di Inggris ini juga diyakini mampu mengobati kram kaki, salah satu masalah atau keluhan yang dirasakan oleh perempuan hamil.

Editors' Picks

2. Mengurangi rasa gatal

2. Mengurangi rasa gatal
Freepik/Yanalya

Keluhan kulit seperti gatal terkadang dialami sebagain perempuan hamil. Nah, jika Mama termasuk yang mengalaminya, jangan garuk area kulit yang terasa gatal tersebut yuk Ma agar tidak meninggalkan bekas.

Mama lebih disarankan untuk mengoleskan losion yang aman digunakan perempuan hamil atau mandi menggunakan air garam Epsom. Mandi menggunakan air garam Epsom juga diyakini mampu meredakan rasa gatal yang muncul.

3. Meningkatkan “asupan” magnesium

3. Meningkatkan “asupan” magnesium
Freepik

Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan asupan magnesium sering terjadi pada perempuan di usia subur. Padalah saat seorang perempuan hamil, kebutuhan asupan magnesium akan meningkat sehingga penting untuk memenuhi asupan magnesium tersebut dengan baik.

 Cara untuk memenuhi asupan magnesium saat hamil beragam, selain mengonsumsi makanan seperti tahu, pisang, kacang mete, labu, ataupun kacang almond, Mama juga dapat mendapatinya dari berendam menggunakan air garam Epsom.

Sebab meskipun belum ada bukti ilmiah, berendam dalam rendaman garam Epsom memungkinkan tubuh menyerap magnesium.

4. Meredakan stres

4. Meredakan stres
birthorderplus.com

Berendam dalam larutan air garam Epsom dapat membantu meredakan stres yang Mama alami selama kehamilan. Kandungan magnesium yang terdapat pada garam Epsom diyakini dapat membantu mengatasi stres dan bekerja sebagai antidepresan alami.

Selain mandi atau berendam menggunakan air garam Epsom, Mama juga disarankan untuk mengelola stres dengan baik karena stres saat hamil dapat membawa dampak buruk terhadap kesehatan Mama dan janin dalam kandungan.

Baca juga:

5. Mengurangi pembengkakan

5. Mengurangi pembengkakan
baby-chick.com

Seperti dilansir dari Livestrong, mandi atau berendam dalam larutan air garam Epsom dipercaya mampu mengurangi pembengkakan atau edema.

Marybetts, Sinclair, penulis buku “Modern Hydrotherapy for the Massage Therapist” mencatat bahwa mandi atau berendam dalam larutan air garam Epsom sangat bermanfaat dalam mengatasi edema yaitu pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, tangan, atau pun pergelangan tangan akibat dari peningkatan cairan tubuh saat hamil.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.