Jangan Sepelekan, Ini 5 Tanda Bahaya Kehamilan yang Harus Diwaspadai!

Ada beberapa tanda bahaya kehamilan yang harus Mama kenali dengan baik!

13 Februari 2019

Jangan Sepelekan, Ini 5 Tanda Bahaya Kehamilan Harus Diwaspadai
momjunction.com

Beberapa keluhan kehamilan akan Mama rasakan, bahkan terkadang menyebabkan ketidaknyamanan. Keluhan  seperti munculnya rasa nyeri, mudah lelah, sering buang air kecil, pegal-pegal atau bahkan sakit kepala memang menjadi bagian keluhan yang kerap dirasakan perempuan hamil.

Namun tahukah Mama, ada beberapa keluhan yang harus Mama waspadai karena dikaitkan dengan pertanda bahaya dari kehamilan.

Mama ingin tahu apa saja tanda bahaya kehamilan yang perlu diwaspadai? Dilansir dari laman Health24, berikut beberapa diantaranya:  

1. Perdarahan vagina

1. Perdarahan vagina
Freepik

Pada awal kehamilan, perdarahan bisa terjadi karena implantasi. Namun perdarahan lainnya juga patut untuk diwasapadai Ma.

Sebab selain implantasi, perdarahan pada trimester pertama kehamilan juga bisa menjadi pertanda kehamilan ektopik atau keguguran.  Bahkan pada kasus yang lebih serius, perdarahan saat hamil bisa menjadi pertanda Mama mengalami plasenta previa, solusio plasenta, ataupun infeksi.

Mama disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter jika mengalami perdarahan, terlebih jika disertai dengan gejala lain yang muncul.

Baca juga: Mengalami Pendarahan Saat Hamil Tua, Segera Lakukan Ini

2. Sakit kepala dan pandangan kabur

2. Sakit kepala pandangan kabur
Freepik/Dragana Gordic

Sakit kepala yang terjadi secara terus menurus rupanya bisa membahayakan Mama dan janin dalam kandungan.

Apabila Mama mengalami sakit kepala yang disertai dengan gejala lain seperti pandangan kabur, disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Karena ini bisa jadi pertanda dari preeklampsia.

Editors' Picks

3. Bayi tidak bergerak dalam kandungan

3. Bayi tidak bergerak dalam kandungan
Freepik/Pressfoto

Jika gerakan bayi atau tendangan bayi dalam kandungan tidak Mama rasakan seperti biasa, Mama bisa mencoba untuk mengonsumsi jus buah agar bayi terangsang untuk bergerak.

Jika cara ini telah dilakukan dan gerakan bayi dalam kandungan tidak Mama rasakan, segera konsultasikan ke dokter untuk memastikan kondisinya.

Sebab umumnya janin akan melakukan gerakan menendang atau gerakan lainnya sebanyak 10 kali dalam kurun waktu 2 jam.

Gerakan bayi dalam kandunan harusnya semakin terasa seiring bertambahnya usia kehamilan.

Baca juga: Janin Tak Aktif Bergerak dalam Kandungan, Bahaya atau Tidak?

4. Pembengkakan pada area kaki, tangan atau wajah secara tiba-tiba

4. Pembengkakan area kaki, tangan atau wajah secara tiba-tiba
Freepik/Freepic.diller

Saat hamil beberapa perubahan tubuh seperti kenaikan berat badan dan pembengkakan pada area tubuh tertentu seperti tangan, kaki dan wajah memang akan Mama alami. Ini merupakan pengaruh perubahan hormon dan tidak perlu dikhawatirkan.

Namun ada beberapa kondisi yan harus Mama perhatikan dan waspadai. Jika pembengkakan yang Mama alami terjadi secara tiba-tiba disertai dengan gejala lain seperti sakit kepala, pandangan yang kabur dan nyeri ulu hati, ada baiknya untuk segera berkonsultasi ke dokter.  

5. Nyeri punggung bawah secara terus menerus

5. Nyeri punggung bawah secara terus menerus
Freepik/Yanalya

Selama kehamilan sebagian besar perempuan akan mengalami nyeri punggung bagian bawah.

Namun jika ini Mama rasakan secara terus menerus, maka tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter. Karena ini bisa jadi pertanda dari infeksi ginjal ataupun infeksi kandung kemih.

Itulah tanda bahaya yang mungkin terjadi selama kehamilan dan perlu Mama waspadai. Mama disarankan untuk segera mengonsultasikan ke dokter jika merasakan gejala yang aneh terutama jika disertai dengan gejala lainya.

Baca juga: 7 Tips Mudah Mengatasi Nyeri Punggung di Kehamilan Trimester Ketiga

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!