Manis Asam dan Menyegarkan, Ini Manfaat Buah Gandaria untuk Ibu Hamil

Buah yang juga dikenal dengan nama jatake ini punya berbagai manfaat kesehatan lho

23 Juni 2020

Manis Asam Menyegarkan, Ini Manfaat Buah Gandaria Ibu Hamil
freepik.com/jimbonphoto

Indonesia merupakan negara yang memiliki aneka buah-buahan khas yang unik. Buah gandaria, misalnya. Buah dengan nama latin Bouea macrophylla ini punya warna hijau saat masih muda, dan kuning jingga cerah saat sudah matang, dengan daging buah yang lembut. Termasuk dalam keluarga buah mangga, buah gandaria yang juga dikenal dengan nama jatake dan memiliki rasa asam manis ini punya berbagai manfaat kesehatan. 

Buah gandaria relatif aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Berikut Popmama.com merangkum manfaat buah gandaria untuk ibu hamil:

1. Mencukupi kebutuhan zat besi

1. Mencukupi kebutuhan zat besi
freepik.com/akkaraks

Saat hamil, volume darah ibu hamil meningkat. Oleh karenanya, dibutuhkan nutrisi untuk memasok oksigen yang dialirkan oleh darah ke seluruh tubuh mama dan janin.

Zat besi adalah mineral yang berfungsi untuk memproduksi sel darah merah. Dengan mencukupi kebutuhan zat besi, ibu hamil juga akan terhindari dari anemia yang dapat meningkatkan risiko bayi lahir secara prematur.

Editors' Picks

2. Meningkatkan sistem imun

2. Meningkatkan sistem imun
freepik.com/doraclub

Penting bagi ibu hamil untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehat dan tahan dari serangan penyakit karena bukan hanya menanggung diri sendiri, melainkan juga bayi yang dikandungnya. Karena itulah, sistem imunitas tubuh harus dijaga.

Buah gandaria merupakan jenis buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin C berperan dalam meningkatkan imunitas tubuh serta memproduksi sel darah putih yang merupakan garda tubuh untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit. 

3. Melancarkan peredaran darah

3. Melancarkan peredaran darah
freepik.com/sommail

Buah gandaria merupakan buah yang mengandung banyak air. Buah-buahan yang mengandung banyak air terbukti dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi karena mampu membuat aliran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar. Kinerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh juga jadi lebih mudah dan ringan bila aliran darah lancar dan darah yang tak terlalu kental.

4. Melancarkan pencernaan

4. Melancarkan pencernaan
freepik.com/sommail

Sembelit merupakan masalah yang umum dialami ibu hamil karena perubahan hormon dan kinerja usus yang melambat agar penyerapan nutrisi untuk janin menjadi lebih maksimal. Dengan kandungan serat dan air yang cukup tinggi, buah gandaria dapat membantu melancarkan pencernaan ibu hamil. Tinja yang keras pun bisa dilunakkan dengan konsumsi buah gandaria secara teratur.

5. Membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin

5. Membantu pertumbuhan tulang gigi janin
freepik.com/sommail

Selama masa kehamilan, tubuh mama memerlukan nutrisi yang lengkap untuk membantu membangun organ-organ tubuh janin yang dikandung. Termasuk pertumbuhan tulang dan gigi janin. Buah gandaria mengandung kalsium yang memiliki fungsi untuk membantu pembentukan tulang dan gigi. Bukan hanya untuk Mama, kalsium juga akan diserap oleh si Kecil di dalam kandungan.

Buah gandaria memang nikmat disantap. Namun perlu diingat, sama seperti buah-buahan lainnya, konsumsilah buah gandaria secukupnya, tidak berlebihan dan jangan kebablasan. Mama juga sebaiknya tidak hanya mengandalkan pada satu jenis buah saja untuk memenuhi gizi nutrisi selama hamil. Konsumsilah buah dan sayuran yang beragam agar semakin banyak nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. 

Demikian lima manfaat buah gandaria untuk ibu hamil. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.