Catat! Ini 5 Merek Susu BBLR untuk Bayi Prematur yang Bisa Mama Pilih

Pemberian susu formula untuk bayi prematur dan berat badan rendah harus sesuai konsultasi dokter

12 Oktober 2020

Catat Ini 5 Merek Susu BBLR Bayi Prematur Bisa Mama Pilih
Pexels/Tuấn Kiệt Jr.

Sejatinya, ASI adalah makanan terbaik untuk bayi mama. Namun, ada berbagai kondisi yang mengharuskan bayi mama diberi susu formula karena lahir dengan berat badan lahir rendah (BBLR) atau lahir prematur.

Selain itu, kondisi dari ibu melahirkan seperti ASI tidak keluar juga menjadi salah satu alasan bayi diberi susu formula. Kandungan gizi dan nutrisi dari susu formula saat ini cukup lengkap karena mengandung karbohidrat, lemak, protein, dan mineral.

Untuk Mama yang masih menimbang susu formula terbaik untuk bayi prematur, berikut Popmama.com rangkum informasi merek susu BBLR untuk bayi prematur yang bisa Mama pilih.

Namun, pastikan Mama berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak pilihan mama sebelum memberikan susu formula untuk si Kecil, ya.

1. Enfamil A+ Prematur

1. Enfamil A+ Prematur
Tororo.com

Enfamil A+ Premature bisa diberikan untuk bayi mama yang lahir prematur. Dengan kandungan DHA dan ARA yang baik untuk perkembangan otak serta prebiotik GOS untuk kesehatan pencernaan dan nutrisi penting lainnya. Enfamil A+1 diproduksi oleh Mead Johnson yang telah berpengalaman lebih dari 100 tahun dalam bidang nutrisi pediatrik.

Editors' Picks

2. Enfamil Nutramigen LGG

2. Enfamil Nutramigen LGG
Enfamil.com

Enfamil Nutramigen LGG adalah susu bayi hipoalergenik untuk bayi yang alaergi terhadap protein susu sapi. Susu formula ini bisa membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Enfamil Nutramigen LGG mengandung protein terhidrolisa ekstensif sehingga sangat kecil kemungkinannya memicu reaksi alergi pada si kecil.

Susu ini juga mengandung probiotik lactobacillus rhamnosus GG yang mendukung kesehatan pencernaan. Selain itu, Enfamil Nutramigen LGG adalah susu yang bebas laktosa  dan mengandung DHA 17 mg/100 kkal & ARA 34 mg/100 kkal. Serta mengandung Vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, E, K untuk optimalkan perkembangan si Kecil.

3. Lactogen Premature

3. Lactogen Premature
Tokopedia.com

Lactogen Premature adalah susu formula bayi yang ditujukan untuk bayi prematur dan berat badan bayi lahir rendah. Bisa membantu membantu asupan nutrisi untuk pertumbuhan berat badan bayi dengan kandungan kalori yang tinggi. Lactogen Premature bisa jadi pilihan mama sebagai rekomendasi susu BBLR untuk bayi prematur.

4. SGM BBLR Presinutri

4. SGM BBLR Presinutri
Tokopedia.com

Produk susu dari SGM ini mengandung bahan-bahan yang dibutuhkan bayi saat baru lahir. Ada kandungan kalsium, protein, zat besi serta vitamin A,E,K,D3,B6, dan B12. Diformulasikan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada bayi prematur atau dengan berat badan rendah. Meski begitu, Mama harus tetap berkonsultasi dengan dokter soal pemberian susu formula ini.

5. Similac NeoSure 

5. Similac NeoSure 
Similac.com

Similac NeoSure dirancang untuk bayi dengan riwayat prematur dan BBLR setelah keluar dari rumah sakit. Similac NeoSure dapat diberikan sebagai pengganti ASI di bawah pengawasan dokter spesialis jika pemberian ASI tidak memungkinkan. Terdapat kandungan zat besi yang tepat untuk bayi prematur dan BBLR. Selain itu, Similac NeoSure juga bisa digunakan sebagai penguat/ tambahan ASI yang membantu tumbuh kembang bayi prematur dan BBLR.

Itulah tadi daftar merek susu BBLR untuk bayi prematur yang bisa dijadikan pilihan. Namun tetap saja, segala pemberian susu selain ASI untuk bayi harus di bawah pengawasan dokter. Apalagi jika ada kondisi yang membuat Mama tidak bisa memberikan ASI kepada si Kecil.

Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.