Ini Ma! 7 Barang yang Wajib Dibawa Saat Traveling Bersama Bayi

Pastikan benda-benda ini Mama bawa saat traveling supaya tidak repot di perjalanan

18 Agustus 2019

Ini Ma 7 Barang Wajib Dibawa Saat Traveling Bersama Bayi
Flickr/Eugenio WIlman

Yay! Akhirnya si Kecil bisa diajak traveling juga ya, Ma! Berhubung ini kali pertamanya mengajak traveling bayi, pasti Mama bingung harus membawa apa saja perlengkapannya.

Tidak perlu khawatir dan bingung, Ma. Juga tidak perlu membawa seisi rumah untuk dibawa traveling hanya karena si Kecil kali ini ikut.

Cukup bawa barang secukupnya, yang terpenting 7 barang ini jangan sampai lupa Mama bawa!

Baca juga:

1. Pakaian

1. Pakaian
primark.com

Tentu pakaian adalah hal pertama yang wajib dibawa. Bawa pakaian sesuai dengan destinasi liburan yang akan Mama tuju. Siapkan baju sleeveless dan baju renang jika tujuan Mama berlibur ke pantai, atau sweater dan baju lengan panjang jika Mama berlibur di pegunungan.

Namun, dimana pun destinasi tempat wisata yang akan Mama tuju, tetap siapkan jaket dan selimut, serta kaos kaki untuk berjaga-jaga jika udara tiba-tiba dingin sekali. Hal ini untuk mencegah Si Kecil masuk angin atau kedinginan.

Bawa baju secukupnya, tidak perlu berlebihan, jika mau melebihkan baju, lebihkan sekitar 2-3 baju cadangan saja.

2. Perlengkapan bayi

2. Perlengkapan bayi
zelenaucionica.com

Perlengkapan bayi yang perlu Mama bawa antara lain:

  • Popok, bawa secukupnya, jika habis, Mama dapat membelinya di minimarket terdekat. Supaya isi koper tidak penuh hanya dengan popok saja.
  • Perlak, ini sangat berguna sebagai alas untuk mengganti popok dimana pun.
  • Alat mandi, bawa alat mandi standar saja seperti handuk, sabun (2in1 dengan shampo), sikat gigi, minyak telon.
  • Sticker anti nyamuk atau lotion anti nyamuk, antisipasi tempat wisata yang dikunjungi banyak nyamuk, bisa menghindari Si Kecil rewel karena digigit nyamuk
  • Stroller/Baby Carrier, jika tidak ingin repot membawa keduanya, Mama bisa memilih untuk membawa salah satunya dan menyesuaikan dengan tempat liburan yang akan Mama tuju. Jika tempat wisata yang akan dikunjungi banyak tangga atau jalannya tidak mulus, baby carrier mungkin akan lebih baik dibawa dibandingkan stroller. Namun, jika tidak ingin membawa keduanya, Mama juga dapat mencari pinjaman di tempat setempat.

3. Botol minum & alat makan

3. Botol minum & alat makan
punkymoms.com

Cukup membawa satu botol minum dan alat makan standar pada saat berlibur. Bawa juga wadah makanan yang berguna untuk menyimpan makanan si Kecil yang tidak habis, dan bisa dimakan lagi sewaktu-waktu baik di mobil atau di perjalanan. Karena biasanya bayi hanya dapat makan sedikit-sedikit namun sering bukan?

Editors' Picks

4. Makanan instan

4. Makanan instan
woolworths.com.au

Meski memang terdengar tidak sehat, dan makanan mungkin adalah prioritas utama yang Mama pikirkan saat mengajak si Kecil berlibur, tapi menyiapkan makanan dan membawa food processor saat berlibur akan sangat merepotkan.

Untuk makanan sendiri sebenarnya si Kecil dapat makan di hotel atau restoran tempat Mama makan juga, tentunya dari sekian banyak menu, ada juga menu yang dapat dimakan olehnya. Untuk cemilan Mama bisa membeli buah atau biskuit bayi di minimarket atau supermarket terdekat dengan tempat wisata.

Makanan instan hanya sebagai cadangan apabila Mama tidak menemukan minimarket atau supermarket terdekat dan si Kecil sudah terlalu lapar hingga tantrum atau sebagainya.

5. Obat-obatan

5. Obat-obatan
mynameisola.com

Obat-obatan yang Mama bawa hanya obat-obatan standar seperti obat penurun panas, obat diare, obat muntah, atau jika memang si Kecil memiliki suatu jenis penyakit tertentu, dapat membawa obat tersebut.

Namun pastikan si Kecil sedang dalam keadaan fit saat akan pergi berlibur. Karena jika dia sakit, liburan tentu terasa tidak menyenangkan. Jaga kondisi tubuhnya sebelum pergi berlibur ya, Ma.

Baca juga:

6. Tisu antiseptik

6. Tisu antiseptik
Flickr/Your Best Digs

Tisu antiseptik sangat berguna dalam berbagai hal. Bisa untuk membersihkan high chair di restoran, membersihkan tangan si Kecil sehabis melakukan berbagai aktivitas, dan banyak lainnya.

Selain tisu antiseptik, ada juga jenis semprotan antiseptik khusus bayi, yang bisa jadi bahan pertimbangan untuk dibawa.

7. Mainan

7. Mainan
Maxpixel.net

Barang satu ini tentu tidak lepas dari si Kecil ya, Ma. Namun, jangan terlalu berlebih membawa mainan atau isi koper Mama hanya akan penuh dengan mainan. Cukup membawa mainan favoritnya, lebih kecil bentuknya akan lebih baik.

Mainan disini hanya untuk menenangkan si Kecil saat sedang bosan, atau membuat dia ada kegiatan selama di perjalanan. Jika anak Mama memang mudah bosan, Mama bisa mencari cara lain seperti bernyanyi selama di perjalanan, menonton film di gadget, atau mengajaknya mengobrol.

Selamat berjalan-jalan, Ma!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;