Cara Irish Bella Memilih Popok yang Nyaman untuk Air Rumi

Bisa ditiru tips dalam memilih popok untuk si Kecil nih, Ma

13 Oktober 2021

Cara Irish Bella Memilih Popok Nyaman Air Rumi
Instagram.com/_irishbella_

Di masa pandemi saat ini, banyak orangtua yang waswas mengenai kesehatan buah hatinya. Hal ini juga dirasakan Irish Bella yang sudah setahun lebih menjadi seorang Mama di tengah pandemi.

“Di masa pandemi, aku jadi semakin protektif dalam menjaga kebersihan serta memilih produk yang aman dan nyaman untuk Air Rumi,” ujar Irish Bella dalam acara webinar Virtual Press Launch Merries Skin Protection Selasa (12-10-2021).

Menurut Irish Bella, salah satu perlengkapan bayi yang paling penting adalah popok. Mama perlu memilih popok yang terbaik dan higienis sehingga aman bagi kulit bayi. Apalagi kulit bayi sangat rentan mengalami iritasi karena bakteri atau jamur.

Meskipun baby Air tidak memiliki kulit yang sensitif, Irish Bella tetap memperhatikan kualitas popok demi kenyamanan buah hatinya. Ia memilih popok yang dapat mencegah bakteri demi kesehatan kulit Air Rumi.

Nah kali ini Popmama.com akan mengulas mengenai cara memilih popok yang aman untuk bayi. Langsung saja simak informasinya ya, Ma!

1. Pastikan ukuran popok sesuai

1. Pastikan ukuran popok sesuai
Freepik/yanalya

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam memilih popok bayi adalah ukurannya. Alangkah baiknya Mama tidak menstok popok bayi dalam jumlah yang banyak karena pertumbuhan bayi bisa sangat cepat sehingga perlu mengganti ukuran popoknya. 

"ukuran popok bayi ditentukan dari berat badan bayi, bukan dari usianya," ujar dr. Andreas, Sp.A, Dokter Spesialis Anak. Jadi, jika popok bayi sudah sesak karena kekecilan, itu pertanda bahwa si Kecil sudah perlu ganti ukuran popok ya, Ma. 

Editors' Picks

2. Pilih popok yang terbuat dari bahan yang nyaman

2. Pilih popok terbuat dari bahan nyaman
Freepik/user13400093

Selain ukuran, bahan popok juga harus menjadi pertimbangan Mama dalam membeli popok bayi. Pastikan popok terbuat dari bahan yang lembut dan sirkulasi udara yang baik. Selain itu, pastikan juga popok cukup elastis agar tidak terjadi iritasi pada kulit bayi.

3. Pastikan popok memiliki daya serap tinggi agar bayi terhindar dari ruam popok

3. Pastikan popok memiliki daya serap tinggi agar bayi terhindar dari ruam popok
Pexels/william-fortunato

Pada umumnya, bayi akan sering buang air kecil dan besar sepanjang hari. Inilah sebabnya penting bagi Mama untuk memilih popok yang memiliki daya serap tinggi.

Popok yang baik harus mampu menyerap banyak air kencing dan kotoran tanpa bocor atau menjadi kendur. Popok yang bocor dapat menyebabkan kulit bayi basah, sehingga menyebabkan iritasi dan ruam popok. Selain itu, pastikan rutin mengganti popok bayi 3 hingga 4 jam sekali agar tidak lembap.

4. Pastikan membeli popok dengan merek terpercaya

4. Pastikan membeli popok merek terpercaya
freepik.com/wavebreakmedia-micro

Sebaiknya dalam memilih popok untuk bayi, Mama mempertimbangkan merek yang sudah terpercaya kualitasnya. Pilih merek popok dari perusahaan yang memiliki inovasi untuk mengembangkan kualitas popoknya. Selain itu, pertimbangkan juga popok dari perusahaan yang memiliki keahlian dalam melakukan penelitian untuk menghasilkan popok yang berkualitas.

5. Pastikan popok yang digunakan bayi sudah teruji secara klinis.

5. Pastikan popok digunakan bayi sudah teruji secara klinis.
Freepik/Joaquincorbalan

Bayi cenderung memiliki kulit yang sensitif sehingga rentan mengalami masalah seperti ruam, iritasi, hingga infeksi. Oleh karena itu, penting bagi Mama untuk memilih popok yang sudah teruji secara klinis agar keamanannya terjamin. Jangan sampai si Kecil mengalami masalah kulit yang akan membuatnya tidak nyaman ya, Ma!

Nah itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih popok bayi. Yuk berikan yang terbaik untuk si Kecil demi kenyamanan dan kesehatannya. Semoga informasi ini bermanfaat ya Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.