10 Buah yang Baik untuk Pencernaan Bayi, Bisa Atasi Sembelit

Namun, jangan memberi buah terlalu banyak ya, Ma

18 Juli 2020

10 Buah Baik Pencernaan Bayi, Bisa Atasi Sembelit
Freepik

Ketika bayi mulai mengenal MPASI, kemungkinan bayi mengalami masalah pada sistem pencernannya sangatlah besar.

Tentunya hal ini sangat wajar dialami bayi saat peralihan makanan dari cair ke padat. Organ pencernaan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan kondisi itu, sehingga gangguan mungkin saja terjadi. 

Ketika bayi mengalami masalah tersebut, tentu ia akan merasa tak nyaman dan sangat  rewel.

Mama bisa mencegah terjadinya masalah pencernaan dengan memberikan buah. Namun, pastikan Mama tidak memberikannya secara berlebihan. Sebab, berbeda dengan orang dewasa, pemberian buah yang berlebihan pada bayi justru dapat menyebabkan sembelit.

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa pilihan buah yang bagus untuk pencernaan bayi. Yuk, simak selengkapnya.

1. Apel merah

1. Apel merah
Pixabay/marijana1

Apel mengandung serat-serat yang terdiri dari sekitar 1,2 gram serat yang mudah diserap dan 2,8 gram serat yang tidak dapat diserap. Fases dapat melunak dan waktu mencerna makanan bisa menjadi lebih cepat karena pektin pada apel. Disarankan untuk mengonsumsi apel beserta kulitnya agar semakin banyak serat yang dimakan.

2. Jeruk

2. Jeruk
Unsplash/Monika Grabkowska

Vitamin C yang terdapat pada jeruk dapat membantu memadatkan feses. Satu buah jeruk mengandung serat sekitar 3,1 gram. Jeruk utuh lebih bergizi daripada jus jeruk. Bagian jeruk yang mengandung paling banyak serat adalah serat-serat putih di antara daging jeruk.

3. Pisang

3. Pisang
Unsplash/Louis Hansel

Buah pisang sudah dikenal secara luas mempu melancarkan pencernaan. Pisang dapat melunakkan feses karena kaya akan serat.

4. Tomat

4. Tomat
Freepik/Racool_studio

Selain berserat tinggi, tomat baik untuk kesehatan fungsi hati. Jika dikonsumsi dalam jumlah dalam jumlah normal, tomat sangat berkhasiat untuk melancarkan sistem pencernaan si Kecil.

Tomat juga kaya akan vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi.

Editors' Picks

5. Pepaya

5. Pepaya
Unsplash/Ilyuza Mingazova

Buah ini mengandung zat yang dapat melancarkan sistem pencernaan, mencegah sembelit, dan mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, pepaya adalah buah yang relatif murah dan mengandung antioksidan dan antikanker.

6. Pir

6. Pir
Pexels/Tatiana

Satu buah pir berukuran sedang mengandung kurang lebih 5.5 gram serat. Kandungan fruktosa dan sorbitol pada pir membantu meredakan sembelit, melancarkan pencernaan, dan mencegah dehidrasi.

7. Buah naga

7. Buah naga
Freepik/dashu83

Buah naga kaya akan vitamin, mineral, air, dan serat yang dapat melancarkan pencernaan. Dagingnya yang lembut juga akan disukai bayi. Meskipun demikian, efek samping makan buah naga adalah feses dan urine akan berwarna merah gelap.

8. Plum

8. Plum
Freepik/Foodiesfeed

Buah plum memiliki kandungan sorbitol, kalium, dan antioksidan. Kandungan tersebut dapat melancarkan pencernaan dan melawan sumber penyakit lainnya.

9. Alpukat

9. Alpukat
blogspot.com

Buah alpukat mengandung serat sekitar 2,2 gram di setiap 100 gram berat buah tersebut. Alpukat terbukti dapat melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit pada si Kecil.

10. Buah beri

10. Buah beri
Pixabay/Couleur

Rasberi mengandung delapan gram serat. Kegunaan rasberi dapat melancarkan sistem pencernaan, dan meredakan sembelit. Jenis beri lainnya yaitu bluberi, juga mampu melancarkan pencernaan si Kecil. Kandungan serat bluberi adalah 3,6 gram. Manfaat bluberi lainnya adalah meredakan wasir dan divertikulosis. Sementara itu, stroberi mengandung 3 gram serat dan blackberry mengandung 7,6 gram serat.

Namun, Mama sebaiknya memberikan buah beri saat bayi sudah berusia delapan bulan agar lebih bisa menerima rasanya yang cenderung asam.

Nah, itu dia Ma beberapa buah yang bagus untuk pencernaan bayi. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.