Bisa Atasi GTM, Ini 5 Rekomendasi Natural Food Powder versi Popmama

Bayi 8 bulan bisa menggunakannya Ma!

27 Februari 2019

Bisa Atasi GTM, Ini 5 Rekomendasi Natural Food Powder versi Popmama
instagram.com/viand_bevande
food powder baby

Seiring bertambahnya kemajuan zaman, bertambah juga aneka produk makanan yang aman untuk bayi. Salah satunya adalah produk natural food powder.

Natural food powder  adalah makanan berbentuk bubuk yang diolah dari bahan makanan alami. Makanan bubuk ini digunakan karena praktis, gizinya terukur, dan aman sebab dibuat dari bahan alami. Makanan kemasan ini sekarang dipakai untuk menambah rasa dan selera. Bisa dipakai jika anak mengalami kesulitan makan.

Mama mau coba? Cek rekomendasi Popmama.com ini ya!

1. Kaldu Aidan Kitchen

1. Kaldu Aidan Kitchen
instagram.com/febyeles
food powder baby

Produk Aidan Kitchen banyak mengandung protein hewani. Usaha yang berasal dari Gresik, Jawa Timur, ini patut diacungi jempol karena varian kaldunya yang tanpa MSG, tanpa gula, dan tanpa garam sehingga aman untuk MPASI bayi. Varian yang dijual oleh Aidan Kitchen adalah tempe, ayam, sapi, jamur, salmon, tuna, dan udang.

Selain food powder, Aidan Kitchen juga menawarkan abon khusus bayi dengan aneka protein seperti ayam, tuna, salmon, sapi, dan ikan lele. Abon ini bisa digunakan untuk bayi 7 bulan ke atas, karena tidak ada pengawet, MSG, dan gula garam.

Harga: Rp15.000 - Rp70.000 (tergantung variasi)

2. Lingkar Organik Maseko

2. Lingkar Organik Maseko
instagram.com/lingkar_organik
food powder baby

Usaha yang berasal dari Yogyakarta, Jawa Tengah, ini merupakan sebuah unit pemberdayaan ekonomi dan komunitas pemberdayaan petani. Jadi gak heran kalau Mama bakal menemukan aneka produk sehat sekaligus natural di sini. Maseko merupakan produk food powder unggulan mereka. Dinamakan Maseko karena singkatan dari Masak Enak Tanpa Risiko, jadi food powder ini sama sekali tidak mengandung MSG dan gula garam.

Diproduksi oleh ibu-ibu rumah tangga di Sleman, food powder Maseko terbuat dari jamur, ayam kampung, dan sapi. Namun baru-baru ini mereka menambahkan food powder yang terbuat dari daun kelor. Selain food powder, Lingkar Organik juga menjual mie sehat dari bahan alami, aneka tepung sehat, variasi beras mix, serta kecap. Enaknya lagi, kamu bisa dapatkan semua dengan harga yang cukup terjangkau!

Harga: Rp20.000 - Rp35.000 (tergantung variasi)

Editors' Picks

3. MommyJ Food Powder

3. MommyJ Food Powder
instagram.com/mommyjhealthyhomemade
food powder baby

Produk keluaran dari Kuala Lumpur, Malaysia, ini mudah ditemui di online shop yang menjual produk-produk sehat dan natural. Ada 13 varian food powder yang dikeluarkan oleh MommyJ, bahkan beberapa di antaranya dikhususkan untuk pelaku vegan. Jika Mama melihat ke Instagram MommyJ, maka Mama akan disuguhi berbagai ide resep sehat baik untuk MPASI, BLW, atau makanan biasa dengan menggunakan variasi food powder MommyJ.

Harga: Rp60.000 - Rp110.000 (tergantung variasi)

4. Pura Seasoning

4. Pura Seasoning
instagram.com/puraindonesia
food powder baby

Jika tiga produk di atas aman digunakan mulai bayi umur 6 bulan, maka produk dari Pura Indonesia ini hanya boleh digunakan mulai umur 10 bulan ke atas. Hal itu karena adanya tambahan himalayan salt dalam food powder yang dijual oleh Pura Indonesia. Pura Seasoning juga dikenal sehat karena ditambah dengan aneka rempah, tanpa MSG, dan tanpa gula.

Hanya dua varian food powder yang dijual oleh Pura Indonesia, yaitu varian ayam dan sapi. Untuk penggunaannya, Mama bisa menaburkan sedikit bubuk Pura Seasoning di makanan bayi umur 10 bulan. Bubuk ini hanya bertindak sebagai penyedap, jadi tidak perlu banyak-banyak.

Harga: Rp129.000 per variasi

5. Viand-Bevande Food Powder

5. Viand-Bevande Food Powder
instagram.com/viand_bevande
food powder baby

Diawali dari berjualan susu almond sehat, Viand-Bevande mengembangkan usahanya dengan berjualan natural food powder yang bisa dicampur dengan MPASI bayi. Ada sembilan food powder yang berasal dari protein nabati, yaitu wortel, jamur shitake, brokoli, sayur kale, bayam merah, beet, sayur pakcoy, sayur buncis, dan labu parang.

Baru-baru ini, Viand-Bevande mengeluarkan produk terbaru yaitu food powder whitebait (teri nasi) dan food powder anchovy. Food powder berbahan protein hewani dari ikan ini bisa digunakan mulai MPASI umur 6 bulan, sebagai pengganti garam. Viand-Bevande juga memilih ikan kualitas terbaik untuk dijadikan food powder, yang sama sekali tidak mengandung formalin dan pemutih.

Harga: Rp80.000 - Rp150.000 (tergantung variasi)

Itulah lima rekomendasi food powder yang aman dikonsumsi bayi saat mulai MPASI. Dijamin deh, setelah ini sudah tidak ada lagi yang namanya drama anak tak mau makan karena GTM.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!