Sedikit Tapi Sering, Ini 5 Tips Memberi Makan Bayi saat Sedang Diare

Meski sedang sakit, si Kecil tetap perlu diberi makan. Ini tips dan triknya!

2 Oktober 2018

Sedikit Tapi Sering, Ini 5 Tips Memberi Makan Bayi saat Sedang Diare
Freepik/user3802032

Bagi Mama yang memiliki bayi, masalah kesehatan seperti diare sepertinya sering sekali terjadi. Kalau sudah seperti ini, duh Mama pasti khawatir dan bingung dibuatnya. Bagaimana tidak, diare tidak hanya membuat tubuh anak lemas tak berdaya, anak juga jadi lebih rewel dan kehilangan nafsu makan atau minum.

Karena anak susah makan, maka Mama biasanya lebih permisif dalam memberikan pilihan makanan untuk si Kecil yang sedang diare.

Dengan alasan, “Yang penting anak mau makan,” maka apapun yang anak mau makan, Mama pasti memberikannya. Padahal, memberi makan anak saat ia sedang diare tidak boleh sembarangan lho, Ma.

Untuk itu, Dr. Cut Nurul Hafifah, SpA, dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memberikan rekomendasi pemberian makan dan minum yang tepat saat anak sedang diare.

Mau tahu anjuran IDAI? Simak 5 tips di bawah ini yuk, Ma.

1. Siapkan oralit

1. Siapkan oralit
Freepik/Bearfotos

Seperti yang Mama ketahui, diare menyebabkan anak banyak kehilangan cairan tubuh. Untuk itu, anak sangat rentang mengalami dehidrasi. Menurut Dr. Nurul, anak dengan dehidrasi ringan akan terlihat kehausan, namun anak yang dehidrasi berat justru akan malas minum. Ini sangat berbahaya dan harus Mama antisipasi dengan memberikan oralit.

Berikan oralit sekitar 10 ml per kilogram berat badan anak. Jadi, jika berat badan anak 10 kilogram, maka ia membutuhkan 100 ml oralit setiap diare. Beberapa anak mungkin sering muntah setelah minum oralit, bagaimana mengatasinya? Dr. Nurul menyarankan untuk menunda dulu sebentar, baru memberikan oralit lagi sedikit demi sedikit.

Editors' Picks

2. Jangan menghentikan ASI

2. Jangan menghentikan ASI
Freepik/zilvergolf

ASI memang dikenal kaya manfaat bagi tubuh anak. Untuk itu, jangan menghentikan pemberian ASI saat anak diare, karena ASI memberikan efek proteksi pada terjadinya diare. Perlu Mama ketahui, ASI memiliki kandungan laktosa yang tidak menyebabkan diare semakin parah, maka ini sangat tepat untuk diberikan pada bayi.

Bagaimana dengan anak yang diberikan susu formula? Beberapa penelitian menyebutkan manfaat mengganti susu formula anak, ke susu formula laktosa saat sedang diare. Namun menurut Dr. Nurul, pemberian susu formula bebas laktosa saat sedang diare masih kontroversial.

3. Makanan yang banyak mengandung air

3. Makanan banyak mengandung air
Freepik/timolina

Saat anak di atas 6 bulan mengalami diare, sangat penting untuk memberinya makanan yang banyak mengandung air, seperti sup, yogurt, atau air kelapa. Bolehkah diberi jus buah? Jika anak Mama masih di bawah 12 bulan, maka sebaiknya jangan diberkan jus dulu ya, Ma.

Menurut Dr. Nurul, jus buah mengandung sukrosa, fruktosa, dan sorbitol, yang justru meningkatkan osmolalitas. Hindari juga pemberian minuman manis atau soda saat anak diare ya, Ma. Daripada jus, lebih baik Mama memberi makanan tinggi kalium, seperti pisang.

4. Sedikit tapi sering

4. Sedikit tapi sering
Freepik

Berilah anak makan dalam porsi kecil, namun sering. Ini akan lebih baik dari memberinya makan banyak sekaligus, yang justru membuat anak semakin tidak nafsu makan. Menurut Dr. Nurul, saat diare anak mungkin akan merasa mual atau malah sering muntah, di sinilah peran penting pemberian makan sedikit tapi sering, agar lebih mudah diterima anak.

Namun karena porsinya lebih kecil, maka pemberiannya juga harus lebih sering atau sekitar 3 sampai 4 jam sekali.

Baca juga: Cara yang Tepat Atasi Diare pada Bayi

5. Tetap berikan MPASI

5. Tetap berikan MPASI
Freepik/Presspoto

Bagi bayi yang usianya sudah di atas 6 bulan, diare tidak berarti Mama harus menghentikan pemberian MPASI. Menurut Baby Center, pemberian MPASI harus tetap dilanjutkan, kecuali anak sangat sering muntah. Mama bisa memberikan makanan yang dikenal baik untuk dikonsumsi saat anak diare, seperti BRAT:

B: Bananas (pisang)

R: Rice (nasi)

A: Apple puree (puree apel) 

T: Toast (roti panggang)

Jika anak Mama sudah di atas 1 tahun, Mama bisa memberinya ayam dan makanan yang mengandung tepung kanji, seperti mashed potato atau pasta. Kalau anak tidak mau makan atau makannya hanya sedikit, jangan terlalu panik, Ma. Menurut Baby Center, lebih penting anak mau minum banyak saat diare, karena ini dapat mencegah dehidrasi.

Ternyata memberi makan anak saat diare tidak sesulit yang Mama bayangkan, kan?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.