Bayi Umur 9 Bulan Belum Tumbuh Gigi, Apa Penyebabnya?

Bayi belum tumbuh gigi di umur 9 bulan, normal nggak ya?

30 November 2020

Bayi Umur 9 Bulan Belum Tumbuh Gigi, Apa Penyebabnya
Freepik

Rata-rata pertumbuhan gigi pertama bayi dimulai di usia empat hingga tujuh bulan. Gigi pertama bayi yang tumbuh biasanya adalah gigi seri tengah bagian bawah. 

Namun, pada beberapa kasus, gigi bayi tumbuh lebih lama daripada waktu pada umumnya. Jika sudah menginjak usia sembilan bulan dan gigi bayi masih belum tumbuh, haruskah orangtua khawatir? Apa penyebabnya?

Berikut Popmama.com merangkum penjelasan mengenai penyebab bayi 9 bulan belum tumbuh gigi, dilansir dari Dr. Paul's Dental Clinic:

1. Faktor genetik

1. Faktor genetik
Freepik/pch.vector

Faktor genetik memiliki peranan cukup besar dalam permasalahan telat tumbuh gigi ini. Mama perlu melihat ke belakang, apakah riwayat keluarga mama atau papa juga mengalami hal serupa ketika masih kanak-kanak dulu. Jika ya, maka tidak mengherankan jika si Kecil sekarang juga mengalami pertumbuhan gigi yang terlambat.
 

Editors' Picks

2. Kekurangan nutrisi

2. Kekurangan nutrisi
Freepik

Kekurangan nutrisi dapat memengaruhi pertumbuhan tulang dan jaringan pada organ tubuh bayi. Pertumbuhan gigi yang terlambat bisa disebabkan karena bayi tidak mendapatkan cukup nutrisi dari ASI atau susu formula yang dikonsumsinya sehingga ia tidak mendapatkan vitamin dan kalsium yang baik untuk mendorong pertumbuhan giginya. 

Maka, pastikan Mama memenuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan bayi. Berikan bayi makanan yang mengandung gizi lengkap. Bila Mama kesulitan menentukan menu makanan bayi setiap hari, segera konsultasikan ke dokter.

3. Faktor hormonal

3. Faktor hormonal
Unsplash/Jonathan Borba

Sama seperti organ-organ tubuh lainnya, pertumbuhan gigi juga sangat dipengaruhi oleh hormon pertumbuhan. Hormon pertumbuhan ini diproduksi oleh tiroid dan kelenjar pituitary. Jika produksi hormon ini terganggu, maka dapat menyebabkan tumbuh-kembang anak terhambat, termasuk pertumbuhan giginya. 

4. Penyakit tertentu

4. Penyakit tertentu
Unsplash/Marcin Jozwiak

Penyakit tertentu berdampak besar terhadap sistem imun tubuh bayi, seperti anemia, kanker, dan HIV. Selain faktor dari penyakit itu sendiri, faktor obat-obatan yang dikonsumsi bayi, seperti kemoterapi dan phenytoin juga dikaitkan dengan pertumbuhan gigi bayi yang terlambat.

Bila si Kecil sedang dalam pengobatan tertentu, pastikan Mama berkonsultasi ke dokter untuk mendiskusikan setiap efek samping yang ditimbulkan.

5. Gigi terkena benturan

5. Gigi terkena benturan
Freepik

Terkadang, calon gigi dapat tersangkut di gusi karena kurangnya ruang untuk bertumbuh. Hal ini bisa disebabkan karena gigi yang terkena benturan sehingga posisinya miring dan sulit tumbuh atau pun dikarenakan adanya kista yang menyebabkan keterlambatan munculnya ke permukaan.

Itulah penyebab bayi sembilan bulan belum tumbuh gigi. Secara umum, jika dilihat dari waktu pertumbuhannya, gigi bayi yang belum bertumbuh di usia sembilan bulan adalah hal yang cukup wajar. Namun, jika gigi pertamanya belum juga tumbuh hingga ia mencapai usia 18 bulan, segera konsultasikan ke dokter untuk mencari tahu diagnosis penyebabnya. 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.