Harga Terjangkau, Ini 9 Manfaat Makan Buah Tomat untuk Kesehatan Anak

Salah satunya bisa mengatasi jerawat anak remaja Mama lho!

21 Juni 2020

Harga Terjangkau, Ini 9 Manfaat Makan Buah Tomat Kesehatan Anak
Freepik

Ternyata banyak sekali manfaat makan buah tomat untuk kesehatan si Kecil loh, Ma! Tomat yang sering disangka sebagai salah satu jenis sayuran, ternyata termasuk dalam kategori buah-buahan. Tomat biasanya berwarna oranye atau merah.

Tomat bisa dikonsumsi dalam berbagai cara dan memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh Mama dan juga si Kecil, mulai dari menutrisi tubuh hingga mencegah kanker.

Tomat mengandung antioksidan alami yang disebut dengan Likopen (lycopene) yang dapat membantu memerangi efek radikal bebas penyebab kanker. Jenis antioksidan lainnya yang terdapat di dalam tomat adalah polifenol, naringenin, dan chlorogenic acid.

Tomat juga mengandung rendah kalori dan lemak, namun kaya akan karotenoid, vitamin A dan C, folat, dan kalsium. Menyehatkan dan harganya terjangkau, mantap kan Ma!

Berikut Popmama.com rangkum beberapa manfaat makan buah tomat untuk mencegah dan meringankan gejala-gejala penyakit tertentu pada anak dan orang dewasa dari Ngovee.

1. Mencegah Kanker

1. Mencegah Kanker
Freepik/teksomolika

Antioksidan yang terkandung dalam tomat seperti likopen, karotenoid, dan polifenol dapat membantu mencegah kerusakan DNA di dalam sel akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

Tomat juga berperan dalam mencegah berbagai kanker, seperti kanker prostat, lambung, mulut, paru-paru, dan payudara. 

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

2. Menurunkan tekanan darah tinggi
Newportnaturalhealth.com

Tomat mengandung kalium yang berfungsi untuk meningkatkan asupan kalium serta mengurangi natrium yang sangat penting untuk menurunkan tekanan darah.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi tomat mampu mengurangi tekanan pada penderita tekanan darah tinggi.

3. Menjaga kesehatan jantung

3. Menjaga kesehatan jantung
Freepik

Sejumlah penelitian menunjukan bahwa tomat dapat menurunkan faktor risiko penyakit jantung. Kandungan kalium dan likopen yang terdapat di dalam tomat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh dan membantu menjaga kestabilan detak jantung.

Manfaat tomat juga dapat mengurangi peradangan yang terkait dengan serangan jantung dan stroke. 

Jika anak mama memiliki keluhan pada kesehatannya, secara dini bisa diberikan makan buah tomat juga lho Ma.

Editors' Picks

4. Menjaga kesehatan kulit

4. Menjaga kesehatan kulit
Freepik

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan likopen yang terdapat di dalam tomat mampu meningkatkan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari paparan sinar UV yang berbahaya. Kandungan vitamin C pada tomat berperan sebagai perangsang kolagen dan antioksidan untuk mencegah kerusakan kulit oleh paparan sinar matahari, polusi dan asap.

Tomat juga membantu mencegah adanya kerutan halus dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan, serta menjaga kulit tetap awet muda.

5. Memelihara kesehatan mata

5. Memelihara kesehatan mata
Pexels/Gustavo Fring

Tomat mengandung antioksidan lutein, zeaxanthin, dan karotenoid yang dapat membantu mengurangi gejala mata lelah, dan penyakit mata karena penuaan, seperti degenerasi makula.

Jika anak remaja mama punya gangguan pada kesehatan mata karena terlalu sering main gadget, segera berikan tomat secara rutin ya. Ini bisa membantu menjaga kesehatan matanya.

6. Baik untuk penderita diabetes

6. Baik penderita diabetes
Freepik

Tomat merupakan sumber serat yang rendah lemak dan gula. Kandungan nutrisi dalam tomat merupakan makanan dengan indeks glikemik yang rendah, sehingga tomat dianggap sebagai makanan yang baik untuk penderita diabetes.

Rasa manis sekaligus asamnya sangat alami, anak-anak biasanya menyukainya.

7. Mencegah sembelit

7. Mencegah sembelit
Freepik

Siapa yang suka mengeluhkan sakit perut karena sembelit? Jika anak mama mengalami keluhan tersebut maka makan buah tomat bisa jadi solusi nih, Ma.

Kandungan air dan serat yang tinggi dalam tomat dapat membantu melancarkan buang air besar, menurunkan risiko sembelit dan mencegah tubuh dari dehidrasi. 

8. Menjaga berat badan

8. Menjaga berat badan
Freepik/Jcomp

Ketika anak mulai remaja maka mereka mengalami napsu makan yang semakin bertambah. Ini umum lho. Sementara mereka mulai memerhatikan berat badannya, sebagian anak remaja takut terlihat gemuk.

Tomat mengandung rendah kalori, karbohidrat dan lemak, namun kaya akan nutrisi yang lain yang bermanfaat dalam menjaga berat badan. Kandungan gizi dalam tomat dapat mencukupi nutrisi pada saat menjaga berat badan agar tetap stabil.

9. Mengatasi Jerawat

9. Mengatasi Jerawat
Freepik

Setelah puber biasanya anak mulai berjerawat. Meski hanya satu atau dua, ini mungkin mengganggu penampilannya.

Tomat mengandung asam sitrat yang berfungsi untuk mengangkat lemak dan kotoran di wajah, untuk mencegah timbulnya jerawat. Tomat juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat.

Caranya, potong tomat menjadi beberapa bagian. Lalu gosok irisan tomat tersebut pada jerawat. Lakukan cara ini secara teratur setiap hari selama satu bulan dan lihat hasilnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Kelvin Halim, tim nutrisionis Jovee, “Tomat merupakan salah satu sumber yang kaya akan beberapa vitamin dan mineral seperti vitamin A dan vitamin C. Selain itu, tomat juga rendah dengan kalori, hanya sebanyak 25 kkal per 100 gram. Tomat juga memiliki zat aktif berupa likopen, yakni zat betakaroten yang berfungsi sebagai antioksidan. Sehingga, tomat dapat sesekali dikonsumsi dengan cara dimasak terlebih dahulu untuk mendapat likopen yang lebih tinggi namun akan kehilangan beberapa vitamin."

Kelvin juga memberikan tips nih, Ma!

"Agar mendapat sumber vitamin yang lengkap, tomat juga dapat sesekali dikonsumsi mentah dan dimasak secara bergantian,” ungkapnya.

Ingin tahu apakah makanan yang Mama dan si Kecil konsumsi sudah memenuhi kebutuhan vitamin harian? Unduh aplikasi Jovee untuk melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personal Mama dan anak remaja mama di rumah.

Itulah manfaat makan buah tomat untuk anak dan orang dewasa yang perlu diketahui. Tertarik untuk stok tomat lebih banyak di rumah nggak nih, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.