Punya Intuisi Kuat, 7 Karakteristik Remaja dengan Shio Anjing

Jangan meragukan pengamatannya yang kuat dan intuisi tajamnya ya, Ma!

26 September 2021

Pu Intuisi Kuat, 7 Karakteristik Remaja Shio Anjing
Pexels/Tiger Lily

Dalam astrologi Cina, setiap tahun terkait dengan hewan zodiak Cina yang mengikuti siklus 12 tahun.

Shio Anjing menempati posisi ke-11 dalam tanda astrologi Cina, setelah Shio Ayam dan sebelum Shio Babi. Tahun Anjing terjadi dalam setiap 12 tahun, yaitu termasuk 1958, 1970, 1982, 1994, 2006, 2018, 2030, dst.

Setiap Shio dianggap dapat memengaruhi karakteristik seseorang. Misalnya, jika Mama memiliki anak remaja yang lahir di tahun Anjing, yaitu 2006. Ia kemungkinan besar memiliki sifat seperti setia dan jujur, ramah dan baik hati, berhati-hati dan bijaksana. 

Tak hanya itu saja, ada beberapa karakteristik remaja dengan Shio Anjing lainnya yang perlu Mama ketahui lebih lanjut. Simak informasinya yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini yuk!

Karakteristik Shio Anjing Berdasarkan Lima Elemen

Karakteristik Shio Anjing Berdasarkan Lima Elemen
Travelchinaguide.com

Dalam teori elemen Cina, setiap Shio dikaitkan dengan salah satu dari lima elemen, yaitu Emas (Logam), Kayu, Air, Api, dan Tanah. Misalnya, Shio Anjing Kayu datang sekali dalam siklus 60 tahun.

Diteorikan bahwa karakteristik seseorang ditentukan oleh tanda dan elemen hewan zodiak tahun kelahirannya. Jadi ada lima jenis Shio Anjing yang masing-masing dengan karakteristik yang berbeda. Berikut adalah rangkuman karakteristik berdasarkan lima elemen:

Jenis ElemenTahun KelahiranKarakteristik
Anjing Air25 Januari 1982 – 12 Februari 1983Tulus, dapat diandalkan, perhatian, pengertian, dan sabar
Anjing Kayu10 Februari 1994 – 30 Januari 1995Cerdas, pekerja keras, dan tulus
Anjing Api29 Januari 2006 – 17 Februari 2007Komunikatif, serius, dan bertanggung jawab dalam bekerja
Anjing Tanah16 Februari 2018– 4 Februari 2019Sopan santun, berhati-hati, dan selalu siap membantu orang lain
Anjing Logam3 Februari 2030 – 22 Januari 2031Berani, egois, dan berpengalaman

Setelah Mama mengetahui karakteristik remaja dengan Shio Anjing berdasarkan lima elemen, di bawah ini Mama akan mengetahui karakteristiknya secara umum. Yuk simak informasinya!

1. Memiliki pengamatan yang tajam dan intuisi yang akurat

1. Memiliki pengamatan tajam intuisi akurat
Freepik/Karlyukav

Hewan anjing yang dikenal sebagai sahabat setia manusia terkenal dengan telinganya yang tajam dan indra penciumannya yang tajam.

Dalam tanda astrologi Cina, ini menggambarkan hal-hal yang diprediksi oleh remaja yang lahir di tahun Anjing bisa menjadi kenyataan. Mama bahkan tak perlu heran karena ia dilahirkan dengan intuisi dan kemampuan prediksi yang sangat akurat.

Salah satu kelebihan yang menonjol dari anak-anak dengan shio ini adalah mereka sangat jeli dan memiliki sepasang mata yang cerah. Memungkinkannya untuk menemukan ciri-ciri seseorang dari perkataan dan perbuatannya, berpakaian, bahkan kontak mata.

Namun, ia tidak menilai seseorang secara acak atau asal, karena anak tahu ia mungkin menyakitinya jika mengatakan secara langsung.

2. Seringkali melakukan penilaian kuat dalam bergaul

2. Seringkali melakukan penilaian kuat dalam bergaul
Freepik/Gpointstudio

Remaja yang berada di bawah Shio Anjing ini memiliki penilaian yang kuat, dan ia tidak akan mudah mempercayai siapa pun. Tetapi begitu anak melakukannya, ia akan jujur dan tulus.

Anak sangat baik dalam bergaul dengan teman-teman, dan sering memilih untuk berkompromi. Artinya, begitu ia dikhianati atau temannya melakukan sesuatu yang tidak dapat ditolak, bagaimanapun, anak akan mengambil pendekatan "gayung bersambut".

Ia suka membuat peringkat orang dalam pikirannya, dan membaginya dalam dua jenis: teman atau lawan, dan anak akan mengetahui jenisnya ketika berhubungan dengan orang lain. Anak juga tidak mudah berubah pikiran begitu ia memiliki pandangan tentang seseorang.

Akibatnya, kesan pertama sangat penting dalam bergaul dengan remaja yang memiliki Shio Anjing.

Editors' Picks

3. Memprioritaskan kebahagiaan orang lain diatas kepentingan dirinya

3. Memprioritaskan kebahagiaan orang lain diatas kepentingan dirinya
Freepik

Menempati posisi ke-11 dalam tanda Zodiak Cina, Shio Anjing juga melambangkan sifat-sifat karakter seperti kesetiaan, kecocokan, dan kebaikan. Anak yang memiliki Shio Anjing sering menawarkan kata-kata yang baik dan nasihat yang berguna, selalu mendengarkan dan membantu jika diperlukan.

Hal ini membuatnya sering menjadi sangat terlibat dalam kehidupan orang lain, dan terkadang dianggap usil karena suka penasaran dengan masalah orang lain. Namun sifat ini datang bukan untuk perilaku negatif.

Melainkan anak hanya memastikan orang lain bahagia lebih penting baginya, daripada kekayaan, uang, atau kesuksesan.

4. Mampu mengajukan saran dan nasihat yang berharga

4. Mampu mengajukan saran nasihat berharga
Freepik

Memiliki intuisi yang tajam, anak dapat mengajukan saran berharga untuk memberikan keputusan atas persoalan penting, dan memberikan beberapa nasihat yang berguna, meskipun ia tidak benar-benar bertanggung jawab atas masalah tersebut.

Remaja dengan Shio Anjing juga melakukan yang terbaik untuk bekerja, dan ia pikir seseorang harus bekerja keras seperti dirinya. Ia berorientasi pada praktik, tidak takut dan lugas, dan dapat membuat penilaian yang akurat pada orang-orang.

Berdasarkan karakteristik ini, anak nantinya bisa sangat cocok untuk bekerja di bidang manajemen sumber daya manusia. Tak ada yang bisa meragukan pengalamannya tentang sumber daya manusia, karena tak ada yang bisa menandingi anak dalam hal intuisi dalam menilai dan menggunakan talenta.

5. Senang berpikir kritis dalam segala sesuatu

5. Senang berpikir kritis dalam segala sesuatu
Freepik

Sebagai orangtua dari seorang remaja dengan Shio Anjing, Mama mungkin menemukan anak yang sangat cerdas, yang berpikir sangat dalam tentang segala sesuatu. Uniknya, anak tidak akan membagikan pemikiran ini sampai ia menyelesaikan semuanya dalam pikirannya sendiri.

Itulah sebagian alasan mengapa anak dengan Shio Anjing menyukai teka-teki dan tantangan mental lainnya, Mama mungkin sudah melihat kemampuan ini ketika anak masih berusia dini.

Selain itu, anak juga menunjukkan kapasitas moral yang besar dan rasa hormat terhadap cara hidup orang lain.

6. Seringkali membuat suasana menjadi canggung

6. Seringkali membuat suasana menjadi canggung
Freepik/Pressfoto

Sifat menyedihkan dari remaja dengan Shio Anjing adalah, sering membuat orang lain tidak suka dengannya. Ia tidak suka berbicara ketika sedang bersama teman atau kerabat, dan sering menimbulkan kesunyian yang canggung, membuat orang lain mengabaikan keberadaannya.

Ini bisa disebabkan karena ia terlalu sopan dan taat pada peraturan. Ia tidak akan berbagi kekhawatirannya dengan orang lain, tetapi bersembunyi di dalam. 

Selain itu, anak juga cenderung emosional dan sangat bergantung pada orang lain. Terkadang, ia akan meminta bantuan orang lain, meskipun sebenarnya dapat menyelesaikannya secara pribadi.

7. Bisa membangun hubungan kuat dengan Shio Kuda dan Macan

7. Bisa membangun hubungan kuat Shio Kuda Macan
Freepik

Remaja dengan Shio Anjing tidak cocok dengan Naga, Monyet, Ular, Ayam, dan Tikus, karena sifat mendasar antara tanda-tanda ini.

Namun anak cenderung menciptakan hubungan terkuat dan terbaik dengan Shio Kuda dan Macan, karena tanda-tanda ini memiliki sejumlah sifat yang saling melengkapi.

Pertemanan dengan seseorang dengan Shio Kerbau, Kelinci, Kambing, atau Babi, anak cenderung menjalin persahabatan yang cukup ramah dan santai, dan mereka juga bergaul dengan baik dengan remaja dengan Shio Anjing lainnya.

Nah itulah beberapa karakteristik remaja dengan Shio Anjing yang perlu Mama ketahui. Setiap remaja memiliki karakteristiknya masing-masing, ini bisa dibentuk dari bimbingan orangtua, nilai moral dan budaya yang diajarkan, lingkungan, dan sekolah.

Maka, jadikanlah karakteristik remaja berdasarkan Shio ini hanya sebagai referensi untuk mengenal anak lebih dalam atau hanya untuk menambah pengetahuan ya, Ma!

Bacajuga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.