10 Rekomendasi Game Google Doodle Populer, yang Perlu Remaja Tahu

Permainan dari google doodle yang masih bisa dimainkan saat ini

5 Desember 2021

10 Rekomendasi Game Google Doodle Populer, Perlu Remaja Tahu
Freepik

Remaja tentu sudah tak asing dengan Google, bukan Ma? Selain bermanfaat sebagai mesin pencarian segala informasi di dunia. Google juga menyediakan permainan interaktif yang bisa menjadi solusi untuk mengisi waktu luang remaja. Salah satunya adalah game Google Doodle. 

Apa itu Game Google Doodle?

Beberapa kali setiap tahun, tim Google Doodle membuat beberapa game berkualitas tinggi untuk merayakan hari jadi dan acara khusus, atau untuk meningkatkan kesadaran akan masalah yang sedang berlangsung.

Biasanya permainan ini dimaksudkan untuk berlangsung dari 2 sampai 20 menit, meskipun beberapa berlangsung bahkan satu jam atau lebih. 

Dari banyaknya game Google Doodle yang tersedia, berikut Popmama.com telah merangkum 10 game Google Doodle populer, yang remaja perlu tahu!

1. Pac-Man

1. Pac-Man
Wired.com

Pac-Man adalah game arkade klasik abadi yang dikenal di seluruh dunia sejak tahun 1980-an. Pada tanggal 21 Mei 2010, Google merilis Doodle Pac-Man untuk merayakan ulang tahun ke-30 Pac-Man.

Remaja dapat merasakan game arkade klasik ini dengan 'mengunyah' beberapa titik dan berbagai macam buah, dan bahkan mungkin satu atau dua hantu. Tujuan dari permainan ini adalah untuk membersihkan area dari semua titik sambil menghindari hantu.

Jika hantu berhasil memakan pac-man, maka permainan berakhir. Remaja dapat mengontrol Pac-Man menggunakan tombol panah pada keyboard.

2. Basketball

2. Basketball
google.com

Selanjutnya adalah tema olahraga, permainan basketball memungkinkan remaja menembak bola di sebagai pemain tunggal.

Permainan bola basket ini sebenarnya adalah bagian dari Google Doodle yang dijalankan dalam empat hari, di mana anak dapat menguji keterampilannya dalam sepak bola, kano slalom, dan baseball.

Dilansir dari PC World, menurut pemimpin Google Doodle, Ryan Germick, keempat game ini dimainkan lebih dari satu miliar kali dalam rentang empat hari.

Mekanisme game basketball ini sederhana, yaitu cukup tekan dan tahan spasi untuk membangun kekuatan, lalu lepaskan untuk menembak. Jika remaja memberikan terlalu banyak kekuatan, atau sebaliknya, maka ia akan gagal memasukkan bola ke dalam jaring.

Lihat berapa banyak bola yang bisa remaja masukkan ke dalam jaring dalam waktu 30 detik!

3. Coding for Carrots

3. Coding for Carrots
medium.com

Dalam rangka merayakan 50 tahun Kids Coding, tim Google Doodle merilis Coding for Carrots.

Game drag-and-drop sederhana ini dapat memperkenalkan konsep pengkodean dengan menggunakan blok bangunan untuk membantu kelinci mengumpulkan wortel. Dalam permainan ini, setiap blok memiliki panah yang menunjuk ke arah tertentu.

Untuk menyelesaikan setiap level, pemain harus menambahkan urutan balok yang benar untuk mengarahkan kelinci melintasi platform, mengumpulkan semua wortel yang ditawarkan level tersebut. Semakin tinggi levelnya, maka semakin sulit urutannya.

4. Rubik’s Cube

4. Rubik’s Cube
rubiksgift.com

Terdiri dari enam warna, enam sisi, dan 54 kotak, Rubik's Cube telah ada sejak 1974. Pada tahun 2014, Google merilis Rubik's Cube Doodle untuk merayakan 40 tahun permainan rubik yang membuat banyak orang kesulitan di seluruh dunia.

Tujuan permainan ini adalah untuk membuat setiap sisi Rubik's Cube memiliki warna yang sama dengan memutar dan memutar balok. Untuk memainkan versi Google Doodle, klik dan seret kursor untuk memutar balok atau memutar Kubus Rubik.

Semoga beruntung!

Editors' Picks

5. Pony Express

5. Pony Express
mashtips.com

Pony Express adalah layanan pengiriman surat pada abad ke-19. Pengiriman pertama yang berhasil dilakukan pada tanggal 14 April 1860.

Sebagai catatan dalam sejarah Pony Express, tim Google Doodle membuat game Pony Express yang menarik, di mana remaja dapat mengumpulkan surat dengan menunggang kuda, menghindari rintangan sepanjang waktu.

Untuk bermain, pengguna harus menggunakan tombol panah atas dan bawah untuk menggerakkan pengendara ke atas dan ke bawah. Kumpulkan surat sebanyak mungkin sambil menghindari kaktus, pagar, batu, lubang, dan banyak rintangan lainnya.

Ada tiga level secara total, coba kumpulkan semua surat di setiap level!

6. Pangolin Game

6. Pangolin Game
trustedreviews.com

Pangolin atau trenggiling adalah hewan yang paling banyak diperdagangkan di dunia dan menghadapi kepunahan karena pemburu liar memburu mereka untuk daging, obat-obatan, dan mode.

Untuk meningkatkan kesadaran akan masalah ini, Google membuat Doodle pada Hari Valentine pada tahun 2017 untuk menghormati trenggiling yang terancam punah.

Google Doodle membuat game bernama Pangolin. Untuk memainkannya, remaja dapat menggerakkan trenggiling menggunakan tombol panah kiri dan kanan, dan buat ia melompat dengan spasi. Kumpulkan item sebanyak mungkin, dan capai garis finish sebelum waktu habis.

7. Meow-loween

7. Meow-loween
fortune.com

Meow-loween adalah Google Doodle seram yang dibuat untuk merayakan Halloween pada tahun 2016. Di Meow-loween, pemain harus mengendalikan seekor kucing bernama Momo yang harus menyelamatkan Sekolah Sihir dari serangan hantu.

Dalam game ini, setiap hantu memiliki simbol yang muncul di atas kepala mereka. Untuk mengirim hantu kembali ke alamnya, pemain harus mengklik dan menyeret mouse mereka melintasi layar untuk menggambar simbol.

Remaja harus bertindak cepat, karena semakin lama ia bermain, maka akan semakin banyak hantu yang muncul!

8. Doodle Champion Island Games

8. Doodle Champion Island Games
androidcentral.com

Doodle Champion Island Games adalah salah satu game Google Doodle yang memiliki waktu terlama hingga saat ini. Permainan dengan tampilan RPG yang satu membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk diselesaikan.

Ini awalnya dijadwalkan akan dirilis selama Olimpiade 2020, tetapi pandemi menyebabkan tertundanya event olahraga tersebut. Sehingga permainan dengan rangkaian beberapa tantangan ini baru dirilis pada tahun 2021.

Untuk bermain, remaja perlu menggerakan karakternya di sekitar peta dunia dan dekati setiap tantangan disekitarnya. Ketahuilah bahwa ada kontrol dan aturan berbeda untuk setiap gim, jadi pastikan untuk membaca instruksinya dengan cermat.

Dengan mengikuti semua kompetisi, lihatlah apakah anak mama bisa mencapai puncak papan peringkat?

9. The Garden Gnomes

9. The Garden Gnomes
beebom.com

Mungkin remaja tak pernah membayangkan bahwa ada permainan yang mengharuskannya mengayunkan melempar gnome atau kurcaci menggunakan ketapel. Sekarang adalah kesempatannya untuk mencoba permainan ini!

Tujuan permainan The Garden Gnome, adalah untuk mengayunkan gnome atau kurcaci dengan alat pelontar sejauh mungkin ke seberang taman. Semakin jauh anak mengayunkannya, maka semakin banyak bunga yang mereka tanam.

Untuk memainkannya, tekan spasi untuk menyiapkan pelontar, lalu tekan spasi lagi untuk melepaskan gnome. Semakin anak banyak berlatih, maka semakin jauh ia akan mengayunkan gnome.

10. Scoville

10. Scoville
businessinsider.in

Scoville adalah permainan dari Google Doodle untuk menghormati ulang tahun ke-151 Wilbur Scoville. Scoville sendiri merupakan cara mengukur tingkat kepedasan yang dihasilkan setiap cabai.

Permainan Scoville Doodle ini dapat dimainkan dengan mengklik tombol 'play', dan munculah tokoh lelaki yang bernama Wilbur Scoville yang memakan paprika hijau dan memakan es krim yang diberikan oleh seseorang.

Selanjutnya, remaja akan berperan sebagai es krim yang melawan paprika untuk mengetahui seberapa tingkatan kepedasan. Jika menang, maka pemain akan dibawa ke jenis cabai selanjutnya, misalnya jalapeno.

Begitu pun seterusnya sampai menang. Namun jika kalah, Wilbur Scoville akan memberikan tingkat kepedasan cabai tersebut. Artinya semakin anak maju, maka semakin pedas level paprikanya. Lihat apakah anak bisa mengalahkan mereka semua?

Nah itulah beberapa rekomendasi Game Google Doodle populer untuk remaja. Seperti yang disebutkan sebelumnya, permainan Google Doodle ini muncul dalam rangka merayakan sebuah acara atau memperkenalkan anak pada isu yang terjadi di dunia.

Jadi sebelum dimainkan, kenali dulu apa sejarah dibalik Google Doodle nya, sehingga remaja dapat bermain sambil mendapatkan wawasan baru! 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk