11 Tips Perawatan Kecantikan untuk Remaja Perempuan

Menjaga kecantikan dari dalam diri juga tak kalah penting lho!

8 April 2021

11 Tips Perawatan Kecantikan Remaja Perempuan
Freepik/Cookie-studio

Bukan hal yang mengejutkan lagi jika setiap anak yang memasuki usia remaja, khususnya perempuan banyak yang mulai melakukan perawatan kecantikan.

Bahkan Mama mungkin juga sudah melakukan perawatan kecantikan sejak usia remaja ya, karena semua yang dilakukan sejak usia muda dapat berpengaruh hingga usia dewasa. Tak hanya merawat kecantikan dari luar, namun menjaga kecantikan dari dalam juga tak kalah penting.

Dan hal tersebut yang perlu dibiasakan oleh anak saat masih muda. Karena usianya masih muda, ada baiknya untuk menanamkan kebiasaan baik sehingga anak dapat melanjutkannya hingga dewasa dan mempertahankan awet muda-nya menjadi lebih lama.

Seperti apa perawatan kecantikan yang perlu diterapkan remaja? Simak informasinya yang telah Popmama.com siapkan di bawah ini ya Ma!

1. Pola makan sehat yang teratur

1. Pola makan sehat teratur
Freepik

Dilansir dari abc.net.au, ada makanan tertentu yang biasa dimakan oleh remaja dan dapat menyebabkan jerawat. Makanan ini termasuk minuman ringan, camilan manis, dan roti putih.

Seorang ahli kecantikan Dr. George Varigos telah menemukan bahwa diet tinggi makanan olahan menciptakan kondisi yang tepat untuk jerawat. Makanan ini meningkatkan kadar gula darah dengan cepat dan menyebabkan kadar insulin meningkat.

"Seiring waktu, kadar insulin yang tinggi dapat membuat kulit lebih kering, lebih tebal, dan serpihan kulit kering menyumbat pori-pori. Ini juga dapat meningkatkan kadar androgen bebas (hormon pria) pada pria dan wanita, membuat kelenjar sebaceous kulit memproduksi lebih banyak minyak dan memicu jerawat," ujar Varigos.

Maka dari itu, anjurkan makanan seimbang yang mencakup daging, ikan, sayuran, dan buah-buahan. Mengizinkan anak untuk sesekali makan camilan manis, minuman ringan, dan junk food tidak apa-apa, namun sebisa mungkin untuk diminimalkan.

2. Tidur yang nyenyak

2. Tidur nyenyak
Freepik

Membiasakan remaja untuk tidur lebih awal bukanlah tugas yang mudah, tetapi jika Mama memastikan bahwa anak mendapatkan banyak aktivitas sepanjang hari, baik secara fisik maupun mental, ia pasti akan cukup lelah untuk pergi tidur.

Tidur membantu pikiran dan tubuh pulih setelah melakukan berbagai aktivitas di hari itu. Hormon pertumbuhan diproduksi, dan sel-sel baru diproduksi untuk memastikan anak bangun dengan penampilan yang lebih segar dan lebih bersemangat.

3. Vitamin sinar matahari

3. Vitamin sinar matahari
Pexels/Barbara Ribeiro

Meskipun menggunakan tabir surya juga penting selama beraktifitas di luar ruangan, Vitamin D dari matahari juga sebenarnya sangat penting bagi anak, kekurangan Vitamin D berisiko mengembangkan rakhitis, kram otot, kejang, dan kesulitan bernapas.

Vitamin D sangat penting dalam membantu anak menyerap kalsium, yang membantu mengembangkan gigi dan tulang yang kuat, sehingga tidak dapat diabaikan.

Biarkan remaja berada di bawah sinar matahari setidaknya selama satu jam setiap hari, tetapi pastikan bahwa itu tidak jatuh antara jam 12 sampai 4.30 karena ini adalah waktu di mana sinar matahari paling kuat dan terik.

Meskipun tabir surya penting, ingatkan anak agar tidak berlebihan saat mengaplikasikannya karena mengandung banyak bahan kimia. Sebagai gantinya, gunakan topi matahari dan payung jika merasa terlalu banyak terpapar sinar matahari.

4. Pilih produk yang lembut dan herbal

4. Pilih produk lembut herbal
Freepik/Margyt

Saat memasuki usia remaja, tak jarang anak mengalami kulit dan rambut yang menjadi sensitif, jadi saat memilih produk sabun dan sampo untuknya, pastikan untuk mencari formula yang lembut dan herbal, dan sebisa mungkin menghindari merek yang menggunakan terlalu banyak bahan kimia.

Meskipun beberapa produk dengan bahan kimia mungkin menunjukkan hasil yang lebih instan, penggunaan begitu banyak bahan kimia pada pada remaja dapat berdampak negatif di masa depannya.

Editors' Picks

5. Menggunakan minyak perawatan

5. Menggunakan minyak perawatan
100percentpure.com

Banyak remaja yang tidak suka meminyaki rambut atau tubuhnya, namun minyak memiliki berbagai manfaat yang tidak bisa diabaikan.

Ia tak perlu membasahi rambut dan kulit dengan minyak, namun hanya memijat dengan sedikit minyak kelapa, almond manis atau minyak zaitun setidaknya setengah jam sebelum mandi dapat memberikan banyak manfaat.

Jika remaja memiliki kulit sensitif, cobalah minyak jojoba, karena minyak kelapa dan minyak zaitun yang kental dan dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Minyak jojoba akan mengembalikan keseimbangan alami pada kulit dan rambut anak, menjaganya tetap terhidrasi dan tidak mudah pecah-pecah di kulit, serta terhindar dari kerusakan pada rambut.

6. Mandi secara teratur

6. Mandi secara teratur
Freepik/Vh-studio

Mandi setiap hari akan memastikan remaja membersihkan semua kotoran dan keringat yang terkumpul sepanjang hari dan akan membantunya merasa lebih segar. Padatnya aktivitas remaja membuat Mama harus mengingatkan anak mandi dua kali sehari pagi dan malam hari.

Walaupun beberapa mungkin lebih suka mandi di pagi hari, mandi malam adalah ide yang baik agar anak dapat pergi tidur dengan tubuh yang lebih bersihdan nyaman.

7. Mendorong kebersihan pribadi

7. Mendorong kebersihan pribadi
Healthline.com

Kebersihan pribadi harus ditanamkan pada anak-anak sedini mungkin, bahkan sebelum beranjak remaja, terutama karena anak menjadi kotor saat beraktifitas.

Jaga agar kuku tetap rapi dan bersih agar bakteri tidak berkumpul di bawahnya dan ingatkan anak untuk mencuci tangan dan membilas wajahnya setelah masuk rumah. Ini memastikan tidak ada kotoran yang tertinggal di kulitnya yang berisiko menyebabkan ruam dan masalah lainnya.

Membersihkan wajah dengan lembut menggunakan air mawar dan bola kapas lebih baik daripada menggunakan pembersih wajah terlalu banyak dalam sehari.

Terlalu sering mencuci wajah dengan sabun dapat mengurangi kemampuan kulit untuk menghidrasi dirinya sendiri secara alami, dan menyebabkan kulit kering serta sensitif yang berlebihan dalam jangka panjang.

8. Menjaga kebersihan mulut

8. Menjaga kebersihan mulut
Freepik

Senyuman putih cerah dari anak mampu menerangi seluruh harinya, tetapi jika anak tidak merawat giginya dengan baik, Mama mungkin akan melihat bibir yang pecah-pecah, gigi berlubang, gusi yang buruk.

Maka dari itu terapkan cara menyikat gigi dengan benar, dua kali sehari, dan cara membersihkan gigi dengan benang atau flossing. Pastikan untuk tidak membiarkan anak terlalu banyak mengonsumsi makanan yang manis-manis.

9. Olahraga rutin

9. Olahraga rutin
Freepik/Senivpetro

Olahraga itu tak hanya pergi ke gym lho! Melainkan dorong remaja untuk lebih aktif secara fisik dan menikmati lebih banyak permainan fisik.

Hal ini baik untuk kesehatan anak dan mencegahnya mengalami kelebihan berat badan, dan juga membantu menghindari postur tubuh yang bungkuk akibat duduk dalam waktu yang lama saat menggunakan hiburan digital.

Olahraga juga tak hanya dilakukan oleh remaja pria saja, namun juga bisa untuk remaja perempuan agar merasa lebih menarik saat kuat secara fisik.

10. Minum air mineral yang cukup

10. Minum air mineral cukup
Freepik/Renestevensdg

Salah satu tip kecantikan terpenting adalah memastikan anak terbiasa minum banyak air. Tubuh sebagian besar terbuat dari air sehingga penting bagi anak untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, terutama jika tinggal di negara yang panas seperti Indonesia, di mana keringat tidak bisa dihindari.

Mengembangkan kebiasaan baik sejak remaja akan memungkinkan anak untuk merawat dirinya sendiri lebih baik di masa depan, dan akan memungkinkan anak menjadi lebih menarik secara alami.

Tips kecantikan untuk anak perempuan ini mungkin dapat membuat anak tak perlu bergantung terlebih dahulu dengan riasan untuk tampil dan merasa menarik, karena ia akan memiliki pancaran alami yang berasal dari dalam.

Semoga informasinya bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.