Manfaat Menthol untuk Kesehatan dan Perawatan Kulit Remaja

Tak hanya digunakan pada pasta gigi saja lho!

16 Februari 2021

Manfaat Menthol Kesehatan Perawatan Kulit Remaja
Freepik/ArthurHidden
Dok. Jovee

Saat anak sikat gigi menggunakan odol, biasanya pasta gigi yang digunakan menyebabkan rasa dingin dan segar di mulut, bukan? Nah, rasa dingin dan segar itu berasal dari senyawa kimia yang mungkin sudah tak asing lagi di telinga Mama, yaitu Menthol.

Senyawa menthol ini terdapat di dalam daun mint yang memiliki nama latin Mentha Arvensis. Dari daun mint bisa didapatkan kristal menthol yang alami. Kegunaan menthol crystal atau daun mint sebelumnya banyak diaplikasikan dalam berbagai produk makanan.

Karena itu, banyak dari masyarakat yang mengira kalau menthol lebih banyak digunakan pada makanan saja. Kira-kira digunakan sebagai apa saja ya, Ma?

Kali ini Popmama.com akan membahas manfaat menthol untuk kesehatan tubuh remaja. Informasi di bawah ini berdasarkan keterangan dari tim ahli kesehatan Kelvin Halim, S.Gz, dari Jovee.

Yuk, simak bagaimana cara menggunakan menthol untuk kesehatan remaja!

Produk-Produk yang Umumnya Menggunakan Menthol

Produk-Produk Umum Menggunakan Menthol
Freepik/Atlascompany
Dok. Jovee

Selain digunakan sebagai makanan, efek positif dari senyawa menthol juga sering dimanfaatkan pada produk kosmetik. Sensasi dingin, menyegarkan dan beraroma segar saat digunakan membuatnya sering dijadikan sebagai bahan produk kecantikan dan kesehatan.

Produk-produk yang umumnya menggunakan bahan menthol di antaranya:

  • Makanan dan minuman
  • Kosmetik
  • Salep
  • Balsem
  • Krim obat
  • Lozenge atau tablet hisap
  • Pasta gigi
  • Obat kumur
  • Permen karet
  • Semprotan kaki
  • Produk pereda nyeri
  • Sampo
  • Minyak angin
  • Gel pendingin

Manfaat Menthol untuk Kesehatan

Seperti yang Mama lihat di atas, selain untuk makanan senyawa menthol memang umum dimanfaatkan dalam mengatasi berbagai kondisi gangguan pada kesehatan.

Mama tentu sering menemukan produk kesehatan, baik berbentuk obat minum, oles, hingga obat tempel (koyo) yang mengandung senyawa menthol.

Hal ini dikarenakan menthol memiliki beragam manfaat untuk kesehatan remaja dan orang dewasa seperti di bawah ini:

1. Mengatasi bau mulut

1. Mengatasi bau mulut
Freepik

Manfaat utama senyawa menthol adalah untuk mengatasi bau mulut dan membuat mulut remaja jadi lebih segar. Bau mulut yang tak sedap bisa mengurangi rasa percaya diri bagi anak remaja, atasi dengan aroma daun menthol.

Oleh karena itu, banyak produk perawatan gigi dan mulut berbentuk pasta gigi hingga obat kumur yang mengandung senyawa menthol. Hal ini dikarenakan menthol punya efek menyegarkan untuk mulut dan memiliki aroma manis yang khas.

2. Mengatasi keseleo dan nyeri

2. Mengatasi keseleo nyeri
Freepik/Kwanchaichaiudom

Senyawa menthol juga banyak ditemukan di dalam produk-produk koyo ataupun salep yang difungsikan untuk meredakan rasa nyeri di persendian dan otot anak hingga keseleo. Rasanya juga meresap hingga ke dalam dengan pijatan yang singkat.

Senyawa menthol memang memiliki kemampuan meredakan rasa sakit maupun keseleo dan nyeri di bagian otot serta persendian.

Selain itu, senyawa menthol juga dapat meredakan memar hingga kram pada tubuh.

Editors' Picks

4. Meredakan hidung tersumbat dan pilek

4. Meredakan hidung tersumbat pilek
Freepik/Jcomp

Obat yang mengandung senyawa menthol biasanya ditujukan sebagai pereda hidung tersumbat dan juga pilek.

Obat ini umumnya tersedia dalam bentuk permen atau lozenge yang dapat dikonsumsi setiap tiga jam sekali setiap hari.

Untuk menambah manfaatnya sebagai pereda hidung tersumbat, biasanya obat tersebut juga dicampurkan dengan minyak eucalyptus atau minyak kayu putih.

Manfaat Senyawa Menthol pada Kosmetik

Setelah mengetahui senyawa menthol pada kesehatan anak, Mama juga perlu tahu bagaimana peran menthol dalam berbagai produk kosmetik atau perawatan kulit. Hal ini dikarenakan efek dingin dari menthol yang sangat baik untuk kulit.

Selain itu, senyawa menthol ternyata juga memiliki banyak kegunaan pada produk perawatan kulit remaja, seperti berikut ini:

1. Meredakan iritasi

1. Meredakan iritasi
Freepik/Sosiukin

Senyawa menthol dengan efek pendingin yang sangat baik untuk kulit ternyata juga dapat meredakan rasa sakit akibat iritasi di kulit.

Hal ini berkat sensasi dingin dan menenangkan dari senyawa menthol. Untuk itu, senyawa menthol sangat umum ditemukan pada produk kosmetik untuk meredakan kulit meradang akibat jerawat ataupun masalah kulit lainnya.

Jerawat merupakan masalah bagi anak remaja dan ini umum terjadi. Redakan dengan menthol agar radang segera membaik.

2. Meredakan rasa gatal dan terbakar

2. Meredakan rasa gatal terbakar
Freepik/Kwanchaichaiudom

Efek menenangkan dan sensasi mendinginkan yang dimiliki senyawa menthol membuatnya sering diaplikasikan sebagai komponen tambahan dari produk kosmetik yang berguna untuk meredakan efek terbakar di kulit.

Sun burning atau rasa panas akibat kulit terpapar sinar matahari terus-menerus, dapat ditenangkan dengan menggunakan produk yang memiliki senyawa menthol. 

Senyawa menthol juga umum ditemukan pada produk-produk krim atau salep yang berguna untuk mengurangi rasa gatal pada tubuh anak. Hal ini karena efek dingin yang kuat membuatnya dapat dimanfaatkan untuk mengurangi gatal-gatal di kulit.

3. Menghilangkan komedo

3. Menghilangkan komedo
Freepik/Ismode

Meningkatnya hormon pada remaja, seringkali menimbulkan komedo dan jerawat yang mengganggu. Tak hanya jerawat, namun komedo juga salah satu masalah yang sering muncul pada wajah.

Pasalnya, komedo menyumbat pori-pori kulit dan sangat mungkin menyebabkan timbulnya jerawat di kemudian hari. Untuk mengangkat komedo, baik komedo hitam blackhead ataupun komedo putih whitehead, remaja dapat menggunakan produk skincare yang mengandung senyawa menthol.

4. Mengurangi bintik hitam

4. Mengurangi bintik hitam
Freepik/Mayakruchankova

Bintik hitam pada kulit dapat muncul akibat paparan sinar matahari terus-menerus atau bertambahnya usia. Bintik-bintik hitam di kulit wajah memang akan sangat mengganggu penampilan remaja.

Nah, senyawa menthol memiliki kemampuan untuk mengurangi bintik hitam pada kulit remaja baik karena paparan sinar matahari ataupun karena bertambahnya usia.

Setelah mengetahui manfaat apa saja yang bisa anak dapatkan dari menthol, Mama juga perlu tahu bagaimana cara penggunaan produk-produk yang berbahan menthol agar tetap aman saat digunakan oleh anak. Yuk cari tahu di bawah ini!

Cara Penggunaan Menthol yang Aman dan Tepat

Cara Penggunaan Menthol Aman Tepat
Freepik/Elenglush

Senyawa menthol tersedia dalam berbagai bentuk di pasaran. Umumnya, senyawa ini dimanfaatkan sebagai campuran obat-obatan lainnya dalam bentuk koyo atau patch, obat oles atau salep, hingga obat oral untuk diminum.

Mama juga dapat menemukan senyawa menthol di dalam obat tablet maupun sirup. Namun, khusus untuk obat oles dan obat koyo, jauhi area kulit terbuka seperti luka karena bahaya yang mungkin ditimbulkannya.

Kemudian, jangan pernah gunakan menthol dalam bentuk kristal secara langsung ke kulit. Kegunaan menthol crystal hanya bisa didapatkan ketika sudah diolah dengan bahan lainnya dalam sebuah produk.

Penggunaan menthol crystal secara langsung, baik itu di kulit atau konsumsi langsung, dapat menyebabkan iritasi. Pemakaian menthol crystal yang sudah dicampurkan dalam produk pun tidak boleh melebihi 2% pada makanan dan 5% pada obat oles atau topikal.

Sebab, menthol kristal merupakan bahan terkonsentrasi, yang hanya memerlukan sedikit dari sebagian besar porsinya. Cara melarutkan menthol kristal bisa dilakukan dengan mudah, yaitu memasukkannya ke dalam alkohol atau minyak esensial.

Kedua cairan tersebut akan dengan cepat melarutkan menthol kristal tersebut. Cara melarutkan menthol kristal juga bisa melalui medium air yang telah dipanaskan. Menthol kristal dapat meleleh secara sempurna pada suhu 44C.

Nah itulah informasi seputar manfaat menthol yang sering digunakan pada produk kesehatan dan kecantikan. Efek dingin dan menyegarkan merupakan kelebihan dari menthol yang sering digunakan dalam banyak produk.

Manfaat menthol ini pun bisa menjadi alternatif yang bagus sebagai pengobatan masalah kulit remaja seperti iritasi dan luka bakar hingga mengatasi bau nafas serta hidung yang pilek. Semoga informasinya bermanfaat untuk remaja di rumah ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.