Cara Bermain Free Fire untuk Pemula agar Jadi Pro Player!

Yuk pemula wajib tahu cara bermain Free Fire agar jadi pro!

24 Desember 2021

Cara Bermain Free Fire Pemula agar Jadi Pro Player
Pinterest.com/@IndiaTV

Free Fire atau yang lebih dikenal dengan sebutan Free Fire (FF) adalah game yang paling popular di Indonesia.Free Fire merupakan game yang dimainkan oleh semua kalangan, salah satunya yaitu anak remaja. 

Bermain game Free Fire memang sangat menyenangkan, karena game battle royale online khusus seluler ini dirancang untuk menawarkan pengalaman sosial yang menyenangkan bagi pemainnya.

Kamu dapat mengunduh game Free Fire ini di platform mobile iOS ataupun Android. 

Game ini didesain untuk kamu yang menyukai game peperangan dan tembak-tembakan lho! 

Untuk itu, bagi kalian yang belum pernah memainkan game Free Fire ini pasti bertanya-tanya bagaimana cara bermain game ini sih? 

Berikut Popmama.com akan memberikan rangkuman mengenai cara bermain free fire agar jadi pro player!

Yuk di simak di bawah ini ya.

1. Bermain FF di perangkat yang nyaman

1. Bermain FF perangkat nyaman
Pinterest.com/Muo-Technology-Simplified, Pinterest.com/@Dwayneholloway

Sebelum masuk ke dalam cara bermain game ini, salah satu cara pertama untuk memainkan FF adalah dengan memilih perangkat yang paling nyaman yang sesuai dengan gaya bermain kamu. 

Free Fire adalah sebuah game online yang bisa kamu mainkan baik melalui komputer atau smartphone kamu. Jadi, pastikan kedua perangkat memiliki spesifikasi yang memadai, sehingga kamu dapat bermain tanpa banyak gangguan. 

Memainkan FF di ponsel atau PC memiliki kelebihan dan kekurangan. Free Fire versi seluler menawarkan navigasi yang lebih mudah. Namun, jika kamu bermain di PC, kamu juga mendapat manfaat dari layar yang lebih lebar dan jangkauan visual yang lebih luas. Jadi, kamu pilih perangkat mana nih? 
 

2. Pemilihan karakter kuat dan pahami peran

2. Pemilihan karakter kuat pahami peran
Pinterest.com/@Mungfali.com

Saat kamu akan bertanding, pasti harus memilih fitur karakter Free Fire terlebih dahulu. Karena dengan karakter yang pas kita akan mudah menang nantinya. 

Free Fire memiliki sederet karakter dengan skill dan kekuatan yang bervariasi. Dua di antaranya, Adam dan Eve, diberikan secara cuma-cuma kepada pemain pemula. Namun, kedua karakter tersebut dianggap tidak cukup kuat untuk bisa bertahan, apalagi memenangkan pertarungan.

Maka dari itu kamu harus pahami dulu kekuatan masing-masing karakter. Salah satunya adalah karakter di game Free Fire tersedia di dalam permainan.

Beberapa karakter Free Fire terkuat dan terkeren: 

  • DJ Alok: Karakter ini direkomendasikan untuk dimiliki karena kemampuan yang dimilikinya bisa memberikan Heal dan Movement Speed secara bersamaan. Apalagi lagi untuk sekarang ini, DJ Alok masih sangat Meta di Free Fire.
  • Rafael: Rafael merupakan tipikal penembak jitu murni yang tentunya cocok dengan senjata Free Fire AWM. Dia memiliki kekuatan di tangannya sehingga bisa membunuh musuh lebih akurat.
  • Jota: Jota dikhususkan untuk karakter Rush. Jadi kemampuan milik Jota ini untuk player Rush, di mana kalau sudah pegang Shotgun dan SMG dia akan berkuasa nantinya.
  • Hayato: Hayato adalah skill paling populer di Free Fire, bahkan melebihi 'Drop the Beat' milik Alok. Karakter ini sulit dibunuh karena tingkat pertahanannya yang tinggi.

Itulah beberapa karakter yang bisa kamu gunakan untuk menunjang pertandingan. Tak hanya pemilihan karakter saja, tetapi pemilihan senjata yang tepat dan skill pertempuran juga merupakan hal yang penting dari game ini.

Jangan hanya melihat dari visualnya saja ya, namun pemilihan karakter harus sesuai kemampuan karena sangat penting untuk strategi nantinya.

3. Jangan terlalu fokus pada cosmetic

3. Jangan terlalu fokus cosmetic
Bluestacks.com/

Saat bermain Free Fire, kamu menggunakan beberapa barang untuk setiap karakter, seperti kaos, celana, dan topi. Item-item tersebut tidak memberikan keuntungan apapun dalam hal gameplay untuk karakter kamu.

Barang-barang kosmetik ini dijual dengan imbalan Diamond atau mata uang dalam game yang dapat kamu beli dengan uang sungguhan, tetapi tidak memberikan manfaat apapun selain hanya terlihat cool (keren).

Editors' Picks

4. Tentukan lokasi pendaratan yang strategis

4. Tentukan lokasi pendaratan strategis
sportskeeda.com

Lokasi landing atau pendaratan terbaik di Free Fire (FF) sangat mempengaruhi pemain ketika pertama kali turun ke dalam pertempuran.

Lokasi landing menentukan untuk mendapatkan loot yang bagus ketika pemain melakukan push rank.

Meskipun tidak ada jaminan loot yang bagus, pemain bisa meningkatkan peluang untuk mendapatkan loot yang sama dengan mendarat di spot-spot tertentu di FF.

Dilansir dari Sportskeeda, berikut ini lima lokasi landing terbaik Free Fire untuk push rank:

  • Bayfront 
  • Refinery
  • Aden's Creek
  • Brasilia

5. Loot sebanyak-banyaknya di awal permainan

5. Loot sebanyak-banyak awal permainan
esportsku.com

Hal ini merupakan cara bermain Free Fire yang memberi kesempatan bagi pemain pemula untuk bertahan dan menyerang dengan modal perlengkapan yang cukup banyak. Melakukan pendaratan di titik strategis akan menguntungkan tahap bermain selanjutnya, yakni looting. 

Pemain yang looting sebanyak-banyaknya di awal permainan tentu akan mendapatkan perlengkapan yang lebih banyak sebelum pertempuran dimulai.

Dikutip dari esportku.com inilah Item Looting FF terbaik yang harus diambil player Free Fire: 

  • Item Looting FF Medic Kit: Item yang satu ini akan mengembalikan HP yang telah hilang karena serangan musuh setelah bertempur. Dengan menggunakan Medic Kit, nantinya kamu bisa kembali bertempur dengan Darah penuh.
  • Item Looting FF Gloo Wall: Item Looting FF ini mempunyai fungsi untuk membuat pengguna bisa berlindung dari serangan musuh, bahkan Gloo Wall bisa membuat kalian terhindar dari tabrakan kendaraan. Pokoknya item yang satu ini, tidak boleh sampai kalian lewatkan untuk di Looting.
  • Granat: Apabila kamu melihat musuh didalam semua Rumah, maka jangan lupa untuk melempar granat kedalamnya. Maka dari itu, Item Looting Free Fire wajib kalian  bawa.
  • Vest dan Helm: Nah item FF selanjutnya tidak boleh sampai kalian lupakan juga, Vest dan Helm akan membantu kalian memenangkan pertempuran dengan mudah. Item ini akan mengurangi Damage dari musuh, sehingga kalian bisa bertahan dari serangan musuh nantinya.

6. Pilih senjata yang tepat

6. Pilih senjata tepat
Pinterest.com/@Rosebajwa

Ketepatan memilih senjata adalah salah satu cara menjadi pro player FF yang bisa menguasai pertempuran di arena. 

Untuk kamu yang baru mulai mencoba bermain game Free Fire dan masih bingung bagaimana tips jitu dalam memilih senjata, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan: 
1. Ketahui dulu jenis dan karakter senjata FF
2. Memilih senjata launcher
3. Memilih senjata SMG
4. Memilih senjata AR
5. Memilih senjata SG

7. Perhatikan petunjuk visual

7. Perhatikan petunjuk visual
kabargames.id

Saat mulai melihat atau berhadapan dengan pemain lawan, kamu harus selalu memperhatikan petunjuk visual yang ditampilkan. Salah satu petunjuk paling penting adalah layar yang berubah merah sebagai tanda adanya musuh di hadapanmu. Begitu tanda merah terlihat, pastikan kamu bisa bersikap sigap dan responsif menarik pelatuk senjata.

8. Terapkan strategi survival

8. Terapkan strategi survival
Apkpure.com/

Dalam Free Fire, kamu memang memiliki misi untuk membunuh dan menghabisi pemain lainnya. Akan tetapi, kamu juga tak boleh lupa untuk tetap bertahan hidup dari segala serangan lawan.

Strategi survival adalah cara bermain Free Fire yang sebaiknya diterapkan oleh pemula. Kamu tak perlu terus berada dalam posisi menyerang ini justru akan membuat keberadaanmu terancam! Jika belum cukup percaya diri untuk menyerang pemain yang lebih pro, pastikan kamu tetap berada dalam zona aman dan menghindari medan pertempuran pemain lain.

9. Biasakan Bermain

9. Biasakan Bermain
Pinterest.com/@muo-technology-simplified

Cara bermain Free Fire yang terakhir dan tidak kalah penting adalah kamu harus terbiasa bermain game ini. 

Semakin terbiasa kalian bermain tentu bakal terbiasa dengan hal-hal dasar dalam permainan ini! Kamu pasti akan mengalami peningkatan dari pemula menjadi semi pro Free Fire (FF). Dalam tingkat ini kalian dapat bermain lebih serius dan coba gunakan semua karakter yang ada dalam game Free Fire (FF) ini.

Walaupun kalian harus menggunakan karakter yang berbayar dengan uang gold dan diamond, tapi tidak masalah jika kalian ingin berusaha. Kalian akan bisa lebih tau tentang semua karakter dan keuntungannya masing-masing.

Itulah beberapa yang telah Popmama.com rangkum dari berbagai sumber mengenai cara bermain Free Fire yang bisa diterapkan jika kamu adalah seorang pemain pemula. Jika ada cara bermain lainnya boleh tulis di kolom komentar bawah ya. Selamat bertempur di Free Fire!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk