9 Alasan Grup Aespa Banyak Disukai Remaja, Konsepnya Futuristik Banget

Memiliki konsep yang berbeda dan banjir visual, ini alasan remaja mengidolakan aespa

11 Oktober 2021

9 Alasan Grup Aespa Banyak Disukai Remaja, Konsep Futuristik Banget
Twitter.com/aespa_official

Kpop atau Korean Pop menjadi salah satu budaya asing yang disebut menarik dan banyak memikat remaja Indonesia. Tak heran jika saat ini banyak remaja yang menggandrumi jenis musik asal negeri gingseng tersebut.

Ada banyak grup Kpop yang sudah meraih kesuksesan dan banyak dijadikan idola bagi para penggemar mereka diberbagai belah dunia. Salah satunya yang saat ini menjadi ramai diperbincangkan adalah grup aespa.

aespa merupakan girl group jebolan SM Entertainment yang baru saja debut pada 17 November 2020 lalu dengan digital singel bertajuk "Black Mamba". Menjadi idol Kpop generasi ke-4, nama aespa pun ramai dibicarakan kalangan penggemar, termasuk remaja di Indonesia.

Bertaburan visual keempat anggota yang masih sangat muda yakni Karina, Giselle, Winter, dan Ningning, berikut Popmama.com akan membahas 9 alasan mengapa grup aespa banyak disukai remaja.

1. Mengusung konsep berbeda

1. Mengusung konsep berbeda
Twitter.com/aespa_official

Menurut jurnal yang diterbitkan oleh Newsis yang diangkat ke Theqoo pada 24 Juni 2021, SM Entertainment berfokus pada budaya generasi Z atau mereka yang lahir di atas tahun 2000-an.

Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, konsep yang diusung girl group terbaru SM Entertainment ini adalah Avatar x Experience, di mana keempat anggota ini memiliki versi AR-nya masing-masing yang futuristik abis!

Mengikuti kebudayaan dan kebiasaan baru dari generasi Z, aespa pun mudah diterima oleh anak muda generasi saat ini. Nggak heran jika banyak remaja generasi Z yang terpukau dengan konsep yang ditawarkan oleh aespa.

2. Kesuksesan di awal debut

2. Kesuksesan awal debut
Twitter.com/aespa_official

Sebagai grup yang baru saja memulai debut kurang dari satu tahun, karya yang dikeluarkan oleh aespa rupanya berhasil mendapat pengakuan yang baik dikalangan penggemar. Hal ini terbukti dengan melesatnya video klip pertama mereka "Black Mamba" di nomor 1 trending dunia, termasuk juga di Indonesia.

Selain itu, digital singel kedua mereka yang bertajuk "Next Level" juga berhasil menduduki chart Melon 24Hits diposisi #1 dan menjadi generasi pertama yang bisa tembus dan melampaui seniornya di SM Entertainment.

3. Banjir visual dari keempat anggota

3. Banjir visual dari keempat anggota
Twitter.com/aespa_official

Tak dipungkiri bahwa kepopuleran Kpop juga dilihat dari visual mereka yang begitu mumpuni. Pun bagi grup aespa. Keempat anggotanya disebut memiliki visual yang tidak nyata seperti karakter anime.

Anggota pertama sekaligus leader dalam grup ini adalah Karina. Bernama lengkap Yoo Jimin, ia memiliki visual yang begitu memikat. Karina juga menjadi anggota tertua yang lahir pada 14 April 2000.

Selanjutnya ada Giselle yang merupakan kelahiran 30 Oktober 2000. Memiliki wajah menawan yang begitu khas, main rapper aespa ini merupakan keturunan Jepang dengan nama aslinya yakni Aeri Uchinaga.

Nggak kalah memukau, ada Winter si perempuan kelahiran 30 Desember 2001. Pemilik nama asli Kim Min Jeong ini disebut punya visual yang glowing abis di usianya yang masih muda. Nggak heran deh banyak remaja yang mengidolakannya.

Terakhir ada maknae atau si bungsu Ningning yang merupakan perempuan kelahiran 23 Oktober 2002. Idol asal China ini sebelumnya sudah dikenal dikalangan penggemar lantaran Ningning pertama kali dikenalkan ke publik lewat SM Rookies di tahun 2016 lalu.

Editors' Picks

4. Fakta Karina, leader dengan visual bak bidadari

4. Fakta Karina, leader visual bak bidadari
Twitter.com/aespa_official

Disebut memiliki visual bak bidadari, Karina rupanya memiliki segudang kemampuan yang membuat namanya patut digemari banyak orang termasuk remaja Indonesia.

Sebelum resmi debut sebagai anggota aespa pada November 2020 lalu, Karina pernah tampil dalam video klip seniornya yakni Taemin SHINee yang berjudul "Want" berkat kemampuan menarinya yang luar biasa.

Nggak sampai disitu, ia juga pernah berkolaborasi dengan Kai EXO untuk pertunjukkan virtual yang diselenggerakan antara Hyundai Motor Company dan SM Entertainment. Penampilannya ini sukses membuat nama Karina menduduki trending di jagat maya.

Setelah menghabiskan masa trainee selama 4 tahun, kemampuan menarinya membuat Karina ditunjuk sebagai main dancer dalam grup aespa. Selain itu, Karina juga dijuluki sebagai face of the group lantaran visualnya yang begitu memesona.

5. Fakta Giselle, rapper handal yang multitalenta

5. Fakta Giselle, rapper handal multitalenta
Twitter.com/aespa_official

Selain memiliki visual yang sudah memesona sejak sebelum debut, rupanya kemampuan rap yang dimiliki Giselle membuat namanya berhasil menempati posisi sebagai main rapper dalam grup.

Berkat kemampuan dan daya tarik yang diperlihatkannya, Giselle menjadi salah satu artis SM Entertainment yang berhasil debut dengan sangat cepat yakni hanya melewati masa trainee selama 11 bulan lho!

Selain kemampuan rap yang tak diragukan lagi, Giselle juga memiliki kemampuan menyanyi yang tak kalah keren lho. Hal ini karena jauh sebelum debut, ia pernah tergabung dalam anggota paduan suara St. Mary’s Choir selama 4 tahun.

Sebagai seorang musisi, rupanya ia juga turut menguasai beberapa alat musik salah satunya yakni gitar. Ia juga menjadi salah satu anggota yang memiliki kemampuan dalam 3 bahasa yakni Korea, Jepang, dan Inggris. Nggak heran jika banyak digandrumi remaja, multitalenta sekali ya!

6. Fakta Winter, visual dalam grup yang menawan

6. Fakta Winter, visual dalam grup menawan
Twitter.com/aespa_official

Jika Karina dijuluki sebagai face of the group dalam aespa, Winter rupanya menempati posisi visual dalam grup mereka. Memiliki paras menawan yang seperti karakter anime, nggak heran jika ia menempati posisi tersebut.

Selain karena visualnya yang begitu memukau, Winter juga menempati posisi lead vocal dan lead dancer yang mana kemampuannya dalam menari dan menyanyi juga sudah tak diragukan lagi.

Sama seperti Karina, Winter juga mengikuti masa trainee selama 4 tahun lamanya. Berkat kemampuan menari dan menyanyi yang ia miliki, Winter berhasil debut dan menuai kesuksesan bersama aespa.

Tak hanya punya pesona menawan saat tampil di atas panggung, perempuan kelahiran 2001 ini juga dikenal pintar nih, Ma.

Semasa sekolah, ia pernah dipilih sebagai wakil ketua kelas dan memiliki kemampuan luar biasa dalam pelajaran matematika. Bahkan, fakta lain menyebutkan bahwa Winter juga pernah akselerasi ke kelas yang lebih ‘advanced‘.

Selain menawan, kepintaran yang dimiliki oleh Winter dalam bidang pendidikan menjadi hal yang membuatnya banyak digemari remaja. Pendidikan tetap yang utama ya!

7. Fakta Ningning, si maknae yang punya vokal unik

7. Fakta Ningning, si maknae pu vokal unik
Twitter.com/aespa_official

Jika melihat penampilan Ningning saat di atas panggung, mungkin banyak orang akan mengira jika kepribadiannya adalah sosok yang begitu keren. Kenyatannya, Ningning menjadi sosok maknae yang begitu menggemaskan lho!

Berbeda saat di atas panggung, Ningning dikehidupan biasanya justru sering kali memperlihatkan keimutan yang sukses membuat para penggemar gemas akan tingkahnya. 

Ia juga menjadi anggota yang melewati masa trainee selama 4 tahun lamanya. Dengan karakter vokal yang begitu unik, banyak penggemar menyebutkan bahwa vokal Ningning begitu mirip dengan seniornya yakni Bada S.E.S.

Berkat kemampuan bernyanyinya yang luar biasa serta memiliki karakter tersendiri, ia pun berhasil debut dan menempati posisi main vocal dalam grup.

Jauh sebelum debut dan menjadi trainee dari SM Entertainment, Ningning pernah menjadi anggota dari ‘Let’s Sing Kids’ di Tiongkok. Selain itu, ia juga pernah mengikuti acara kontes ‘Music Honors Student’ yang juga tayang di televisi negeri asalnya tersebut.

Bahkan, pada Oktober 2017 silam, ia juga pernah pernah tampil dalam acara MBC ‘Shining Star’ yang membuat namanya berhasil direkrut oleh Sm Entertainment untuk debut bersama mereka.

8. Memiliki konsep lagu yang berkelanjutan

8. Memiliki konsep lagu berkelanjutan
Twitter.com/aespa_official

Sebagai grup yang mengusung konsep AE, setiap lagu yang dikeluarkan aespa rupanya sudah dirancang sedemikian rupa lho. Hal ini terlihat dari digital singel pertamanya "Black Mamba" yang kemudian berkelanjutan pada lagu "Next Level".

Pada 5 Oktober lalu, aespa akhirnya resmi merilis mini album pertama mereka dengan lagu "Savage" sebagai lagu utama dalam album tersebut. 

Disebutkan bahwa lirik lagu "Savage" ini merupakan lanjutan cerita tentang pandangan dunia aespa yang sebelumnya diperlihatkan di "Black Mamba" dan "Next Level". 

Jika menonton video klip ketiganya, maka nggak heran jika anak remaja mama dibuat terpana dengan konsep dan teori yang diperlihatkan. Futuristik banget!

9. Memiliki lagu healing dengan pesan positif

9. Memiliki lagu healing pesan positif
Twitter.com/aespa_official

Masih dengan iringan melodi repetitif, salah satu lagu di mini album perdana aespa rupanya menggambarkan lagu untuk healing yang berisikan pesan positif. Lagu tersebut bertajuk "Aenergy".

Bagi remaja yang membutuhkan lagu dengan pesan membangun, lagu ini sangat cocok didengar untuk menemani jam belajar maupun waktu luang. Selain pesan dari lagu tersebut, "Aenergy" menjadi lagu yang sangat easy listening dan akan membuat orang menjadi lebih semangat.

Nah, itulah alasan mengapa banyak remaja mengidolakan girl group aespa. Nggak cuma banjir visual, kemampuan yang dimiliki keempat anggotanya juga berhasil memikat para penggemar, termasuk remaja Indonesia.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.