5 Cara Membuat Anak Bisa Mengurangi Kecanduan Gadget

Yuk, kurangi penggunaan gadget pada anak Mama

3 September 2020

5 Cara Membuat Anak Bisa Mengurangi Kecanduan Gadget
Freepik/Tirachardz

Hidup di era teknologi seperti saat ini tentu sudah tak asing lagi dengan penggunaan smartphone atau gadget sehari-hari. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun merasakan hal serupa.

Dari gadget, kita bisa mencari dan mendapatkan beragam informasi, membaca pelajaran, bermain video games, menonton film, dan lain sebagainya. Apalagi anak-anak yang saat ini gemar bermain video games atau menonton video dari aplikasi YouTube.

Namun perlu Mama ketahui, penggunaan gadget secara terus menerus atau berlebihan ternyata dapat menimbulkan masalah baru lho! Masalah yang akan didapat jika anak terus menerus menggunakan gadget adalah ia akan kecanduan gadget.

Kecanduan anak bisa saja dikarenakan karena ia tak berhenti bermain video games atau menonton video yang ada di gadget-nya. Lalu, bisakah kita sebagai orangtua mengatasinya?

Yuk, ketahui cara mengurangi kecanduan gadget pada anak agar kesehatan anak juga tetap terjaga yang telah Popmama.com rangkum berikut ini Ma!

1. Memahami mengapa anak selalu ingin membuka gadget

1. Memahami mengapa anak selalu ingin membuka gadget
Pixabay/Victoria_Borodinova

Ketika anak Mama mulai mengambil gadget, cari tahu pemicunya yuk, Ma. Dari sini Mama bisa mengetahui, apakah anak mengambil gadget karena rasa bosan, kesepian, merasa cemas atau hanya ingin bermain-main saja.

Jika anak mengambil gadget karena rasa bosan atau kesepian, sebaiknya Mama mengganti kegiatan yang lebih positif untuk menghibur anak. Misalnya mengajaknya masak cemilan kesukaannya bersama, atau membuat mainan tradisional dengan alat seadanya di rumah.

Editors' Picks

2. Anak bisa membedakan interaksi langsung dan online

2. Anak bisa membedakan interaksi langsung online
Freepik

Adanya pandemi virus corona ini menyadarkan kita betapa pentingnya interaksi dengan orang lain. Hal ini membuat penggunaan gadget menjadi lebih marak digunakan lantaran tidak dapat berinteraksi langsung.

Namun perlu diketahui, Ma. Tidak semua bisa dilakukan secara digital kok. Saat bertemu secara tatap muka dengan teman-temannya, anak bisa lebih memahami temannya dengan kontak mata, bahasa tubuh, dan lain sebagainya.

Adanya interaksi sosial melalui digital seringkali membuat miskomunikasi karena perbedaan maksud yang disampaikan. Untuk itu ajarkan pentingnya berinteraksi secara langsung pada anak yuk, Ma!

3. Bantu anak mengatasi stres atau kecemasan, selain lewat smartphone

3. Bantu anak mengatasi stres atau kecemasan, selain lewat smartphone
Freepik/yanalya

Saat ini kita dapat melihat banyak orang mengekspresikan rasa stres atau marah mereka dengan berbagi kisah mereka di media sosial. Hal ini lantaran mereka merasa lebih mudah dalam mengatasi masalah dengan oranglain secara online.

Namun, tak semua bsia diselesaikan secara online kok, Ma. Jika anak merasa stres atau cemas akan suatu hal, sebaiknya Mama ajak anak untuk berjalan keluar rumah dan menghirup udara segar atau melakukan relaksasi napas.

4. Orangtua bisa menjadi support sistem bagi anak

4. Orangtua bisa menjadi support sistem bagi anak
freepik/freepik

Saat anak kecanduan gadget, otomatis waktu dengan keluarga akan berkurang karena ia terlalu fokus apda gadget-nya. Untuk itu, agar anak tidak kecanduan gadget terus menerus, Mama dan Papa bisa menjadi support sistem bagi mereka.

Meski Mama dan Papa sibuk dengan pekerjaan masing-masing, ada baiknya meluangkan waktu untuk anak. Ini bisa digunakan dengan mengobrol dan menghabiskan waktu tanpa menggunakan gadget.

Selain bisa mengurangi kecanduan gadget, meluangkan waktu bersama anak juga juga baik untuk mengembangkan hubungan antara anak dan orangtua.

5. Bantu anak mengetahui penyebab ia kecanduan gadget

5. Bantu anak mengetahui penyebab ia kecanduan gadget
Freepik

Terakhir, bantu anak Mama mengetahui mengapa ia kecanduan gadget. Sebab kecanduan gadget bisa berkaitan dengan masalah psikologis atau adiksi lainnya, Ma. 

Kebanyakan orang menggunakan gadget sebagai pelarian mereka dari masalah atau rasa stres yang dihadapi. Hal ini yang harus dikenali dan dibicarakan dengan serius bersama tenaga profesional. Jangan anggap remeh kecanduan gadget karena bisa jadi berdampak buruk pada kesehatan buah hati Mama.

Hal penting lainnya agar anak tidak kecanduan adalah, mulailah dari Mama dan Papa terlebih dahulu. Sebab anak akan melihat dan meniru apa yang dilakukan orangtua nya.

Nah itu tadi langkah mudah mengurangi kecanduan gadget pada anak. Semoga informasi di atas bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.