5 Tips agar Baterai Ponsel Anak Jadi Lebih Awet, Yuk Coba!

Yuk, ajak anak mama coba tips berikut ini

13 Januari 2022

5 Tips agar Baterai Ponsel Anak Jadi Lebih Awet, Yuk Coba
Pexels/Tima Miroshnichenko

Di era serba digital ini, hampir semua orang menggunakan smartphone atau ponsel untuk memudahkan segala pekerjaan. Selain orang dewasa, penggunaannya pun kian marak digunakan oleh anak-anak.

Selain memudahkan pekerjaan yang dapat dilakukan di mana dan kapan saja, penggunaan ponsel juga dapat menjadi media hiburan untuk anak-anak yang bingung dengan kegiatan itu-itu saja saat di rumah.

Namun, perlu diketahui bahwa setiap ponsel tentu memiliki daya baterai yang suatu saat nanti harus diisi kembali jika sudah habis. Permasalahan ini yang kerap kali membuat orangtua menyalahkan anak karena terlalu sering menggunakan ponsel mereka.

Untuk itu, berikut Popmama.com akan rangkumkan lima tips agar baterai ponsel anak lebih awet dan tidak boros. Anak mama sudah mencobanya?

1. Mengurangi kecerahan layar

1. Mengurangi kecerahan layar
Freepik.com/@freepik

Langkah pertama yang mudah dilakukan untuk membuat baterai ponsel lebih awet adalah memerhatikan penggunaan kecerahan layar. Sebagian dari anak mungkin ada yang senang dengan kondisi layar yang terang, namun sebagian juga ada yang mengatakan bahwa itu justru tidak nyaman.

Tetapi tahukah Mama, kecerahan layar smartphone ternyata juga bisa memengaruhi kondisi baterai lho! Itulah mengapa anak sebaiknya memaksimal kecerahan layar agar tidak terlalu terang. Sesekali mungkin tidak masalah, namun jika ingin baterai lebih awet cobalah gunakan kecerahan yang lebih redup.

Editors' Picks

2. Batasi penggunaan kuota internet

2. Batasi penggunaan kuota internet
Pexels/Magnus Mueller

Selain kecerahan layar, perhatian juga konsumsi internet yang anak gunakan. Pastikan mereka tidak menggunakannya terlalu berlebihan ya, Ma. Sebab semakin sering data internet diaktifkan, maka baterai ponsel mereka pun bisa lebih cepat habis.

Begitu juga penggunaan WiFi yang terkoneksi di ponsel, karena adanya koneksi internet maka ponsel bisa lebih banyak menerima notifikasi dari berbagai aplikasi, dan menyebabkan baterai ponsel pun terkuras.

Itulah mengapa Mama perlu meminta anak untuk mengurangi aktivitas berselancar di internet atau media sosial. Untuk memaksimalkan baterai dan juga data internet agar tidak boros, cobalah menjadwalkannya sebaik mungkin.

3. Pastikan suhu ponsel tetap normal

3. Pastikan suhu ponsel tetap normal
Freepik

Setiap smartphone biasanya akan mudah terasa panas dalam suatu kondisi tertentu. Baik karena suhu tempat yang terlalu panas, atau karena memang sering digunakan. Kondisi ponsel yang terlalu panas juga bisa sebabkan baterainya cepat habis, Ma.

Untuk itu, pastikan anak mama tetap menjaga suhu ponselnya agar tetap normal dan tidak terlalu panas. Jika dirasa sudah mulai panas, cobalah untuk menghentikan semua kegiatan dengan ponsel. Lalu lepas casing yang ia gunakan dan letakan di atas lantai untuk mempercepat pendinginan suhu ponsel.

4. Mengaktifkan mode hemat baterai saat situasi tertentu

4. Mengaktifkan mode hemat baterai saat situasi tertentu
Freepik/Wirestock

Setiap smartphone tentunya sudah dibekali fitur cerdas tambahan berupa mode penghemat baterai. Sesuai dengan namanya, fitur ini akan membantu anak mama untuk menghemat baterainya agar tidak cepat habis.

Tetapi penggunaannya disarankan ketika baterai tersisa 50 persen ke bawah saja ya, Ma. Tujuannya agar kesehatan baterai tetap optimal dan tidak cepat boros. Penggunaan mode hemat baterai juga bisa digunakan diberbagai situasi, misalnya saat diperjalanan dan tidak memungkinkan untuk melakukan pengisian daya.

5. Manfaatkan mode pesawat jika dibutuhkan

5. Manfaatkan mode pesawat jika dibutuhkan
Freepik

Selain mode hemat baterai, anak mama juga bisa memanfaatkan fitur canggih lainnya yakni mode pesawat. Mode ini biasanya digunakan ketika seseorang melakukan perjalanan dengan pesawat terbang. Namun, anak mama juga bisa memanfaatkannya untuk menghemat baterai ponsel sekaligus membantu mengurangi rasa panas yang timbul.  

Cara satu ini bisa dicobanya diberbagai situasi. Misalnya ketika sedang belajar, atau sedang beristirahat. Selain fokusnya lebih teralihkan untuk belajar atau istirahat, baterai ponsel pun akan lebih awet karena adanya penjedaan sejenak saat tidak digunakan.

Itulah beberapa tips agar baterai ponsel anak mama jadi lebih awet dan tidak boros. Dapat disimpulkan dari kelima tips di atas bahwa penggunaannya harus lebih dibatasi.

Sebab penggunaan yang terlalu sering bisa memengaruhi kualitas kesehatan baterai serta fungsi software di dalam ponsel.

Semoga informasinya bermanfaat dan bisa diterapkan oleh anak-anak mama, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.